IMPLEMENTASI PROGRAM POJOK BACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI SISWA SDN 1 BATU PUTIH KECAMATAN SEKOTONG

Edi Edi, Muh Rizal Ul-Haq, Febi Rahmatika, Pauja Ratna Wati, Suhaina Suhaina, Rita Purnama Sari, Pebi Amalia Hibdia, Rizki Aulia

Abstract


Tujuan dari aktivitas pengabdian ini yakni guna memperbaiki minat dan kebiasaan membaca siswa SDN 1 Batu Putih Kecamatan Sekotong. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 minggu dengan melibatkan 120 siswa dari kelas I hingga VI sebagai sasaran utama, didukung oleh 6 guru kelas, kepala sekolah, komite sekolah, dan tim mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan kolaboratif melalui lima tahap: evaluasi awal, perencanaan & pengadaan, pelatihan & sosialisasi, implementasi, dan pengawasan & evaluasi. Strategi mendapatkan data meliputi wawancara, observasi, angket pre-post, dan dokumentasi pelaksanaan. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dengan persentase siswa yang rutin berkunjung ke pojok baca meningkat dari 28% menjadi 65%, durasi membaca rata-rata bertambah dari 7 menit menjadi 18 menit, dan skor kemampuan membaca dasar meningkat dari 6,1 menjadi 7,7 pada skala 1-10. Program ini berhasil mentransformasi perpustakaan sekolah menjadi pusat pojok baca yang menarik dan nyaman. Rekomendasi untuk keberlanjutan program adalah mempertahankan jadwal membaca rutin, menambah koleksi bertema lokal, dan melibatkan orang tua secara aktif.

Kata Kunci: program pojok baca, peningkatan literasi siswa, SDN 1 Batu Putih


Keywords


program pojok baca, peningkatan literasi siswa, SDN 1 Batu Putih

Full Text:

PDF

References


Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Fauziah, M. (2025). Analisis Minat Membaca Siswa melalui Program Pojok Baca. Paedagogie, 20(2), 55–64. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v20i2.14256

Hidayat, A. N., & Nurhayati, N. (2025). Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas 1 Sd Negeri Mekarsari Kabupaten Cianjur. Jurnal Tahsinia, 6(4), 509–519. https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.600

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Marmoah, S., & Suharno, J. I. S. P. (2022). Literacy Culture Management of ElementaryAswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Fauziah, M. (2025). Analisis Minat Membaca Siswa melalui Program Pojok Baca. Paedagogie, 20(2), 55–64. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v20i2.14256

Hidayat, A. N., & Nurhayati, N. (2025). Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas 1 Sd Negeri Mekarsari Kabupaten Cianjur. Jurnal Tahsinia, 6(4), 509–519. https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.600

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Marmoah, S., & Suharno, J. I. S. P. (2022). Literacy Culture Management of Elementary School in Indonesia. Heliyon, 8(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09315

Nurazizah, T. S., & Wahyuningsih, Y. (2023). Peningkatan Budaya Literasi melalui Program Pojok Baca Siswa Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 394–402. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.929

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 318-324. http://dx.doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.117

Pratiwi, T., & Rahayu, N. (2025). Meningkatkan Minat Baca Anak Desa Lubuk Baru Melalui Pojok Baca di SDN 69 OKU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(6), 2898–2903. https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i6.2857

Rohman, Y. A. (2024). Studi Komparatif Model Pembelajaran CIRC dengan STAD Menggunakan Teks Berbasis Kearifan Lokal pada Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/114570

Supriyadi, S. (2023). Optimalisasi Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 145–164. https://doi.org/10.33507/ibtida.v3i2.1845


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)