REVITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA

Baiq Yuliatin Ihsani, Baiq Desi Milandari, Nanang Rahman, Imam Ghozali, Haerul Anas, Ida Tias Wulandari

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi siswa melalui revitalisasi perpustakaan sekolah sehingga berfungsi maksimal sebagai pusat sumber belajar yang menarik, nyaman, dan efektif. Program pengabdian ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan rendahnya literasi siswa serta kondisi perpustakaan sekolah yang belum optimal. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini meliputi tahap perencanaan melalui identifikasi kebutuhan dan penyusunan program, observasi kondisi perpustakaan, pelaksanaan kegiatan berupa penataan ulang ruang perpustakaan, penambahan koleksi bacaan, serta pelaksanaan program literasi, dan tahap evaluasi melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemanfaatan perpustakaan oleh siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya kunjungan yang semula hampir tidak ada yang mengunjungi perpustakaan atau 0% menjadi 85%. Selain itu, antusiasme warga sekolah dalam mengikuti program literasi dan keterlibatan guru dalam membimbing kegiatan membaca di perpustakaan semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kunjungan siswa dan guru ke perpustakaan. Dampak yang diperoleh dari program ini adalah terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif, bertambahnya koleksi bacaan yang relevan, serta tumbuhnya budaya membaca di kalangan siswa. Dengan demikian, kegiatan revitalisasi perpustakaan ini terbukti berkontribusi nyata dalam meningkatkan literasi membaca sekaligus mendukung kualitas pembelajaran di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Andriyani, Lilik, Meira Purwati, Anisa Gusti Wijayanti, Hayunda Rahmawati, Hanah Ladhinah Putri, and Desti Nurul Khotimah. 2022. “Optimalisasi Peran Perpustakaan Desa Guna Meningkatkan Minat Literasi Di Desa Banjarnegoro Mertoyudan.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):23. doi: 10.24198/kumawula.v5i1.35577.

Munawaroh, Fajriyatul, Devi Prastika, Dwi Putri Malinda, and Tansilurrahman M. 2024. “Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik 01(4):8–17.

Qibtiyah, Luthfatul, Nurul Hidayati, and Abdul Kirom. 2022. “Pendampingan Revitalisasi Perpustakaan Dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah.” ABDINA: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–10. doi: 10.28944/abdina.v1i1.553.

Ramadhanty, Tiara, and Hana Silvi Agustiana. 2022. “Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Gerakan Literasi Pada Siswa Sd Islam Al Falih Kota Kediri.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(3):4255–62. doi: 10.53625/jabdi.v2i3.2491.

Setiawan, Eko, Uliya Rahmah, Afifah Roihana Azharudin, Nana Nafiri Latifah, Ngestin Nur Rohmah, Nur Laili Ulfa, Reza Anggita Nia, Aida Mustofa, Rizki Akbar Aqila, Anas Ulil Hikam, and Muhammad Ahsan Rajab. 2022. “Pengembangan Perpustakaan Sebagai Wadah Literasi Dan Pemberdayaan Anak.” 3(3):219–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)