Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Bagi Mahasiswa Semester Akhir
Abstract
Kemampuan menyusun proposal penelitian merupakan kompetensi akademik penting bagi mahasiswa semester akhir sebagai tahap awal penyelesaian tugas akhir. Namun, mahasiswa sering mengalami kendala dalam menyusun proposal penelitian secara sistematis, terutama pada perumusan masalah dan penentuan metodologi penelitian. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman awal mahasiswa semester akhir FKIP UMMAT dalam menyusun proposal penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pelatihan yang mencakup penyampaian materi, diskusi terarah, praktik penyusunan proposal, dan pendampingan, dengan pendekatan kualitatif melalui observasi dan telaah draf proposal penelitian mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan pada struktur penulisan proposal ke arah yang lebih teratur serta keselarasan yang lebih baik antara rumusan masalah, tujuan penelitian, dan metodologi. Respons dan partisipasi aktif mahasiswa selama pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan ini relevan dengan kebutuhan akademik mahasiswa semester akhir dan berpotensi mendukung kelancaran proses penyusunan proposal penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arianda, Y. D., Madani, F., Badrujaman, A., & Priyanto, S. (2025). Evaluation of scientific article writing training program using CIPP model: Case study in Directorate of Research and Community Service. Journal of Education Research and Evaluation, 9(3), 530–538. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jere.v9i3.100612
Arikunto, S. (2023). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Diponegoro., L. P. dan P. kepada M. U. (n.d.). Panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Semarang, Indonesia: Undip Press. 2023.
Fauzi, A., & Nursalim, M. (2024). Pelaksanaan pelatihan akademik berbasis praktik untuk meningkatkan kesiapan penelitian mahasiswa. Jurnal Abdimas Edukasi, 5(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jae.v5i1.15872
Handayani, T., & Pratama, R. A. (2023). Evaluasi program pengabdian kepada masyarakat berbasis proses dan luaran. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 87–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpm.v4i2.7421
Istari, A. (2024). Penguatan metodologi penelitian melalui pelatihan penulisan proposal akademik. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 45–53.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2024). Panduan implementasi Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. Jakarta, Indonesia: Kemdikbudristek.
Lestari, D., & Kurniawan, A. (2022). Analisis kebutuhan pelatihan akademik melalui telaah dokumen dan observasi mahasiswa. Urnal Pendidikan Tinggi Dan Pembelajaran, 3(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jptp.v3i2.221
Meihan, A. M., Kurniawanti, M. R., Sinurat, J. Y., & Hajri, P. (2023). Pelatihan penyusunan proposal skripsi mahasiswa sebagai upaya menghasilkan penelitian yang berkualitas. ESTUNGKARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 117–122. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/est.v2i1.29593
Mulyadi, E., & Hapsari, N. D. (2023). Perencanaan pelatihan akademik dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi, 6(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jipt.v6n1.p55-64
Ningthias, D. P., Suhaili, Zhafransyah, A. A., Putri, N., Ariani, S., Hidayanti, E., Listantia, N., & Firmansyah, D. (2025). Peningkatan kesiapan akademik mahasiswa melalui program pendampingan penulisan skripsi di Pendidikan Kimia Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(4), 1561–1567. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i4.13797
Putri, N. A., & Yuliani, E. (2023). Peran pendampingan akademik dalam meningkatkan kualitas proposal skripsi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi Dan Pengembangan SDM, 5(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jptpsdm.052.04
Rohmah, S., Wahyuni, D., & Anwar, K. (20242). Observasi akademik sebagai dasar perancangan program pendampingan mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jmp.v9i1.68902
Sari, M. P., & Nugraha, F. (2022). Pendampingan akademik dalam meningkatkan kualitas penulisan proposal penelitian mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Akademik, 4(2), 120–129. https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jbka.v4i2.13456
Siregar, R., & Nasution, H. (2022). Tantangan bimbingan skripsi di perguruan tinggi: Perspektif dosen dan mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Tinggi, 4(1), 55–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/9c8dw
Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2022). Pemahaman mahasiswa terhadap metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.41267
Suyanto, & Jihad, A. (2022). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kompetensi pendidik. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.
Utami, R., & Hasanah, U. (2023). Kesiapan mahasiswa semester akhir dalam penyusunan proposal penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 5(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/7q4md
Wahyuni, S., & Sari, D. P. (2023). Model pelatihan penulisan proposal penelitian bagi mahasiswa pendidikan. Jurnal Abdimas Pendidikan, 4(2), 112–120.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)