STRATEGI PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SD N JATIROTO 01 KABUPATEN PATI
Dhina Cahya Rohim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penguatan literasi dan numerasi siswa di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati yang meliputi 1) rancangan program kegiatan penguatan literasi dan numerasi, 2) pelaksanaan program penguatan literasi dan numerasi, 3) factor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan program literasi dan numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa dan guru di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program kegiatan literasi dan numerasi yang dirancang antara lain penataan pojok baca, jam tambahan calistung, permainan matematika, penataan lingkungan kaya teks dan kegiatan mendongeng bersama; 2) pelaksanaan program literasi dan numerasi di sekolah dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran; 3) factor pendukung pelaksanaan program literasi dan numerasi siswa di sekolah antara lain semangat guru dalam menjalankan program serta dukungan kepala sekolah yang berkomitmen tinggi dalam menjalankan program penguatan literasi dan numerasi sedangkan factor penghambat pelaksanaannya antara lain adalah kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah serta kurangnya minat baca di kalangan siswa itu sendiri.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar e-ISSN 2614-5596 Email: [email protected] Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram