PENGEMBANGAN SUBJEK SPECIFIK PEDAGOGIK (SSP) PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP/MTS BERBASIS HOME MATERIALS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas perangkat Subject Specific Pedagogy (SSP) Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang dikembangkan, (2) mengetahui pengaruh perangkat Subject Specific Pedagogy (SSP) Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang dikembangkan terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 2 tahapan utama, yaitu pengembangan produk dan validasi produk yang dilakukan oleh ahli dan pendidik. Untuk mengetahui kualitas perangkat yang dikembangkan mengunakan instrumen angket kelayakan produk, sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi beajar siswa menggunakan angket yang diberikan sebelum dan setelah perlakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) berdasarkan penilaian ahli dan pendidik terhadap produk buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan dikategorikan sangat baik sehingga layak untuk digunakan. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata angket motivasi peserta didik yang menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas treatment) dengan yang tanpa menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas kontrol).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, & Sri Sumardiningsih. (2007). Panduan: Penelitian dan pengembangan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4 th ed). New York: Longman Inc.
Bryce, T.G.K., J. McCall, J. MacGregor, I.J. Robertson, & R.A.J. Weston. (1990). Techniques for Assesing Process Skills in Practical Science: Teacher’s Guide. Oxford: Heinemann Educational Books.
California State University. (2007). Effective Teaching. California: California State University Northtridge.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nanang Rahman. (2016). “Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis home materials untuk meningkatkan motivasi belajar IPA terpadu siswa SMPN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara”. Jurnal Orbita. Vol 2, No.1
Salirawati, D. (2001). Materi Pelatihan Kepala Laboratorium Kimia bagi Guru-Guru Kimia Kabupaten Kulon Progo. Disampaikan di Laboratorium FMIPA UNY Yogyakarta, 1 Oktober 2011.
Sumintono, B. 2010. “Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru Sains SMPN di Kota Cimahi”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 15, No. 2.
Tatat Hartati, dkk. (2009). Productive Pedagogy & Subject Specific Pedagogy.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: