Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berwawasan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar materi KPK dan FPB

Nanik Ulfa

Abstract


Kegiatan pembelajaran merupakan upaya untuk mengembangkan potensi siswa melalui serangkaian kegiatan secara berkesinambungan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan engembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar bertema wawasan lingkungan untuk mengenalkan kecintaan lingkungan kepada siswa. Pendidikan merupakan cara yang efektif untuk mentransfer nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu mempelajari matematika akan lebih mudah dengan memasukkan permasalahan yang nyata dalam kehidupan siswa. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg an Gall. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yang masing-masing mendapat skor dengan tingkat valid, dan hasil pada ujicoba lapangan 100% siswa tuntas belajar.

Keywords


Bahan Ajar, Matematika, Wawasan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, Maman. 2016. Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Journal Formatif. ISSN: 2088-351X. Hal. 50-61

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ahmad Fajarisma Budi Adam. 2015. Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan; EISSN: 2337-7615. Hal 166-173

Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.UIN Ar-Raniry. Banda Aceh. Hal 93-104

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djulia, E. 2005. Peran Budaya Lokal dalam Pembentukan Sains (Studi Naturalistik Sains Siswa Kelompok Budaya Sunda Tentang Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan dalam Konteks Sekolah dan Lingkungan. UPI: Bandung

Elly Susanti. 2013. Proses Koneksi Produktif dalam penyelesaian masalah matematika. Pendidikan Tinggi Islam: Surabaya.

Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: Metode- metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA. Upper Saddle River, NJ:Pearson Education

Juliana Molle. 2016. Kesiapan Intelektual siswa dalam Belajar Matematika. Lemma Journal. STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal 13-19

Mukhyati & Sriyati. 2015. Bahan Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Realitas Lokal dan Literasi Lingkungan. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Hal 152-161

Nasution, Abdul. G.J. 2018. Pendidikan Anak Berwawasan Lingkungan Hidup Perspektif Islam. إحياء العربية: السنة الرابعة، ا. UINSU Medan. Hal 33-45

Rahmita Yuliana Gazali. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Hal 182-192.

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. ELINVO: Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education. Hal 128-139.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: