PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SAMAWA BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

Dina Fadilah, Rohini Rohini, Sumiati Sumiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal samawa berbentuk multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor 93 dan rata-rata skor 57 dengan kriteria “sangat baik”, penilaian ahli media mendapatkan skor 64 dan rata-rata 42 dengan kriteria “sangat baik”, uji lapangan dengan 29 siswa kelas 5 SDN Tuananga terhadap minat belajar siswa mendapatkan skor 75 dan rata-rata 45 dengan kriteria “sangat baik” serta hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 80,34 dengan ketuntasan klasikal 100% tuntas. Sehingga bahan ajar ini dikatakan layak digunakan.

Keywords


Bahan Ajar Tematik Kearifan Lokal Samawa Multimedia Interaktif

Full Text:

PDF

References


Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia, Bandung, 2011.

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta, Bandung, 2012.

Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2005.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosda karya Offset, Bandung, 2011.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: