UPAYA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya SD Negeri Cimpon dalam mengembangkan sekolah ramah anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya SD Negeri Cimpon dalam mengembangkan sekolah ramah anak sebagai berikut. Pertama, membentuk tim pelaksana sekolah ramah anak dengan melibatkan kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, komite sekolah, orang tua, dan peserta didik. Kedua, menyusun ulang tata tertib. Ketiga, melakukan pengisian daftar periksa potensi bersama orang tua dan peserta didik. Keempat, menyusun perencanaan pengembangan. Kelima, pelaksanaan dalam mengoptimalkan pengembangan sekolah ramah anak dilakukan sesuai komponen sekolah ramah anak. Keenam, SD Negeri Cimpon tidak memiliki kendala dalam mengembangkan sekolah ramah anak yang dapat dilihat dari tingkat partisipasi dan kerjasama yang dilakukan guru, komite sekolah, orang tua, dan peserta didik.
Abstract: This study aims to determine the efforts of Cimpon Public Elementary School in developing a child-friendly school. This research is a qualitative study with a naturalistic approach. The results of this study indicate that Cimpon Public Elementary School's efforts in developing a child-friendly school are as follows. First, forming a child-friendly school implementation team involving the principal, educators, education staff, school committee, parents, and students. Second, restructuring the rules and regulations. Third, completing a potential checklist with parents and students. Fourth, compiling a development plan. Fifth, implementation in optimizing the development of a child-friendly school is carried out according to the components of a child-friendly school. Sixth, Cimpon Public Elementary School does not experience obstacles in developing a child-friendly school as can be seen from the level of participation and cooperation carried out by teachers, school committee, parents, and students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155-168. https://ejournal.alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/287/90
Azis, A., Wijayanti, C. S., & Wantini. (2022). Pengaruh Peran Guru di Sekolah Ramah anak dalam pendampingan psikososial siswa sekolah dasar di Yogyakarta Indonesia: the influence of the role of teachers in child-friendly schools in psychosocial assistance of elementary school students in yogyakarta Indonesia. International Proceeding, 1, 233-244. https://eprints.uad.ac.id/54730/1/The%20Influence%20of%20The%20Role%20of%20Teachers%20in%20Child-Friendly%20Schools%20in%20%20Psychosocial%20Assistance%20of%20Elementary%20School%20Students%20in%20Yogyakarta%20%20Indonesia.pdf
Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan perempuan dalam menciptakan sekolah ramah anak. Quality, 9 (1), 87-102. 10.21043/quality.v9i1.10109
Chairiyah., Nadziroh, & Pratomo, W. (2021). Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (3), 1213-1218. https://scholar.archive.org/work/2w5c6to26fampbipxwwichoi5y/access/wayback/https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/download/10229/pdf.
Deputi Bidang Pemenuhan Hak Aak. 2021. Pedoman Satuan Pendidikan Ramah Anak. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3216-3224. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500
Gani, A. (2025). Kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (2), 372-380. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i2.8020
Hamdi, R., Yuliansyah, M., & Madihah, H. (2023). Implementasi Manajemen Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus: SD Negeri 8 Kampung Baru dan Sdit Ar-Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3 (2), 66- 83. http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11539
Haniya, Jannah, M., & Malaikosa, Y, M, L. (2024). Peran Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Dan Mengatasi Perundukan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS, 2 (2), 73-81. https://sospendis.com/index.php/1/article/view/31/53
Ibo, Y. F. H., & Lorensius, L. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Katolik Kota Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 7 (1), 12-25. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156
Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A.N., Maulyda, M. A., & Erfan, M. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak dan Keluarga di SDN 2 Hegarsari, SDN Kaligintung, dan SDN 1 Sangkawana. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.21009/JKKP.071.05
Iskandar, D. (2024). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Sekolah Berkarakter Di Sekolah Dasar Negeri Tanggamus. Disertasi tidak diterbitkan. Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pringsewu. http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1064
Iskandar, D., Hendrowati, T. Y., & Siswoyo, S. (2024). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Sekolah Berkarakter. Manajemen Pendidikan, 61-72. 10.23917/jmp.v19i1.4852
Lukmitasari, A., 2023. Pengembangan Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kasihan, Bibis, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Marwati, Putro, A. A. Y., & Ardiasih, L. S. (2025). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD: Studi Kasus Pendidikan Inklusif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (1), 64-75. https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i1.7948
Mauliddina, S. dan Sudarmansyah, R. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Ramah Anak. Journal of Law Educational and Business, 2(1): 689-694. 10.57235/jleb.v2i1.1962
Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2014). Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. https://jdih.kemenpppa.go.id/dokumen-hukum/produk-hukum/peraturan-menteri-nomor-8-tahun-2014
Muakhirin, B. (2022). Manajemen Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 5 (2), 277-288.
Rahmadani, S., & Malik, L. R. (2024). Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Untuk Mendukung Pengasuhan Positif Pada Anak Usia Dini. Educasia Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 9 (3), 157-168. http://doi.org/10.21462/educasia.v9i3.268
Retnasari, L., Suprastio, & Prasetyo, D. (2024). Implementasi Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(2), 171-181. http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.411
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tizaka, R. M. P., & Ismail, H. Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya (Studi Pada SDN Kedungdoro V dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Bebas Kekerasan Fisik dan Bullying. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1 (6), 218-232. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i6.1092
Utami, A., Novita, P., dan Musringudin. 2023. Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Di SDN Tangerang 3. Widya Accara, 14(2): 135-147. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1440.135-147
Widiansyah, A., Saputra, R., & Fitriansyah, F. (2022). Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak di SDN Setiajaya 02 Cabang Bungin Bekasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (10), 3334-3353. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i10.7241
Yuyun, Zarkasih, & Sapriati, A. (2022). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6122
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v8i2.31387
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: