PENGARUH EFIKASI DIRI MAHASISWA PGSD TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Resyi Abdul Gani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri mahasiswa PGSD terhadap keterampilan dasar mengajar. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini yaitu observasi dan angket. Teknis analisis melalui  uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Pada uji homogenitas didapat nilai Fhitung 2,569 < Ftabel sebesar  3,15 berarti data yang digunakan homogen. Hasil analisis regresi linier sederhana ditunjukan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 61,2 + 0,45X. Uji signifikansi regresi diperoleh = 32,02 dengan  (α= 0,05) = 4,38 dan  (α= 0,01) = 8,18, dengan demikian >  (α= 0,01) >  (α= 0,05) = 32,02 > 8,18 > 4,38. Berarti pengaruh kedua vaiabel sangat signifikan. Uji lineritas regresi  <  (α= 0,05) <  (α= 0,01) =  -0,54,<19,45<99,46 berarti hipotesis linier diterima. Kemudian pada uji koefisien jalur dan koefisien determinasi nilai koefisien jalur  = 0,47 atau  = 0,47 pada interval 0,400 – 0,599 berarti hubungannya sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik diperoleh = 26,24 dengan  (α=0,05) = 1,94 dengan demikian >  (α=0,05) = 26,24 > 1,94  maka terdapat pengaruh efikasi diri mahasiswa terhadap keterampilan mengajar.

 

Abstract:  This study aims to determine the effect of PGSD students' self-efficacy on basic teaching skills. The data collection instruments in this study were observation and questionnaires. Technical analysis through the analysis prerequisite test includes normality and homogeneity tests, then the research hypothesis is tested. The results of the study on the normality test of the two samples were normally distributed because the value of Lhitung ≤ Ltabel. In the homogeneity test, it was found that the value of Fcount was 2.569 <Ftable of 3.15, meaning that the data used was homogeneous. The results of simple linear regression analysis are shown in the form of the regression equation Ŷ = 61.2 + 0.45X. The regression significance test obtained Fcount = 32.02 with F table (α = 0.05) = 4.38 and F table (α = 0.01) = 8.18, thus Fcount> F table (α = 0.01)> F table (α = 0.05) = 32.02> 8.18> 4.38. This means that the effect of the two variables is very significant. The regression linearity test Fcount <F table (α = 0.05) <F table (α = 0.01) = -0.54, <19.45 <99.46 means that the linear hypothesis is accepted. Then in the path coefficient test and the coefficient of determination the path coefficient p_xy = 0.47 or r_xy = 0.47 in the interval 0.400 - 0.599 means that the relationship is moderate. Based on statistical hypothesis testing, it is obtained tcount = 26.24 with t table (α = 0.05) = 1.94 thus tcount> t table (α = 0.05) = 26.24> 1.94 then There is an effect of student self-efficacy on teaching skills.

Keywords


Efikasi diri mahasiswa, Keterampilan dasar mengajar

Full Text:

PDF

References


Sundari, Fitri Siti & Yuli Mulyawati. 2017. Jurnal Ilmiah pendidikan Pedagonal Vol 1, No. 1. E-ISSN 2550-0406.

Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Bandura, A, 2010. Efikasi diri Mechanism in Psikological and Health Promoting Behavior, Prentice Hall, New Jersy.

Hidayat, Rais. 2017. “Peningkatan Aktivitas Komunikasi Interpersonal dalam Organisasi Melalui Perbaikan Efikasi Diri, Kepemimpinan dan Kekohesifan Tim. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 4,(II),h.161-170.

Ghufron, N.M. & Risnawita, R. 2014. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Sharma, Hemant Lata and Gunjan Nasa. 2014. “Academic Self-Efficacy: A Reliable Predictor of Educational Performances”. British Journal of Education. Vol. 2,(III),h.57-64.

Lunenburg, C. Fred. 2011. Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. Sam Houstan State University, International Journal Of Management, Business, and Administration. Vol. 14. Number 1, 2011.

Luthans, Fred. 2015. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI

Feist, Jess et.al. 2013. Theories of Personality 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Amir Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Cokro, A. (2018). Efektivitas PPL untuk meningkatkan efikasi diri mengajar pada mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal ilmiah pendidikan matematika Universitas Pekalongan , hal.1-9.

Nurul, Puri, & Agus. (2011). Pengaruh antara kematangan emosi dan self efficacy terhadap craving ada mantan pengguna narkoba. Jurnal Fakultas Psikologi Insana Universitas Hang Tuah Surabaya , hal.106-117.

Wahyulestari, Mas Roro Diah. 2018. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018. ISSN : 2621-6477. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Saud, Udin Syaifuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Alfabeta.

Widyaninggar, Anggi Ajeng. 2014. Pengaruh Efikasi Diri Dan Lokus Kendali (Locus Of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 4(2): 89-99, ISSN: 2088-351X. Universitas Indraprasta PGRI

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Moleong. J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

McMillan, J.H. and Schumacher, S. 2001. Research in Education. New York: Longman, Inc.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Satori Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: