ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERORIENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SISWA KELAS 4 SD DI GUGUS VI KECAMATAN BANGLI

I Wayan Wayan Numertayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan (a) mendeskripsikan penyelenggaraan GLS dan b) keterampilan menulis narasi siswa kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Bangli tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: 1) wawancara, 2) kuesioner, 3) observasi kegiatan GLS, dan 4) dokumentasi. Analisis data terdiri atas 1) reduksi, 2) penyajian, dan 3) simpulan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan GLS di SD Gugus VI Kecamatan Bangli sudah berjalan dengan baik. Keterampilan menulis narasi kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli tergolong sangat baik.


Keywords


Menulis; GLS

Full Text:

PDF

References


Buku

Abbas, Saleh. 2006 . Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henri Guntur.2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.

Jurnal

Dewantara, I Putu Mas dan Ade Asih Susiari Tantri. 2017. “Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meninkatkan Minat Baca”. Journal of Educational Research and Evaluation . Vol 1, No 4. Online. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/12054v .

Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44.

Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Numertayasa, I. W. W., Tristiantari, N. K. D., & Suardana, I. P. O. (2020). PENGEMBANGAN PELAYANAN DASAR PENDIDIKAN DI DESA BINYAN (DESA PILOT TAHUN 2018) MELALUI PENGINTEGRASIAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN POJOK LITERASI DI SD NEGERI 2 BUAHAN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 629-636.

Artikel/Modul/Diktat

Eriyani, N. D. (2020, January 8). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. https://doi.org/10.31219/osf.io/439fd

Prosiding/Artikel Seminar

Numertayasa, I. W., Suardana, I. P. O., & Adiwijaya, P. A. (2020, December). The Effect of Literacy Pattern and Mother Tongue on the Language Learning Ability during Learning from Home. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 310-315). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: