ADAPTASI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI BENTUK UPAYA MITIGASI SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Di masa pandemi covid-19, pembelajaran berbasis kelas tidak lagi dilakukan dan berubah menjadi pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola adaptasi terhadap kesiapan pembelajaran online di Sekolah Dasar (SD). Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan didapatkan 40 siswa SD di Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji t. Melalui perhitungan uji t-test yang telah dilakukan tersebut maka diketahui nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan siswa dalam proses adaptasi pembelajaran online. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa masing-masing siswa memiliki perbedaan kesiapan dan adaptasi selama pembelajaran online. Hal tersebut ditunjukkan dengan presentase adaptasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan presentase kesiapan, sehingga siswa SD di Kabupaten Sragen lebih membutuhkan kesiapan selama pembelajaran online berlangsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Azhar, E. I., Hui, D. S. C., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.
Bagus, P., Aris, T., Hukum, F., Udayana, U., Ketut, N., Dharmawan, S., Hukum, F., & Udayana, U. (2020). Prestasi Perjanjian Komersial Pasca Penetapan Covid-19 Sebagai Bencana. 8(12), 891–901.
Dasar, J. P. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerangka Manusia Melalui Media Kerangka Manusia Dan Media Gambar Siswa Kelas Iv Sdn Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 60–72.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Iii, B. A. B., Metode, A., & Penelitian, P. (2013). Guruh Rahmat Gumilar, 2013 Kontribusi Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Bagi Peserta Pelatihan Persiapan Purna Bakti Bakti Di Lembega LP2ES Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu. perpustakaan.upi.edu. 34–56.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Kusumadewi,Rida Fironika., Yustiana, Sari., Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1).
Hanief, Yulingga Nanda., & Himawanto, Wasis. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Noor, D. (2014). Pengantar Mitigasi Bencana Geologi. Yogyakarta: Deepublish
Pertiwi, D., & Ritonga, H. (2012). Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat Di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 14868.
Piaget, J. (1964). Cognitive Development in Children:Piaget. Jurnal Of Research In Science Teaching, 2, 176–186. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/tea.3660020306
Pohan, A. E. (2020). Literacy Goes To School: Gerakan Literasi Nasional. Aceh: Ayra Luna
Prof. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. CV. Pustaka Setia. Bandung.
Rahmat Gumilar, G. (2013). Kontribusi Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Bagi Peserta Pelatihan Persiapan Purna Bakti di Lembaga LP2ES Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Riyana, C. (2020). Konsep Pembelajaran Online. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-M1.pdfRohmah, L. (2016). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam An-Nur. 3(2)
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.
Susanto, Y. (2017). Peran Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Koperasi (I. Setiawan Santoso, Dodit., Novidiantoko, Dwi., & Candrawinata (ed.); 1st ed.). Deepublish CV Budi Utama.
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162.
Susanto, N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan PT Rembaka. Agora, 7(1), 6–12.
Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th, 305–314.
Wikantika, K., soeksmantono, budhy, & ulhaq, debby nurliza. (2017). Pemetaan Bangunan Tiga Dimensi Untuk Pemodelan Jalur Evakuasi Darurat. https://doi.org/10.31227/osf.io/j9qfc
WHO. (2020). Coronovirus. Diakses pada 05 Oktober 2020. www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: