PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN LITERASI KELAS RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN CERITA FOLKLOR BALI

Ida Ayu Dewi, I Putu Oka Suardana, I Wayan Numertayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan guru dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah dan (2) Menyusun prototipe bahan bacaan litrerasi di kelas rendah berdasarkan cerita folklor Bali. Metode penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan. Lokasi penelitian ini di SDN 3 Kawan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara. Tingkat validitas bahan bacaan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) guru membutuhkan sumber literasi dengan cerita lokal sehingga mudah dipahami siswa. (2) Hasil validitas produk menunjukkan skor sebesar 76 sehingga berada dalam kategori sangat valid. Hasil ini membuktikkan prototipe produk bahan bacaan literasi sekolah dasar memanfaatkan cerita folklor Bali sangat layak digunakan.

Keywords


Literasi, Bahan bacaan, Kelas rendah, Folklor Bali

Full Text:

PDF

References


Aditya Kristiano,Benedictus. 2017. Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Bawah. Tugas Akhir (tidak di terbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Antoro,Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jl. Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta 10270, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah ,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Endraswara, Suwardi. 2013. Folklor Nusantara Hakikat, Bentuk, Dan Fungsi. Perumahan Nogotirto III, Jl. Progo B-15, Yogyakarta 55292, Ombak (Anggota IKAPI).

Faizah, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Febriani, Meina. (2012). “Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Dongeng Banyumas Bagi Siswa Sd Kelas Rendah”. Jurnal UNES.

Hari Karyono,suryaman.01 Mei 2018. Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal. Tersedia di http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3239, Di Unduh tanggal 20 Mei 2019.

Iswadi,Hazrul. 07 Desember 2016. “Sekelumit Dari hasil PISA 2015 Yang Baru diliris”.http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html, Di Unduh tanggal 20 Agustus 2019.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jl. Tambra Raya No. 23 Rawamangun Jakarta. Kencana Renada Media Grup.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 06 Desember 2016. Pringkat dan Pencapaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan . https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan, Di Unduh Tanggal 20 agustus 2019.

Krisnawan, Hilarius Alvin. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II B SD Negeri Dayuharjo Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kurnia, Ayu. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Berbasis Cerita Rakyat Jawa Timur Untuk Siswa Kelas V MI Nurul Mulyorerjo Malang. Tesis (tidak diterbitkan).

Mas, Gede Raka. 2007. Cerita Rakyat Bali( Balinese folklore). Surabaya. Paramita.

Mulida, Nurliani.(2018). “Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Ii Sd”. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Numertayasa, I Wayan. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Dengan Memanfaatkan Teks Bermuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Sma/Smk Kurikulum 2013. TKIP Suar Bangli, Tidak diterbitkan.

Pratiwi. (2017). “Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha.

Rini, Maria Astria. 2012. Mitos Di Gunung Slamet Di Dusun Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karang Reja, Kabupaten Purbalingga. Tersedia di https://eprints.uny.ac.id/9810/3/BAB2%20-%2007205244187.pdf,. Diunduh tanggal 02 Februari 2019.

RN, Herman. 2019. “Sekitar Bahan Bacaan”. Tersedia pada https://lidahtinta.wordpress.com/2009/07/20/sekitar-bahan-bacaan/. Diunduh Pada tanggal 19 Maret 2019.

Saputra. 2014. Satua Bali. Denpasar. Cv. Kayumas Agung. Jl. Teuku Umar Gg. Perkutut No. 1.

Suarka, I Nyoman. Cika, I Wayan.(2014). “Pendayagunaan Folklor Sebagai Sumber Ekonomi Kreatif Di Daerah Tujuan Wisata Bali”. Jurusan Sastra Jawa Kuna, Fakultas Sastra, Universitas Udayana.

Susanto, Hadi. 22 Januari 2016. “Penelitian Folklor” . https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2016/01/22/penelitian-folklor/. Diunduh tanggal 19 April 2019.

Trisna Sukma, dkk.2013. Analisis Pokok-Pokok Materi Pendidikan Karakter Berbasis Folklor Bali Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013) .

Yusa, Marta I Made. Jayanegara, I Nyoman. (2014). “Pengembangan Aplikasi Penyampaian Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat Bali Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile”. STMIK STIKOM Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: