ANALISIS KESULIATAN BELAJAR MATERI TEMATIK SECARA DARING SISWA KELAS III SDN SAGA VI KABUPATEN TANGERANG

Rifda Nur Nabila, M. Azdi Dahlan, Nur Latifah

Abstract


Abstrak : Kesulitan belajar adalah suatu kelainan yang membuat individu yang bersangkutan sulit melakukan kegiatan belajar secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana faktor penyebab Kesulitan Belajar Materi Tematik Secara Daring Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Saga VI Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini diambil melalui angket Google Form atau wawancara langsung kepada guru kelas dan siswa kelas III SD Negeri Saga VI Kabupaten Tangerang. Subjek penelitian ini berjumlah 29 yaitu 1 guru kelas dan 28 siswa. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif bertujuan untuk menceritakan suatu data, peristiwa atau fenomena yang di gali melalui wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman mendalam tentang fenomena tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik dibagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal merupakan faktor yang berasal atau disebabkan oleh dirinya sendiri. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar pribadi siswa, yaitu lingkungan, sarana-prasarana, serta guru. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Materi Tematik, Daring 

Abstract : The purpose of this study was to analyze the extent of the factors causing the difficulty of learning thematic material online for grade III students at Saga VI Elementary School, Tangerang Regency. The subjects of this study were 29, namely 1 class teacher and 28 students. Researchers in this study used a qualitative approach with descriptive methods aimed at telling data, events or phenomena that were explored through in-depth interviews with sources who have knowledge and understanding and in-depth experience of these phenomena. From the results of this study it can be concluded that the factors causing student learning difficulties in thematic learning are divided into two factors, namely internal and external factors, internal factors are factors that originate or are caused by themselves. While external factors are factors that come from outside the student's personality, namely the environment, infrastructure, and teachers. Keywords: Learning Difficulties, Thematic Material, Online


Keywords


Learning Difficulties, Thematic Material, Online

Full Text:

PDF

References


Albert, P. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.

Gilang. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19.

Jamaris, M. (2015). KESULITAN BELAJAR..pdf (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.

Kementrian. (2021). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 57 TAHUN 2021 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN.

Maryani, I. et al. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. K-Media.

Munadliroh, H. N., & Faizah, N. S. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19.

Purnomo, H. (2019). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (T. Wahyono (ed.)).

Rusman, D. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA,CV.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: