PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI POP UP BOX BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN INKLUSI KELAS IV SD NEGERI 1 DAREK

Siti Istiningsih, M. Okta Dwi Sastra F. M. Marijo, Dr. Darmiany, Prayogi Dwina Angga, Iva Nurmawanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SDN 1 Darek Lombok Tengah dengan tujuan untuk; 1) Mengetahui bentuk dan subtansi media pembelajaran gambar berseri pop up box berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran cerita fiksi untuk pendidikan inklusi. 2) Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran gambar berseri pop up box berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran cerita fiksi untuk pendidikan inklusi. 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran gambar berseri pop up box berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran cerita fiksi untuk pendidikan inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model desain ADDIE. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Setelah melalui langkah-langkah penelitian, peneliti melakukan analisis terhadap data–data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri pop up box berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk pendidikan inklusi, terlihat dari hasil validasi media memperoleh persentase 96%, validasi materi memperoleh persentase 95% dan respon peserta didik dalam kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95%.

Keywords


Media gambar berseri, Pop up box, Cerita fiksi, inklusi

Full Text:

PDF

References


Buku

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar “Teori dan Prosedur”. Serang: Laksita Indonesia

Marthan, Lay Kekeh. 2007. Manajemen Pendidikan Inklusi. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rahayu, E. (2017). Kearifan lokal teramat diperlukan dalam SEMBADA, vol. 5 no. 1 April 2017: 35-47. Yogyakarta: Dewan Kebudayaan Sleman.

Roebyanto, dkk. 2017. Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samani, M., & Hariyanto. 2013. Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sharon, E. Smaldino. 2014. Intructional Technology & Media for Learning "Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar". Palangkaraya: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumaryadi. 2018. Nilai Estetika dalam lakon ketoprak. Yogyakarta: New Transmedia.

Tarmansyah. 2007. Inklusi Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Triani, Nani dkk. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (slow learner). Jakarta: Luxima.

Jurnal

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Fajarini, U. (2014) Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter dalam Jurnal Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 2. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah

Marhayani, D. A. (2016) Development of character education based on local wisdom in indegenous people Tengahan Sedangagung dalam Journal of Education, Teaching and Learning Vol. 1, No. 2. 2016. Singkawang: STKIP Singkawang.

Wiratmajaya, I. G. N. A., Artika, I. W., Hum, M., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Penggunaan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Artikel/Modul/Diktat

Aisyah, A. M. (2018). Pengembangan Media Pop up box Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Angraheni, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Monopoli Merah-Putih Pada Pembelajaran Tematik Integratif Peserta Didik Kelas V SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri.

Sektor Pertanian, Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Pertanian NTB, Mataram, 2011.

Maulida, K. T. (2018). Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI At Thohiriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV di SD/Mi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: