ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID 19

Rahmat Muhdar, Muti Umanahu

Abstract


Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) adalah suatu penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya menyerang manusia. Mau tidak mau, suka atau tidak, semua pihak mulai guru, orangtua, dan siswa harus siap menjalani kehidupan baru (new normal) lewat pendekatan belajar menggunakan teknologi informasi dan media elektronik agar proses pengajaran dapat berlangsung dengan baik. Pada konteks yanglain, semua pihak diharapkan tetap bisa optimal menjalankan peran barunya dalam proses belajar-mengajar di masa pandemi ini. Mendikbud menilai usai pandemi akan terjadi perubahan besar pada dua sektor sosial, yaitu pendidikan dan kesehatan. Peranan teknologi akan segera mendominasi kedua sektor tersebut, Walau masih tidak ideal dan belum optimal, Mendikbud menilai kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh memiliki potensi yang luar biasa untuk memajukan pendidikan nasional. Namun, Mendikbud mengatakan teknologi secanggih apapun, inovasi sebesar apapun, tidak akan pernah menggantikan peran guru sebagai seorang pendidik Kini guru dan orang tua dituntut supaya membiasakan diri dengan teknologi untuk mencari informasi dan berkomunikasi, ketika siswa harus melakukan belajar dari rumah. Idealnya pembelajaran Pembelajaran Matematika dilakukan secara tatap muka hanya semenjak adanya Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) sehingga pembelajaran dilakukan secara Daring berdasarkan pengamatan awal pada siswa dan orang tua menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran mateamatika secara daring sementara orang tua meresa kesulitan dalam mendampingi anaknya. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Analisis Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di masa Now Normal  di SDN 14 Kota Ternate  Metode penelitian menggunakan metode penelitian Kualitatif pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur yang dijadikan data primer. Sedangkan data sekunder berupa studi pustaka. Wawancara dilakukan secara semi terstruktur. Wawancara dilakukan menggunakan atau melalui sambungan telepon dengan rata-rata berlangsung selama 12 menit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran matematika di  SDN 14 Kota Ternate  masi menggunakan pembelajaran daring untuk itu memerlukan peran orang tua untuk mengambil tugas anaknya ke sekolah. Berbagai dampak dirasakan oleh guru, peserta didik, maupun orang tua selama pembelajaran daring di tengah pandemi ini, ada yang positif maupun yang negatif

Keywords


Pembelajaran Matematika Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Arafah, Novira, and Syamsul Bahri. 2020. “Peningkatan Human Capital Dalam Proses Pembelajaran di Era New Normal.” Jurnal Manajemen Bisnis 17(3): 425.

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/vie w/4747/4106

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2(1): 55–61

Kurniasari, Asrilia, Fitroh Setyo Putro Pribowo, and Deni Adi Putra. 2020. “ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19.” 6(3): 8.

Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Kusuma, Jaka Wijaya, Ulfi Jefri, Endang Surnani, and Ika Pratiwi. 2020. “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SD IT BINA BANGSA DI ERA KENORMALAN BARU.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 01(01): 11.

Maulida, Utami. 2020. “KONSEP BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DI ERA NEW NORMAL.” 2: 16.

Muniroh, Lisa, and Farida Nursyahidah. 2020. “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif impulsif pada masa pandemi covid-19.” : 8.

Nurani, Najila Indah, Din Azwar Uswatun, and Luthfi Hamdani Maula. 2020. “ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19.” 6: 7.

Pamungkas, Dyan Eka. 2020. “TRANSFORMASI DUNIA PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19.” 6(3): 9.

Purwanto, A., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved fromhttps://bit.ly/2WFeE49

Sari, Nilam, Vera Dewi Kartini Ompusunggu, and Muhammad Daliani. 2020. “Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19.” 1(1): 8.

Siswati, Sri, Adila Kasni Astiena, and Yolanda Savitri. 2020. “Evaluation of Online-Based Student Learning: Models During New Normal Pandemic Covid-19 in Indonesia.” : 8.

Suprabowo, Gunawan Yuli Agung. 2020. “Memaknai Hospitalitas Di Era New Normal: Sebuah Tinjauan Teologis Lukas 10:25-37.” 5(1): 16.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1): 31–34.

Wijoyo, Hadion, and Irjus Indrawan. “MODEL PEMBELAJARAN MENYONGSONG NEW ERA NORMAL PADA LEMBAGA PAUD DI RIAU.”

Wandini, R. R. & Banurea, O, K. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan:CV. Widya Puspita.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: