HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Dewa Made Dwicky Putra Nugraha

Abstract


Kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA merupakan dua hal penting dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Sayan yang terdiri atas 28 orang. Desain penelitian ini adalah studi korelasional. Data kemampuan literasi sains dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi sains yang dikembangkan oleh PISA. Sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan melalui tes esai/uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Rank Spearman dengan bantuan SPSS for Windows 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Sayan dengan nilai sig (0,00) < 0,05. Derajat korelasi antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa sebesar 0,937, berada pada kriteria sangat kuat. Hasil ini memberikan gambaran bahwa, semakin tinggi kemampuan literasi sains siswa, akan semakin tinggi pula capaian hasil belajar IPA siswa.

Keywords


Science Literacy Skills, Science Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D. (2016). Konsep Dasar Sains (Issue July). Bandung: DEE-Publisher.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Armas, R. K. A., Ramlawati, & Syahrir, M. (2019). Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xi Mipa Sma Negeri Se-Kota Makassar. Chemistry Education Review (CER), 2(2). https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8950

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekola Dasar. Vox Edukasi, 6(2).

Chalmers, A. F. (1999). What is this thing called science? 3e edition. In Hackett Publishing Compagny (Vol. 73, Issue 3). https://doi.org/10.1097/00132586-196404000-00001

Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116

Fridberg, M., Thulin, S., & Redfors, A. (2018). Preschool children’s Collaborative Science Learning Scaffolded by Tablets. Research in Science Education, 48(5). https://doi.org/10.1007/s11165-016-9596-9

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Gelman, R., & Brenneman, K. (2004). Science Learning Pathways For Young Children. Early Childhood Research Quarterly, 19(1). https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2004.01.009

Hamalik, O. (2001). Pengertian Pendidikan. In Ocean Modelling (Vol. 22, Issue 3).

Handayani, G., Adisyahputra, & Indrayanti, R. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1).

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3).

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy And Science Learning Achievement At Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4). https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312

Kähler, J., Hahn, I., & Köller, O. (2020). The Development Of Early Scientific Literacy Gaps In Kindergarten Children. International Journal of Science Education, 42(12). https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1808908

Koch, R., Kucsera, J., Angus, K. B., Norman, K., Bowers, E., Nair, P., Moon, H. S., Karimi, A., & Barua, S. (2018). Enhancing Learning Power through First-Year Experiences for Students Majoring in STEM Disciplines. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 19(1).

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. In Penerbit Ediide Infografika.

Mahmudah dkk. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial riddle dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis. In Jurnal Education (Vol. 3).

Mairina, V., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.29210/3003720000

Nafsi, T. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Gaya Magnet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 22 Palu. Peneelitian Pendidikan, 3(2).

Nisa, K., Wiyanto, W., & Sumarni, W. (2021). Sistematik Literatur Review: Literasi Sains Dan Sets (Science, Environment, Technology, And Society). Edusains, 13(1). https://doi.org/10.15408/es.v13i1.18717

Nugraha, D. M. D. P. (2021). Station Rotation Type Blended Learning Model Against Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V Sd. Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5585

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework (READING, MATHEMATICS AND SCIENCE). OECD Publishing, 1(1).

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. OECD Publishing.

Pemerintah, R. I. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1(2), 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt

Rusmiyati, E., Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2017). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding SEMNAS SAINS & ENTERPRENEURSHIP IV.

Soylu, R. A. Ş. (2016). STEM Education in Early Childhood in Turkey. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 1.

Wedyawati, N., Lisa, Y., & Magdovia, E. E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Ipa Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1). https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.485

Wuryastuti, S. (2018). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April).

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Zuriyani, E. (2017). Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: