Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Suplemen Peta Pikiran Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik kelas IV SD Inpres Roja 2 Kota Ende.
Abstract
Abstract: One of the important skills included in the knowledge that must be possessed by students in the 21st century is scientific literacy skil. The purpose of this study was to determine students achievement of scientific literacy in the aspect of knowledge and activities of teachers and students. This research is a classroom action research. The subjects of the study were grade IV students of SD Inpres Roja 2 for the 2022/2023 academic year. The instrument used was a scientific literacy test where multiple choice items of knowledge and observation sheets of teacher and learner activities. The analysis was carried out with quantitative and qualitative descriptive. The results of the research obtained by teacher activities in processing learning using a problem-based learning learning model with a mind map supplement to improve the literacy of grade IV students have increased from Cycle I getting 64.21% (enough) while cycle II began to increase by 78.99% (good). the literacy of class IV students has increased from cycle I to Cycle II. Cycle I only 60% (enough) increased cycle II to 78.94% (good). Thelearning outcomes of students IV have increased, in cycle I students who completed only 12 people (67.11%) in the category were sufficient, while in cycle II began to experience a complete increase of 15 students (80%) in the Good.
Abstrak: Salah satu keterampilan penting yang termasuk dalam pengetahuan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21 adalah keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan aktivitas guru serta peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Inpres Roja 2 tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari aspek pengetahuan dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Analisis di lakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh Aktifitas guru dalam mengolah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan supplemen peta pikiran untuk meningkatkan literasi sain peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dari Siklus I mendapat 64.21 % (cukup) sedangkan siklus II mulai meningkat 78.99% (baik). literasi sain peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Siklus I 60% (cukup) meningkat siklus II menjadi 78,94% (baik). Hasil belajar peserta didik IV mengalami peningkatan, pada siklus I peserta didik yang tuntas hanya 12 orang (67,11%) dalam katagori cukup, sedangkan pada siklus II mulai mengalami peningktan 15 peserta didik yang tuntas (80%) dalam kategori baik sekali, Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan supplemen peta pikiran untuk meningkatkan literasi sain peserta didik kelas IV berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuddin, Nata. (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Aiman, Ummu., Meilani D., Uslan. 2021. Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan lembar kerja Peserta didik terhadap penguasaan literasi sains pada Peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Volume 8, Nomor 2. p-ISSN 2355- 5106 || e- ISS 2620-6641.
Aiman, Ummu., Nyoman D., Ketut S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Volume 6, Nomor 2. p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-6641.
Birgili, Bengi. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem Based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity. Vol 2, No 2. Pp 71-80.
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wulandari, N. & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains. Vol. 8 No.1. Hal. 66-73.
Windyariani, S. (2017). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 10, No.1, Hal. 17– 21
Rahmadani, Y. et al. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.7, No.3, hlmn. 183 – 190
Winata, A., Cacik, S., & Seftia, I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. Journal of Teaching In Elementary Education. Vol.2 No.1, Hal. 58-64.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: