Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to find out the animated video media on the material to increase the interest in learning grade IV elementary school student that is valid, practical, and effective. The type of research used in this study is the ADDIE development model, namely (1) Analysis (analysis), (2) Design (design), (3) Development (development), (4) Implementation (implementation), (5) Evalution (evalutation). For the limited trial stage, it was carried out in class IV A of SDN 20 Ampenan and the field trial stage was carried out in class IV B of SDN 20 Ampenan. The results showed that this animated video media development product received an average score of material validation results of 93% (very valid), media experts 64% (valid). For the practicality questionnaire, the average score of the response results of limited trial students got an average score of 80,8% (very practical) and the results of the response questionnaire of field trial students got an average score of 93,84% (very practical). At the field trial stage, students interest in learning got an average score of 95,28% (very effective). It can be concluded that the development of animated video media on fractional material to increase the interest of grade IV elementary school students is worthy of use in elementary school learning.
Abstrak:Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui media video animasi pada materi pecehan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis(analisis), (2) Design (desain), (3) development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), (5) Evalution (evaluasi). Untuk tahap uji coba terbatas, dilaksanakan di kelas IV A SDN 20 Ampenan dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas IV B SDN 20 Ampenan. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan media video animasi ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi materi 93% (sangat valid), ahli media 64% (valid). Untuk angket kepraktisanmendapat nilai rata-rata hasil respon siswa uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 80,8% (sangat praktis) dan hasil angket respon siswa uji coba lapangan mendapat nilai rata-rata 93,84% (sangat praktis). Pada tahap uji coba lapangan minat belajar siswa mendapat nilai rata-rata 95,28% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pada materi pecahan untuk meningkatkan minat siswa kelas IV SD layak digunakan dalam pembelajaran sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshory, I., Setiya, Y., Saputra, D., & Jantung, A. (2013). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jurnal, 4(1), 35–46.
Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1–12. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/699
Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19.
Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Skripsi.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/21489
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: