Pembentukan Karakter Moral Peserta Didik melalui Pendekatan Habituas

Wahyu Azwar, Ardilansari Ardilansari, Deviana Mayasari, Alihardi Winata, Isnaini Isnaini, Sri Rejeki

Abstract


Abstrak: Pendekatan Habituasi atau pembiasan adalah sebuah cara yang dipakai pendidik untuk membiasakan anak didik secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Tujuan dilakukanya Penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan pembiasaan apa saja yang paling efektif dilaksanakan untuk membentuk karakter Siswa. Penelitian Ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulakn berbagai Literatur atau jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan sangat efektif digunakan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik, karena melalui metode pembiasaan peserta didik dapat secara aktif terlibat untuk membiasakan perilaku dan tindakan baik secara konsisten dan terus-menerus sehingga habituasi kebaikan tersebut menjadi sebuah budaya yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan tanpa paksaan. Dengan metode pembiasaan berbasis habituasi kebaikan melahirkan obor semangat penguatan karakter peserta didik dalam mewujudkan nilai-nilai Karakter ditengah Masyarakat.

Abstract: The habituation or refraction approach is a way used by educators to familiarize students repeatedly so that it becomes a habit that is difficult to leave. This study aims to find out what habituation activity programs are most effectively implemented to shape student character. This research uses this type of SLR research to collect various literature or journals. The results of this study show that the habituation method is very effective in strengthening the character education of students, because through the habituation method students can be actively involved to habituate good behavior and actions consistently and continuously so that the habituation of goodness becomes a culture that is carried out responsibly and without coercion. With habituation-based habituation method, kindness gives birth to the torch of the spirit of strengthening the character of students in realizing character values in the midst of society.


Keywords


Character Strengthening; Habituation Method; Learners.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Illah, A. T., & Nasir, M. (2022). The Implementation of Character Education Based on Bugis Local Wisdom in Social Science Subjects. Al-Musannif, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i1.65

Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007

Argadinata, H. (2022). Peer Foster Student Program in the Formation of Character Value Gotong royong Students in School. Inte rnational Journal of Education, 14(2), 78–84. https://doi.org/10.17509/ije.v14i2.43875

Audina, D., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2022). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan Dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p60-68

Bahtiar, R. S. (2016). Upacara Bendera Berbasis Karakter Dalam Pengembangan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal INOVASI, 18(9), 71–76.

Bialangi, S. S., Mas, S. R., & Masaong, A. K. (2022). Program Habituasi dalam Penguatan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(01), 243–252.

Burhanuddin, H., Manshur, A., & Himmah, F. (2022). Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education Penguatan Karakter Religius Siswa Melalui Habituasi di SMP Islam Plus Miftahul Ulum dan SMP Negeri 1 Balen Bojonegoro. Prosiding The Annual Coference on Islamic Religious Education, 2(1), 251–267. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied%7C251

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390–9394. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2485

Fepriyanti, U., & Bambang Suharto, A. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4587

Fitriani, F., & Sakban, A. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Efektifitas Penggunaan Kurikulum 2013 Dalam Persepektif Moral Bangsa Di Sma Nurul Jannah Nw Ampenan. Civicus : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i1.636

Fitriani, I., & Saumi, A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. El-Midad, 10(2), 75–97. http://eprints.umpo.ac.id/2837/

Fulmiati, Y., & Hafsah, H. (2019). Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Karakter Etika Pergaulan dan Moral Siswa di SMPN 5 Lembar Lombok Barat. Civicus : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 76. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1097

Hanafiah, N., & Sukandar, A. (2021). Program Management of The Characteristics of Private Prayer in Forming The Character of Students ’ Discipline Manajemen Program Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. The Journal of Educational Research, 1(3), 101–115.

Handayani, T., Soesilowati, E., & Priyanto, A. S. (2018). Student Character Buliding Reconstruction Junior High School in District Galesong Takalar Based Values National Culture Article Info. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 116–122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/25422

Ilyas, M. (2021). Hadis tentang Keutamaan Shalat Berjamaah. Jurnal Riset Agama, 1(2), 247–258. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14526

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pengutan Kompetensi PKn dan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Konadi, H., & Pd, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembiasaan Budaya 3S ( Senyum , Sapa ,. 7(1).

Laela, N., & Setiawan, U. (2021). Pendampingan Santri Pesantren Fatahillah dalam Mendorong Kesadaran Shalat Berjamaah. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.52593/svs.01.1.03

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763

Masitah, W., & Rudi Setiawan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174–187. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1930

Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong ‎. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muntuan, M. V. (2023). Rendahnya Rasa Hormat Siswa SD Inpres Makalonsouw Kepada Guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 375–376. https://doi.org/10.5281/zenodo.757557

Nafsiyati, H. (2023). Implementasi Program Religius Sebagai Metode Habituasi dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMPN 7 Pariaman. 7, 3929–3935.

Parida., Sirhi, &, & Dike. (2019). Habituasi karakter unggul siswa sekolah dasar melalui optimalisasi peran kepemimpinan kepala sekolah di kabupaten sintang. Seminar Nasional Pengelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN, 7, 200–2014. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1431

Prastya, C., Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Purwanto. (2020). Melalui Habituasi Sekolah Muhammadiyah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari) Purwanto Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Abstrak Info Artikel Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak. 4(2), 195–200.

Putra, P. H. (2021). A Habituation Method in Education Character: an Ibn Miskawaih Thought. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 6(2), 245. https://doi.org/10.29240/ajis.v6i2.3501

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Riadi, A. (2018). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1–10. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Salsabila, A. F., Suhardini, A. D., & Rachmah, H. (2022). Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Menggunakan Metode Hanifida dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas 4 DTA Madrasah Al-Burhan Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 245–250. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3139

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Suparlan, S. (2021). Penguatan pendididikan karakter dengan menggunakan metode imtaq dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar/MI. Masaliq, 1(November), 17–32. http://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq/article/view/42

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Universitas, Y., Pasuruan, S., & Maisaroh, J. (2022). Jurnal Fakultas Agama Islam habituasi Kegiatan Religius dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Siswa di MI Miftahul Ulum Sumberrejo. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallimVol.4No.1BulanJanuari2022

Vol, J. P., April, E., Implementasi, P., Program, P., Ppkn, S., Persada, S., & Sintang, K. (2023). Impelementasi Pendidikan Moral Melalui imtaq oleh Guru dalam Membentuk karakter Siswa di SMA Negeri. 8(1), 50–65.

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7260

Yantoro, Y. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265

Yosiphanungkas, Y., & Mandayu, B. (n.d.). Pembentukan karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78692


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: