Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Abstract
Abstrak: Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia dan merupakan gagasan hidup bangsa yang secara umum sudah ada dan berkembang sejak zaman dahulu. Pancasila merupakan rumusan dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila dan menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indoneia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak dari perkembangan iptek yang pesat dan bertujuan meberikan pemahaman kepada genersi muda tentang pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila baik itu dalam menyikapai ataupun didalam menggunakan teknologi yang semakin maju dan canggih, agar tidak terjerumus pada arus/pengaruh luar yang ingin mempengaruhi generasi muda bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Sysematic Literature Review (SLR). Hasil dari penelitian ini, yaitu; Dalam menghadapi kemajuan gelobal (perkembangan ilmu dan teknologi) yang semakin berkembang pesat perlu adanya upaya untuk menanamkan nilai-nilai pancasila didalam jati diri generasi muda sebagai pondasi dasar dalam menghadapi dampak negatif dari kemajuan gelobal. Penanaman nilai pancasila pada anak sangat penting dilakukan oleh orang tua dalam kesehariannya karena Pendidikan pertama yang didapatkan oleh anak adalah dari orang tuanya sendiri.
Abstract: Pancasila is the ideology of the Indonesian nation and is the nation's living idea which in general has existed and developed since ancient times. Pancasila is the basic formulation of the Indonesian state which consists of five precepts and serves as a guideline for the life of the nation and state for all Indonesian people. This study aims to see how the impact of the rapid development of science and technology and aims to provide understanding to the younger generation about the importance of implementing Pancasila values both in responding to and in using increasingly advanced and sophisticated technology, so as not to fall into external currents/influences that want to influence the nation's youth. This study uses the Sysematic Literature Review (SLR) method. The results of this study, namely; In facing global progress (development of science and technology) which is growing rapidly, efforts are needed to instill Pancasila values in the identity of the younger generation as the basic foundation in dealing with the negative impacts of global progress. Instilling Pancasila values in children is very important for parents to do in their daily lives because the first education a child gets is from his own parents.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Aristin, R. (2017). Upaya Menumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme Melalui Revitalisasi Makna Identitas Nasional Di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Administrasi, 2(2), 1–6. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aspirasi/article/view/316
Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.
Azizah, W. N., Dinie, &, & Dewi, A. (2022). Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda Dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1426–1431.
Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474
Desfriyati, D., & Anggraeni Dewi, D. (2022). Pengaruh Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pada Gaya Anak Milenial Dan Etika Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1790–1795.
Fajri, I. N., Istianah, S., & Asbari, M. (2022). Pancasila as a Development Paradigm in Indonesia Pancasila and Civic Education. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 01(03), 6–11. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/58
Gesmi, I., Sos, S., Si, M., Hendri, Y., & Inspirasi, M. H. (2018). Judul : Buku Ajar Pendidikan Pancasila ISBN : 978-602-5891-37-3. Cetakan Pertama , Agustus 2018 Diterbitkan Oleh : Uwais Inspirasi Indonesia Ds . Sidoarjo , Kec . Pulung , Kab . Ponorogo Email : [email protected]. http://expert.uir.ac.id/panel_expert/expert_isbn_file/ISBN38b2760204d98b.pdf
Hafsah, H., & Nursani, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Authentic Instruction Learning dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman PKn Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 63. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1936
Hanum, F. F. (2020). Pancasila sebagai paradigma pembangunan industri 4.0. Humanika, 19(1), 30–42. https://doi.org/10.21831/hum.v19i1.30157
Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705
Ikhtiarti, E., Rohman, Adha, M., & Yanzi, H. (2019). Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship melalui Pembelajaran PPKn menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Universitas Lampung, 1, 4–12. http://repository.lppm.unila.ac.id/13316/
Manurung, E. A. P., & Maria Osmunda Eawea Monny. (2021). Implementation of Pancasila Value for Generation Z in Technology Development. Jurnal Hukum Prasada, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.22225/jhp.8.1.2936.65-69
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan Iptek Bagi Guru Di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasinal Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 443–448.
Muttaqin, Z. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139
Nuraeni, I., & Dewi, D. A. (2022). Peranan Pancasila Sebagai Landasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9986–9991.
Oktaviani Hidayat, D., Eltariant, I., Kevin Priyatna, R., & Agustina Fernanda, S. (2019). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam mencegah degradasi moral terhadap isu sara dan hoax. Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 5, 50.
Ruslan, R. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807
Sanusi, U. (2019). Peran Pancasila Dalam Perkembangan Dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal TEDC, 13(3), 311–318. http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/316
Sapada, A. O., & Arsyam, M. (2020). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Pandangan Islam. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Sains, 2(1), 2–3.
Setyorini, I. (2018). Urgensi Penegasan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Iptek. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 4(02), 213–222. https://doi.org/10.32699/syariati.v4i02.1178
Shafa Nabila, K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Nilai Pancasila terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9012–9015.
Suryanti, C. (2010). Agama Dan Iptek: Refleksi Dan Tantangannya Dalam Mengembangkan Moralitas Kaum Muda. Agama Dan Iptek: Refleksi Dan Tantangannya Dalam Mengembangkan Moralitas Kaum Muda, 19(2), 155–170.
Yahya, M. S. (1970). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan Iptek. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 63–75. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.99
Yanzi, H., Adha, M. M., Hidayat, O. T., & Putri, D. S. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Pengembangan IPTEK Untuk Merespon Revolusi Industri 4.0. LPPM UNILA-Institutional Repository, 216–224.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: