Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google dengan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar

Pirda Aziza, Atin Nurhalimah, Vera Mandailina, Mahsup Mahsup, Abdillah Abdillah, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan siswa menerima dan memahami pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses perkembangan media pembelajaran berbasis web google pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Penelitian ini menggunakan SLR (System Literature Rivew) Pencarian jurnal dilakukan melalui database penyedia jurnal internasional milik Google yaitu Google Scholar (scholar.google.com) Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajran matematika dengan berbasis web google dapat meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat belajar secara mandiri.

Abstract: Learning media is a tool or intermediary that is useful for facilitating the teaching and learning process, in order to streamline communication between teachers and students. This is very helpful for teachers in teaching and makes it easier for students to receive and understand lessons. The purpose of this research is to improve the process of developing google web-based learning media on the material of numbers and roots. This study uses SLR (System Literature Rivew). Journal searches are carried out through Google's international journal provider database, namely Google Scholar (scholar.google.com) independent.


Keywords


Instructional media; Googleweb; Rank number; Root shape.

Full Text:

PDF

References


Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Melalui Video Pembelajaran. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12717

Akademica, S., & Pendidikan, J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-2 Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi Pada SMP Negeri 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. 9(8), 1528–1537.

Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007

Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains (SNasTekS), 1(September), 149–160.

Bilangan, P., Di, B., & Muhammadiyah, S. M. A. (2012). P-50 Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X Pada Evaluasi Materi Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat Dengan. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 978–979.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Embuai, P., Batkunde, Y., & Rangotwat, C. A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Realistik Materi Bilangan Berpangkat ( Eksponen ). 4, 100–110.

Endarwiyani, N. (2017). Penerapan Metode Smart Games dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Berpangkat. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 1(1), 60. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.8

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(1), 101–109.

Fadilla, S., Sumirat, P., Sudihartinih, E., & Sumiaty, E. (2023). Kajian Learning Obstacle pada Topik Bilangan Berpangkat Ditinjau dari Literasi PISA 2021. 07(1), 350–361.

Ganevo, M. W., Loka, I. N., Siahaan, J., & Muti’ah, M. (2022). Perbandingan Minat Belajar Metodologi Penelitian Pada Pembelajaran Berbasis Web Antara Yang Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dengan Google Meet Pada Mahasiswa. Chemistry Education Practice, 5(2), 239–244. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.2999

Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183–192. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2230

Hidayat, T., & Agustini, R. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Web Dan Aplikasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 408–415.

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 140–146. https://doi.org/10.30998/sch.v2i2.4348

Kadir, V. T., Zakiyah, S., & Djabar, A. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. 3(1), 38–47.

Kelas, P. T. (2017). DENGAN MODEL PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI SATU ATAP PESANGGRAHAN 2 BATU Negeri Satu Atap Pesanggrahan 2 Batu. 3(November), 639–648.

Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763

Loi, K., Prodi, M., Matematika, P., & Raya, U. N. (2022). Pengembangan Modul Perpangkatan Dan Bentuk Akar. 1(2), 204–215.

Maharani, F. D., & Yuliani, A. (2022). Analisis kesalahan siswa smk llpm padalarang dalam menyelesaikan soal bentuk akar. 5(4), 1221–1230. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1221-1230

Mandailina, V., & Anwar, Y. S. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1(September), 16–20.

Mardin, H., Handani Uno, A., Despianti, S. R., & Lakutu, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru Sd It Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 220–224. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3760

Marifah, S., & Amaliyah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7563–7572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3596

Meldawati, M., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7681

Nasution, M. R., Rodiyah, S., Hutabarat, H., Sabila, S., & Nasution, W. A. (2022). Systematic Literatur Review: Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 237. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6353

Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1524. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4875

Pratama, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 182. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723

Pujilestari, P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1), 226–232. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.264

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01

Resmanawati, R. (2021). Efektivitas Moda Luring Teknik Guru Kunjung pada Pembelajaran Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1039–1052. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.187

Rikani, Istiqomah, & Taufiq, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 54–61. https://sites.google.com/view/spltvsma.

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.

Sabaryati, J., & Isnaini, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Berbasis Komputerisasi Untuk Membentuk Karakter Ilmiah Mahasiswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 52. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.577

Saputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072

Sari, S. I., & Pujiastuti, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Berdasarkan Kriteria Kastolan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 21–29.

Sitepu, D. S. B., & Herlinawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen untuk SMA kelas X. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 552–563. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.195

Sma, X. F. E., & Santika, T. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Mengubah Bentuk Akar Dalam. 3(1).

Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru Smk Cendekia Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022

Triyani, L., Wayan, N., & Darmayanti, S. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Kalseg Fisika Untuk.

Tuzahrah, F., & Ijuddin, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Di Kelas X Sma. Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1, 2.

Zahir, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Live Streaming Pengetahuan Komputer Berbasis Website. D’ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 9(2), 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: