Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Rumah Adat Istana dalam Loka di Kota Sumbawa
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep-konsep matematika yang berhubungan dengan Etnomatematika kearifan lokal Budaya. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review yang dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah merangkum, mereview, dan menganalisis 20 artikel dengan lingkup pembahasan Etnomatematika Budaya. Penelusuran artikel-artikel ini dilakukan melaui Jurnal online seperti artikel jurnal dari Google Schoolar. Kesimpulan penelitian ini adalah temuan konsep-konsep matematika yang terkait Etnomatematika kearifan lokal Budaya adalah terdiri dari geometri, bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, transformasi geometri (refleksi), konsep lingkaran, konsep fungsi, konsep volume benda putar, pola simetri, konsep hubungan antar sudut, konsep refleksi, konsep logika matematika, dan konsep peluang.
Abstract: The purpose of this study was to determine the mathematical concepts related to Ethnomathematics of local cultural wisdom. This research is a Systematic Literature Review conducted by identifying, reviewing, evaluating, and interpreting all available research. The design used in this research is to summarize, review, and analyze 20 articles with the scope of discussion of Cultural Ethnomathematics. The search for these articles was carried out through online journals such as journal articles from Google Schoolar. The conclusion of this research is that the findings of mathematical concepts related to Ethnomathematics of local cultural wisdom consist of geometry, flat buildings, space buildings, congruence, geometric transformation (reflection), the concept of circle, the concept of function, the concept of volume of rotating objects, symmetry patterns, the concept of relationships between angles, the concept of reflection, the concept of mathematical logic, and the concept of chance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112
Astriandini, M. G., Yosep, D., & Kristanto, D. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. 10(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Delviana, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Ornamen. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(1), 21–35.
Dhiajeng Wulandari, & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 203–217. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.905
Ernawati, E., & Izzati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Tudung Saji Pandan Masyarakat Melayu Lingga. Jurnal Kiprah, 10(2). https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i2.5261
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak Sebagai. 5(1), 1–13.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: jurnal ilmu matematika dan terapan, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Hardiani, N., & Putrawangsa, S. (2019). Etnomatematika: Tradisi Pengukuran Masyarakat Suku Sasak Dan Potensi Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 159–174. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1814
Hastuti, I. D., Mariyati, Y., & Supiyati, S. (n.d.). Etnomathematics: System of Mangse and Determination of Ngandang Rowot on Rowot Sasak Calendar.
Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 53. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748
Ketut, N., Agustini, A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka Ethnomathematics Study In Larantuka Culture. In asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika (Vol. 27, Issue 1). https://journal.unwira.ac.id/index.php/Asimtot
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. 01(02). http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle
Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327
Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956
Lusiana, D., Hanif Afriani, N., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. In Jurnal Pendidikan MatematikaRaflesia (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Mar, A., Mamoh, O., Amsikan, S., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele, Kabupaten Malaka. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 4, Issue 2). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Marsigit, M. (2016). Pembelajaran matematika dalam perspektif kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132–141. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.40
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat.
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (n.d.). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten.
Pratiwi, J. W., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng (Vol. 05, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127
Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751
Supiyati, S., & Halqi, M. (2020). Ethnomathematic of Sasaknese As A Mathematic Learning Source. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012076
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in sasaknese architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5383.47-58
Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097
Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Turmuzi, M., Sudiarta, G. P., & Suharta, G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. 06(01), 397–413.
Umbara, U., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2021). Exploring Ethnomathematics with Ethnomodeling Methodological Approach: How Does Cigugur Indigenous People Using Calculations to Determine Good Day to Build Houses. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(2), 1–19. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/9673
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: