Pengaruh Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa dalam Menghadapi Isu Strategis di Era Digital
Abstract
Abstrak: Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal merupakan pendidikan nilai, Pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, dan pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik menurut pandangan hidup, ilmu pengetahuan, strategi yang berlaku dalam masyarakat setempat dan mewujudkan kebaikan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apa aja yang terjadi dalam menghadapi isu yang tersebar secara globalisasi tentang Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian Ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulkan berbagai Literatur atau jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya untuk melestarikan kearifan lokal sangat efektif digunakan dalam penguatan Pendidikan karakter masyarakat, karena melalui metode ini masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam menghadapi isu-isu strategis global dalam berprilaku dan Tindakan, baik secara konsisten dan terus-menerus sehingga pengaruh kebaikan tersebut menjadi sebuah budaya yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan tanpa paksaan. Dengan metode yang berbasis kearifan lokal mampu melahirkan semangat penguatan karakter masyarakat dalam mewujudkan nilai-nilai Karakter lokal maupun modern ditengah Masyarakat.
Abstract: Character education based on local wisdom is value education, character education, moral education, and character education which aims to develop students' ability to make good and bad decisions, maintain what is good according to the views of life, science, strategies that apply in the local community and realize the goodness in everyday life with all my heart. This study aims to determine the influence of what happened in dealing with issues that spread globally about character education based on local wisdom. This research uses the SLR research type to collect various literature or journals. The results of this study indicate that efforts to preserve local wisdom are very effectively used in strengthening community character education, because through this method the community can be actively involved in dealing with global strategic issues in behavior and action, both consistently and continuously so that the influence of goodness It becomes a culture that is carried out responsibly and without coercion. With methods based on local wisdom, it is able to create a spirit of strengthening community character in realizing local and modern character values in the midst of society.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Affandy, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 69–93. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391
Amri, U. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Perencanaan Pengembangan dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. 3(5), 2025–2031.
Birsyada, M. I. (2021). Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan Pangeran Sambernyowo di Era Masyarakat 5 . 0. 21(1). https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/179
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Ibrahim, I., Mas’ad, M., Mintasrihardi, M., AM, J., Herianto, A., Muhardini, S., Mahsup, M., Azizah, A., Burhanuddin, B., Saleh, M., Sobry, M., Syafruddin, A., & Salahuddin, M. (2022). Pengenalan Kearifan Lokal Ratop Pada Generasi Melenial Desa Rempe Seteluk Sumbawa Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 184. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7851
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 5, 8153–8160.
Jannah Roichatul, A. N. K. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Budaya Pencak Silat Sebagai Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah | Jannah | KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital,” 1(1), 141–146.
Journal, A. A., Ilham, I., Ketaren, A., Meliza, R., Antropologi, S., Sosiologi, P. S., Lokal, K., Disrupsi, E., & Karakter, P. (2021). Revitalisasi nilai kearifan lokal dalam penguatan karakter di era disrupsi pada masyarakat suku alas. 5(2), 150–161.
Karakter, P., Di, A., & Digital, E. R. A. (2022). No Title. 1(6), 933–944.
Karlina, N., Afandi, A., Mubin, I., Pendidikan Sejarah, P., & Kunci, K. (2021). Seminar Nasional Paedagoria Pola Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Transmigrasi Dengan Masyrakat Lokal. 1(September), 155–169.
Khusna, N., Shufa, F., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. 1(1), 48–53.
Kurnia, I. (2018). Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal PGSD, 11(1), 51–63. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.51-63
Lidi, M. W., Daud, M. H., & Priska, M. (n.d.). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Analogi Objek dan Model- Model Biologi Berbasis Kearifan Lokal di Era Digitalisasi. 6(1), 70–78.
Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 5961–5968.
Marianti, A., & Kunci, K. (2021). i j. 10(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v10i1.31036
Muhardini, S., Mariyati, Y., Mahsup, M., Ibrahim, I., Khosiah, K., Sudarwo, R., Anam, K., Fitriani, E., & Milandari, B. D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kontekstual Berbasis Local Wisdom Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 182. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4953
Niman, E. M. (2019). Dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendihttps://Books.Google.Co.Id/Books?Id=kXIREAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0dikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91-106https://books.google.co.id/books?id=kXIREAAA.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. 5(September), 16–31.
Nugroho, J., & Sari, D. N. (2020). Kawruh Pamomong : Pendidikan Karakter Kristiani Berbasis Kearifan Lokal. 6(2), 289–301.
Pambudi, M. R., Aris, A. P., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. 1(2), 52–57. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15450
Prasetyo, D. (2020). Masyarakat. 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Sakban, A., & Resmini, W. (2018). Kearifan Lokal (Sasambo) sebagai pedoman Hidup Masyarakat Multikultural dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Prosiding ISSN: 2623-0291, 0(September), 61–71. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Prosiding/article/view/380/366
Santika, I. W. E. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 6182–6195.
Studi, P., Pancasila, P., & Pascasarjana, P. (2018). Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. 10(1), 1–10.
Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan Dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193
Suwartini, I., & Fujiastuti, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Buku Ajar Ekspresi Lisan. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL, 331, 331–340.
Syarif, E. (2019). Integration of Local Wisdom Values of Indigenous Peoples of Karampuang in Learning Geography-Oriented Character Education in High Schools. La Geografia, 17(2).
Wulandari, A. I., & Mangkurat, U. L. (n.d.). Peran kearifan lokal dalam pendidikan karakter. 1–7.
Zahara, R., Setiawati, N. A., Timur, A., Dinas, P., Aceh, P., & Lokal, K. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Era. 1(2), 13–22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: