Pengaruh Nilai Pancasila dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Abstrak: Pengaruh Nilai Pancasila Dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulkan berbagai literatur atau artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode studi kasus tentang pengaruh nilai Pancasila efektif digunakan dalam penguatan pembelajaran berbasis proyek Pendidikan, karena melalui metode ini peserta didik dapat secara aktif terlibat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.
Abstract: The Influence of Pancasila Values and Implementation of Education Project-Based Learning is an effort to realize Pancasila Students who are able to behave in accordance with Pancasila values, namely faith and piety to God Almighty, global diversity, mutual cooperation, independence, critical reasoning, and creative. The purpose of this research is to find out the increase in students' critical thinking skills. This study uses the SLR research type to collect various literature or articles. The results of this study indicate that the case study method on the influence of Pancasila values is effectively used in strengthening educational project-based learning, because through this method students can be actively involved to improve their critical thinking skills.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 239.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Azlina, N., Maharani, A., Mohammad, &, Baedowi, S., Syahrul Baedowi, M., Nusantara, U., Kediri, P., & Info, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39–52. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/131
Azzaria, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Pada Generasi Milenial. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 19(1), 57–74. https://doi.org/10.35905/diktum.v19i1.1925
Fitria, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model Oidde Berbantuan Studi Kasus Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Improving Critical Thinking Ability Through the Development of the Oidde Model Assisted the Case Study in Pancasila Educat. 7, 179–188. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hani Risdiany, dan D. A. D. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai- Hani Risdiany , dan Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia , Cibiru , Indonesia Info Artikel Diterima Diterima dalam bentuk review 16 April 2021 Diterima dala. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711.
Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705
Kurniawan, V., Hidayah, N., & Andari, A. A. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Aliyah Negri 3 Palembang Dan Sekolah Menengah Atas Negri 17 Palembang. 02(02), 339–345.
Laila, R. N., Assunniyah, N., Nugroho, N. S. A., Permata Sari, R. G., Suwandi, S., & Setiyoningsih, T. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in the Merdeka Curriculum For High School in Sragen Regency. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 135–148. https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.111
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Muttaqin, Z. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.
Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.644
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Pendidikan, D., Sebagai, K., Karakter, P., Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau. 8(1), 24–36.
Ruliah, Bahar, A. S. P. (2020). Model Pembelajaran Sistem Basis Data Berbasis. 2, 27–34.
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 18. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.924
Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432
Sallamah, D., & Anggraeni, D. (2021). Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora Peran dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Berkehidupan di Era. Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(8), 4–9.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ulfa, R. A., Prasetyo, D., & Marzuki, M. (2018). Pengaruh Model Pbm Dalam Pembelajaran Ppkn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Demokratis. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 125. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3307
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. 8, 696–703.
Wairata, E. (2021). Optimalisasi Penerapan Metode Belajar Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara. Journal of Education Action Research, 5(3), 392–397. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.35132
Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: