Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi
Abstract
Abstrak: Pendidikan karakter menjadi bagian terpenting untuk mewujudkan terbentuknya generasi dengan kualitas yang unggul, dan menjadi kunci untuk menjadikan anak Indonesia yang memiliki kualitas baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tahap perencanaan meliputi tahap mengidentifikasi kebutuhan riview yang sistematis, menyusun protokol riview, dan mengevaluasi protokol riview. Pendidikan di Indonesia dikatakan cenderung kepada kecerdasan berfikir, kecerdasan rasa, budi pekerti, batin dikesampingkan maka terciptalah mahasiswa yang memiliki kemampuan kecerdasan akademik tapi tidak memiliki kecerdasan budi pekerti. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, 20 serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidik perlu memastikan bahwa. materi yang disampaikan melalui teknologi digital tetap konsisten dengan prinsip-prinsip Islam dan dapat diandalkan sebagai sumber informasi yang akurat dan sahih. Sekolah memiliki peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik. Begitu pentingnya nilai-nilai karakter penulis berusaha untuk meniliti nilai nilai karakter. konsep pendidikan yang dijalankan sebenarnya adalah konsep effective school yaitu bagaimana menciptakan lingkungan yang efektif bagi anak didik sebagai konsekuensinya, anak-anak didik diberi waktu lebih banyak dilingkungan sekolah.
Abstract: Character education is the most important part of realizing the formation of a generation with superior quality, and is the key to making Indonesian children of good quality so that they can be implemented in everyday life. The planning phase includes the stages of identifying systematic review needs, compiling review protocols, and evaluating review protocols. Education in Indonesia is said to tend to the intelligence of thinking, intelligence of taste, character, mind aside, students are created who have academic intelligence abilities but do not have ethical intelligence. Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and the skills needed by themselves, society, nation and state. Educators need to ensure that. material delivered through digital technology remains consistent with Islamic principles and can be relied upon as a source of accurate and valid information. Schools have an important role in shaping the character of students. Once the importance of character values, the writer tries to examine character values. the concept of education that is implemented is actually the concept of effective school, namely how to create an effective environment for students as a consequence, students are given more time in the school environment.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
(Triandini et al., 2019)Aderibigbe. (2018). No Title Tindakan Bullying di Media Sosial dan Pencegahannya. Energies, 6(1), 1–8.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Asmara, Y. (2000). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan, Jurusan Universitas, Sejarah Padang, Negeri, 448–458. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GDB3F
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 469–473.
D.Setyawan. (2013). No Title. Jurnal Pendidikan, 5(2), 53–63.
Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.
F.Nugroho, D. S. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Kurios, 6(2), 289.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849
H.Sukma. (2021). No Title Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital Priscila. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92.
Info, A. (2021). Jurnal Teknologi Pembelajaran ( JTeP ) Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21 st Century. 1, 14–22.
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
m.dengan, p. dala. (2022). no title memaksimalkan pendidikan karakter melalui penggabungan sosial media dengan praktik dalam kehidupan sehari-harI. 2(2), 403–412.
Mikraj, A. L., & Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital : Tantangan dan Peluang pada Abad 21. 4(1), 33–41.
Pakai, A. J. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa Di Era Digital. Risalah: Jurnal Pendidikan Karakter Dan Studi Islam, 8(2), 765–780. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.293
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Rachmadyanti, P. (2017). Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201-214. Jpsd, 3(2), 201–214.
Rahmawati, C. (2019). Tantangan dan Ancaman Keamanan Siber Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO AAU), 1(1), 299–306. https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/116
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
S.Ngamanke. (2014). No Title Pentingnya Pendidikan Karakter Mahasiswa Di Era Digital. Humaniora, 5(1), 72.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857
Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (n.d.). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. xx(xx), 7–12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: