Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas XI SMA

Endi Zunaedy Pasaribu, Zul Amry, Edy Surya

Abstract


Abstract: This research aims to improve the quality of the developed LKPD in terms of validity and practicality as well as the higher-order thinking skills of class XI students. The type of research used in this study is research and development with the 4D development model, which is divided into define, design, develop, and disseminate steps. The subjects in this study were class XI high school students, with the object of this research being student worksheets based on problem based learning to improve higher-order thinking skills. The instruments used in this study included LKPD media validation sheets, LKPD material validation sheets, student response questionnaires to the developed LKPD, as well as pretest and posttest questions. From the research that has been done, the results obtained are that the PBL-based LKPD developed is considered very valid and very practical. In addition, there was an increase in higher-order thinking skills in the high category.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kualitas LKPD yang dikembangkan dari segi kevalidan dan kepraktisan serta memperoleh peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang terbagi atas langkah define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA dengan objek penelitian ini adalah LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini mencakup lembar validasi media LKPD, lembar validasi materi LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan serta soal ¬pretest dan posttest. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinilai sangat valid dan sangat praktis. Selain itu, didapatkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam kategori tinggi.


Keywords


LKPD; PBL; Higher Order Thinking Skills.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidah, N., Hakim, L. El, & Antari, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.15523

Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024.

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74–78.

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34.

Elmarfia, B., & Yohanes, R. S. (2020). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 6(2), 95–112.

Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1308–1321.

Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 56–61.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01).

Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27.

Kusuma, P. (2020). Hari Pendidikan Internasional, Indonesia Masih Perlu Tingkatkan Kualitas Pendidikan. Deutsche Welle.

Mutmainah, S., Hermawati, E., & Maulana, F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 34–44.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301.

Pristiyono, E., Herpratiwi, H., Jalmo, T., & Hartono, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5265–5275.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435–448.

Syahri, A. A., & Ahyana, N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 41–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: