Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika Materi FPB untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Rawitha Restuningsiah, Intan Dwi Hastuti, Yuni Maryati, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Syafruddin Muhdar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan video animasi pembelajaran matematika materi FPB untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media video animasi pada pembelajaran matematika materi FPB untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN 3 Batu Kumbung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi dari para ahli, instrumen pengujian kepraktisan berupa lembar angket respon siswa, dan instrumen pengujian keefektifan berupa lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat kevalidan media pembelajaran oleh 3 validator berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata 82,9%, tingkat kepraktisan media pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 76,78% dengan kategori praktis, tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis canva skor rata-rata N-Gain 0,76. Kemudian N-Gain score persen memperoleh 76% dengan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh dari media video animasi pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu media valid, praktis, dan efektif.

Abstract: This study aims to: (1) determine the development of animated videos for mathematics learning FPB material to improve student learning outcomes, (2) determine the level of validity, practicality, and effectiveness of animated video media in FPB mathematics learning materials to improve student learning outcomes. The subjects in this study were students of grades IV A and IV B at SDN 3 Batu Kumbung. The instruments used in collecting research data consisted of validity testing instruments in the form of validation sheets from experts, practicality testing instruments in the form of student response questionnaires, and effectiveness testing instruments in the form of test sheets. The results showed that: the level of validity of learning media by 3 validators was in the valid category with an average value of 82.9%, the practicality level of learning media obtained an average value of 76.78% in the practical category, the level of effectiveness of canva-based learning media has an average N-Gain score of 0.76. Then the N-Gain score percent gets 76% in the effective category. So it can be concluded based on the data obtained from the animated video media for learning mathematics to improve student learning outcomes, namely valid, practical, and effective media.


Keywords


Animated video based on canva; FPB; Student learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andrianingsih, I., Hastuti, I. D., & Fujiaturrahmah, S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Etnomatematika Pada Bangun Ruang Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. (Vol. 2, Issue 1). https://unu-ntb.e-journal.id/pacu.

Dewi, F. (2020/2021). Pengembangan Media Papan Catur Materi KPK dan FPB Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari repository.ummat.com.

Hastuti, I. D., Ahyansyah, Sukma, M., & Sutarto. (2022). Development of Student Books Characterized by Indonesian Realistic Mathematics Education to Support Mathematics Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol. 6 No. 1 Januari 2022, 36-50.

Hastuti, I. D., Mariyati, Y., Sutarto, & Nasirin, C. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model to the Metacognitive Ability of Primary School Students. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. Juni 2020. Vol. 8, No. 1, 37-45.

Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2022). The Effect of Guided Inquiry Learning in Improving Metacognitive Skill of Elementary School Students. International Journal of Instruction. October 2020 Vol.13 No.4, 315-330.

Hayati, T. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari https//ejournal.unibabwi.ac.id.

Liatunrahmi, N., Hastuti, I. D., & Mariyati , Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Biasa Kelas IV SDN 1 Midang.

Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Muridpada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vdi Sdanak Bangsa Kota Makassar. Model Pengembangan Media Pembelajaran 4D Dari Thiagarajan. https://pe.feb.unesa.ac.id.

Mulyasari, R. (2021). Increase Students’ Learning Motivation Through The Use Of Animated Video Media In Online Learning. Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. In jurnal sasindo unpam (VOL. 8, ISSUE 2).

ROSANTI. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kancing Warna Warni Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi FPB Kelas IV.

Sanjaya, E. (2018). Pengembangan Media Kantongmatika Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terbesar (KPK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Al-Ma’rif 09 Singosari Malang. Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari etheses.uin-malang.

Sari, D. (2020). engembangan Media Scrapbook Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V Di MIS Mutiara Insan Palangkaraya. Diakses tanggal 5 Desember 2020 dari http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id.

Suryaningsih, H., & Kurniawati, W. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif materi sumber daya alam berbasis lectora inspire pada siswa kelas iv sd pundung imogiri bantul.

Sutarto, Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen. Vol. 7 No. 2, Juli 2021, 324-335.

Umar, H. (2021). Pengembangan Media Lingkaran Warna Untuk Pembelajaran FPB dan KPK Pada Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kota Utara. Diakses tanggal 5 Desember 2022 dari repository.ung.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: