Strategi Pendidik dalam Menghadapi Penyalahgunaan AI Generatif oleh Mahasiswa : Dilema Etika, Desain Asesmen, dan Kejujuran Akademik di Era ChatGPT

Fajri Febri Yenni

Abstract


Abstract: The development of generative artificial intelligence technology, particularly ChatGPT, has transformed the paradigm of higher education by providing innovative learning tools. This study explores the impact of ChatGPT usage in programming education, enhancement of critical thinking skills, and the ethical challenges that arise, such as plagiarism. The results indicate that ChatGPT not only accelerates the learning process but also enhances students' understanding of difficult concepts. However, the use of AI also raises ethical dilemmas regarding academic integrity. Therefore, it is essential for educational institutions to develop clear policies regarding AI usage, as well as to integrate character education to equip students with ethical values. Collaboration among students, educators, and policymakers is crucial to create an ethical and productive learning environment.

Abstrak: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan generatif, khususnya ChatGPT, telah mengubah paradigma pendidikan tinggi dengan menyediakan alat bantu pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran pemrograman, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan tantangan etika yang muncul, seperti plagiarisme. Hasil menunjukkan bahwa ChatGPT tidak hanya mempercepat proses belajar, tetapi juga meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep yang sulit. Namun, penggunaan AI juga menimbulkan dilema etika terkait kejujuran akademik. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk mengembangkan kebijakan yang jelas mengenai penggunaan AI, serta mengintegrasikan pendidikan karakter untuk membekali mahasiswa dengan nilai-nilai etika. Kolaborasi antara mahasiswa, pendidik, dan pembuat kebijakan sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang etis dan produktif.


Keywords


Chatgpt, Integrity, Ethics, Critical.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afiyanti, Y. (2020). Penggunaan Literatur dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library, 1–6. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193

Fatmadiwi, A., & Hartoyo, A. (2025). Kebijakan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Alwatzikhoebillah, 11(1), 284–291. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v11i1.3633

Fauzan, A. R., Rafaela, G. G., & Maydayana, K. N. (2025). Penggunaan Chat GPT dalam Pemrograman dan Coding Mahasiswa Ilmu. Jurnal Majemuk, 4(2), 332–339. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk%0APenggunaan

Fitroh, I. (2025). Antara Artificial Intelligence (AI) dan Moral: Relevansi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2007), 1837–1843. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Ja’faruddin, Nasrullah, Ashari, N. W., Khaerati, & Putri, F. (2024). Generative Artificial Intelegence ( Gen-AI ) dalam Pembelajaran pada Guru-Guru di Kabupaten Sidrap. Jurnal Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 330–336. https://doi.org/10.35880/ jhp2m.v3i2.5037

Kemenristekdikti, Pembelajaran, D., Kemahasiswaan, D. A. N., Jenderal, D., Tinggi, P., Teknologi, R. D. A. N., Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2024). Generative Artificial Intelligence (GenAI) pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Kampus Merdeka.

Legi, M. B., Sengkey, D. F., & Sambul, A. M. (2024). An Application of Generative Artificial Intelligence for Automated Rubric-Based Grading. Jurnal Teknik Informatika, 19(3), 183–192. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika%0A183

Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., Warsuta, B., Teknik, J., Jakarta, P. N., Pertanian, F., & Brawijaya, U. (2023). Kajian Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Generatif dalam Aktivitas Akademik di Politeknik Negeri Jakarta. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2(1), 523–533. https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/415

Nadya, R., & Rachman, I. A. I. F. (2025). Analisis Potensi dan Tantangan dalam Penggunaan AI di Bidang Pendidikan Universitas Siliwangi , Indonesia. Semantik, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1705

Nasution, J. S., Siregar, A. M., Hasibuan, E. S., Difla, F., Azizah, T. N., Negeri, I., & Utara, S. (2025). Dampak Negatif Penggunaan AI Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 3(1), 35–42. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami/article/view/4293

Nurliansyah, F. H., & Perdana, F. (2025). Pengaruh Kualitas Informasi Chat GPT terhadap Kebutuhan Akademik Mahasiswa : Survei di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 195–208. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/pk.v13i1.16200

Nurul Shofiaha, Ali Ridhob, Z. F. P. (2023). Menyelidiki Implikasi Etis dari Pengintegrasian Generator Teks Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Akademik. 2–2. http://repository.uin-malang.ac.id/17424/

Printina, B. I., Mahartini, D., Astuti, F., Muktianingsih, P., Mirandani, S. D., Annisa, S. N., Prabowo, Y. B., & Syuhada, Y. A. (2024). Pelatihan Asesmen Digital Melalui Quiziz dan AI (Artificial Intelligence) untuk Mendukung Keterampilan Abad 21 bagi Guru di SMAN 10 Yogyakarta. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 318–325. https://doi.org/https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i3.4986

Ratnawati, O. A., Rizaldi, M., Hamdani, M., & Artuti, E. (2024). Penggunaan ChatGPT Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7, 105–118. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2427

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23187-11_2247.pdf

Sijabat, J. T., Ayu, P., Situmorang, A., & Saputri, S. Y. (2025). Kebijakan untuk Meningkatkan Literasi AI di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurribah.v4i1.4316

Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., & Prayogi, A. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence ( AI ) Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232–243. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14874510

Supriyadi, E. (2024). Penggunaan ChatGPT Open AI pada penulisan karya tulis ilmiah dan dampaknya bagi mahasiswa. Prosiding Nasional 2024 Universitas Abdurachman Saleh SItubondo, 123–130. https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4799


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: