Peran Guru sebagai Model Pembelajaran Karakter bagi Siswa SD

Heni Andriani, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Dwi Intan Hastuti, Syafruddin Muhdar, Romi Hidayatullah

Abstract


Abstract: This research aims to analyze the position of the teacher as an example in strengthening student character in elementary schools by promoting local cultural values and the use of digital media. By using a Systematic Literature Review (SLR) approach. This research refers to various previous studies conducted between 2017 and 2021 to find ways that are applied in shaping students' character. The findings of this study highlight four important points. (1) The research findings indicate that the example shown by teachers in their daily lives has a major impact on the formation of student character, because students tend to imitate the behavior they witness directly from teachers. (2) The integration of local cultural values in the learning process can improve students' identity and morals, as the values are relevant and aligned with their social context. (3) The utilization of digital media in character education is proven to increase students' enthusiasm and participation, especially through visual and interactive methods that match the world of children. (4) The combination of teachers' role models, local cultural values and digital technology is an effective strategy to implement comprehensive character education at the primary school level. With this holistic approach, character education can be implemented in a way that is more meaningful, relevant and in line with the needs of the current generation.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi guru sebagai contoh dalam penguatan karakter siswa di sekolah dasar dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal serta penggunaan media digital. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan Pustaka Sistematis (SLR). Penelitian ini merujuk pada berbagai studi terdahulu yang dilakukan dalam rentang waktu antara tahun 2017 hingga 2021 untuk menemukan cara yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik. Temuan kajian ini menyoroti empath al penting. (1) Temuan penelitian mengindikasikan bahwa keteladanan yang ditunjukkan guru dalam keseharian mereka memiliki dampak besar terhadap pembentukan karakter siswa, sebab siswa cenderung meniru perilaku yang mereka saksikan secara langsung dari para guru. (2) Integrasi nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan identitas dan moral siswa, karena nilai-nilai tersebut relevan dan selaras dengan konteks sosial mereka. (3) Pemanfaatan media digital dalam pendidikan karakter terbukti dapat meningkatkan semangat dan partisipasi siswa, khususnya melalui metode visual dan interaktif yang sesuai dengan dunia anak-anak. (4) Kombinasi antara keteladanan guru, nilai-nilai budaya lokal, dan teknologi digital merupakan strategi yang efektif untuk menerapkan pendidikan karakter secara menyeluruh di tingkat sekolah dasar. Dengan pendekatan yang menyeluruh ini, pendidikan karakter dapat dilaksanakan dengan cara yang lebih bermakna, relevan, dan sejalan dengan kebutuhan generasi saat ini.


Keywords


Teacher's example, Local Culture, Digital Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jatanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.

Alvinarista, A., Fitriana Putri, S., Ayu Irawati, D., Istiqomah, A., Nur Afiati, R., Radhi Pangestu, M., Nur Fitriani, E., Devi Saputri, H., Melani, M., Namira Putri, Y., Fitriani, F., Fairus Milawati, A., Febri, H., Mar, B., Sholihah, A., Nurhana, M., Khovivah, A., Tri Nanda Mustikasari, R., Rizkian, L., … Pd, M. (2022). Memupuk Asa Dan Rasa Membangun Gen-Erasi Cerdas Berkarakter. Press IAIN Ponorogo, i–377.

Amelia, R., Izzah, S. N. R., Hikmah, M. A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci KeberhasilanPersonalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1), 287–300.

Andira, A., & Akbar, Z. (2025). Membumikan kearifan lokal dalam bahan ajar: strategi inovatif meningkatkan minat belajar siswa madrasah ibtidaiyah. Didaktika Dwija Indria, 13, 217–228.

Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 27–35. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.368

Baginda, M. (2018). Values of character-based education in primary and secondary education. Iqra’ Scientific Journal, 10(2), 1–12. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/593/496

Belva Chatlina, C., Mulyana, A., & Amelia, M. (2024). Sosial Dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Sosiologi, 7(1), 19–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/komunitasKOMUNITAS:JURNAL

Daulai, A. F., Salsabila, T., Maharani, D., Rambe, M. S., Kurniasih, L., Tinendung, H. F., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2025). Interaksi Siswa dengan Guru dalam Menciptakan Situasi yang Kondusif di SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang. 5.

Dewi, A. C., Ramadhan, B., Fadhil, A. A., Fadhil, F., Idris, A. M., Hidayat, M. R., & Yusrin, M. A. D. (2023). Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.31539/ijoce.v3i2.8195

Di, P., Pasembon, D., Jadid, U. N., & Muhid, A. (2025). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KONTEKSTUAL : Integrasi Nilai Sejarah Batu Kenong Dan Gunung Mantan Dalam. 1(1), 157–167.

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak.

Faqihudin, M. (2024). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Profesionalisme Guru. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 255–266. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.413

Hamid, H. S., Lombogia, I., Takaredase, A., & Angmalisang, H. (2022). Peran Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK Yadika Langowan. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3436

Hanifah, S., Soraya, I., & Kurjum, M. (2025). Optimalisasi Media Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1600–1608. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3356

Hatima, Y. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, And Education (JHUSE), 1(3), 3089–7246.

Herawati, S., Ramdani, L., Ramdani, A., Aji Muzaqi, W., Herdiansyah, H., Martasha, W., & Noor Laila Isti, F. (2025). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Tantangan Sosial Budaya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4), 1238–1241. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Herlina, H., Astuti, M., Triyunita, H., Rahmawati, T. D., & Yana, N. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Menarik Minat Siswa di SD/MI Terhadap Pembelajaran PAI. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 8265–8277. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i6.2431

Husnaeni., Anggriyani, F. C. W. (2024). Jurnal komprehenshif. Jurnal Komprehenshif, 2(1), 1–10.

Inovasi, J., & Ips, P. (2025). 1 , 4 ,. 5(2), 484–494.

Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568

Irmania, E. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.2970

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416

Manarfa, A., & Lasaiba, D. (2024). Jejak Karakter di atas Budaya: Menelusuri Identitas dalam Pendidikan. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.30598/lanivol4iss1page67-75

Mardiani, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Sekolah Di Smp Negeri 29 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup.

Mustofa, I., Yusuf, A., Firmansah, D., & Ahyama Afham, M. (2024). The Transformation of Islamic Education in the Digital Era: Utilizing Technology for Instilling Islamic Values. Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal, 1(4), 63–81. https://doi.org/.....

Nisa, yopi K. dan P. K. (2020). Di Madrasah. 12770028, 13.

Nurdiniah, S. (2024). Langkah-langkah Partisipasi Guru dalam Pendekatan Pembelajaran Aktif di Muslimeen Suksa School, Thailand. Karimah Tauhid, 3(8), 8581–8598. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14890

Purwulan, H. (2024). 995-Article Text-3780-1-10-20241202. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 375–382. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.995

Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa ( Studi Kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor ). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1–14.

Qowim, A. N., Afif, N., Mukhtarom, A., & Fauziah, E. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Pengintegrasian Nilai-Nilai Moral Dalam Kurikulum Berbasis Teknologi. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(1), 18–32. https://doi.org/10.31000/jkip.v6i1.11512

Qulsum, D. U., & Hermanto, H. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. https://doi.org/10.22146/jkn.71741

Rendi wibowo. yusuf, Salsafadilah, fatonah, & alfani, farich. (2023). Studi komparasi teori keteladanan nashih ulwan dan teori kognitif sosial albert bandura. Journal of Islamic Primary School, 1(1), 43–49. https://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1069

Rosmana et al. (2022). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Implementation Of Character Education In The 2013 Curriculum. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 40–53.

Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Nias Selatan: Membangun Identitas Budaya Pada Generasi Muda. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12(3), 663–668.

Sastra Atmaja, T. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 171–179. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7380

Setiyanto, S., Utomo, I. C., Dawis, A. M., Yuliati, T., Nugraha, N. B., Maniah, M., Natsir, F., Suhendi, H. Y., Syujak, A. R., S, W., & others. (2023). Multimedia dan Sains Penerapan Teknologi untuk Penelitian dan Penyampaian Informasi. https://books.google.co.id/books?id=P-DeEAAAQBAJ

Sinaga, A. V. (2023). Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21. Journal on Education, 06(01), 2836–2846. https://core.ac.uk/download/pdf/568058929.pdf

Studi, J., Agama, I., & Vol, K. (2025). Peran Budaya Lokal dalam Pelestarian Nilai-Nilai Keagamaan: Studi Etnografi Terhadap Komunitas Adat yang Menjalankan Syari’at Islam. KHAZANAH :Jurnal Studi Ilmu Agama, Sosial Dan Kebudayaan, 1(1), 1–11.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.4

Sugiarto & Farid, A. (2023). Sugiarto. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (3), 580–597. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Sugiarto.pdf

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, April, 60–76. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665

Yuniardi, D. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP PGRI 1 CIPUTAT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: