Efek Domino Mikro Perubahan Wujud Zat di Kehidupan Sehari-hari terhadap Sainstorming
Abstract
Abstract: This study aims to examine the effect of simple scientific experiments on improving science literacy among elementary school students, emphasizing the concept of "Micro Domino Effect" as a pedagogical approach. This concept illustrates that small, contextual, and easily conducted experimental activities can trigger significant changes in students' understanding of scientific concepts, critical thinking, and scientific attitudes. The research method employed is quantitative with a quasi-experimental approach, involving sixth-grade students as subjects. The instrument used was a Likert-scale questionnaire to measure changes in cognitive and affective aspects following the intervention of simple experiments related to changes in the state of matter. The research findings indicate a significant improvement in students' understanding of science concepts and learning enthusiasm after the implementation of the simple experiment-based learning strategy. These findings suggest that small-scale interventions in teaching practices can generate broad and sustainable impacts on the development of basic science literacy. Therefore, the “Micro Domino Effect” strategy is worth considering as an innovative alternative in science learning at the elementary education level.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh percobaan ilmiah sederhana terhadap peningkatan literasi sains siswa Sekolah Dasar, dengan menekankan konsep "Efek Domino Mikro" sebagai pendekatan pedagogis. Konsep ini menggambarkan bahwa aktivitas percobaan kecil yang kontekstual dan mudah dilakukan dapat memicu perubahan signifikan dalam pemahaman konsep ilmiah, cara berpikir kritis, serta sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu, melibatkan siswa kelas VI sebagai subjek. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert untuk mengukur perubahan dalam aspek kognitif dan afektif setelah intervensi percobaan sederhana terkait perubahan wujud zat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep IPA dan antusiasme belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran berbasis eksperimen sederhana. Temuan ini mengindikasikan bahwa intervensi kecil dalam praktik pembelajaran dapat menciptakan dampak yang luas dan berkelanjutan terhadap pengembangan literasi sains dasar. Oleh karena itu, strategi “Efek Domino Mikro” layak dipertimbangkan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA di jenjang pendidikan dasar.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anjarwati, A., Setyawati, I., Wijaya, N. A., Sholeha, R., & Putri, S. D. M. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.276
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Asfiana, A., Fitriyani, F., Selvia, N., & Fatonah, S. (2025). Pengaruh Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 741. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4362
Budiwati, S., Nugroho, A. S., & Hayat, M. S. (2025). Profil Kemampuan Literasi Sains pada Peserta Didik Fase E MAN Kota Sorong Papua Barat Daya Tahun 2025. 13(1), 68–76.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. JP2SD: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 158–172.
Dewindari, K. F., Sa’diah, A. H., & Maspufah. (2025). Strategi Pembelajaran Deep Learning dalam Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa SD. Journal of Education Bani Saleh, 1(01), 18–25.
Fahruddin, A., Kadri, W. N., & Lubis, Y. M. (2025). Strategi Moderasi Dakwah Islam Dalam Keluarga, Pendidikan, Dan Civil Society. Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 10(1), 2501–8294. https://doi.org/10.31538/altsiq.v10i1.6922
Fazriani, H. N., Juliani, E. P., Kurniawati, P., Sa’diyah, H., Su’adah, M., Fikri, M. A., & Ratnasari, Y. (2024). Systematic Literature Review: Pengaruh Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Zat di Sekolah Dasar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(5), 650–657. https://doi.org/10.56799/peshum.v3i5.4231
Gani, A. A. (2016). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Potensi Alam Menyikapi Era Mea. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2016 “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA,” 1, 2527–5917.
Komparatif, A., Merdeka, K., Sebagai, B., Untuk, S., Deep, M., & Pada, L. (2025). Analisis Komparatif Kerangka Merdeka Belajar Sebagai Sarana Untuk Mencapai Deep Learning Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka. 2(4), 944–963.
Lestari, I., & Sugmawati, D. (2025). Kajian Kualitas Pendidikan Ipa Di Sekolah Dasarstudy of the Quality of Science Education in Elementary Schools. KAPATU: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 7–11. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/PM/
Lestari, T., Sejarah, P., Sriwijaya, U., Proyek, B., & Belajar, H. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. 3(1), 14–27.
Lisa, A. A., & Muthohar, S. (2024). Strategi Game Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C + S Siswa. Jurnal Kependidikan, 13(001), 125–138.
Luthfiyani, P. W., Rajab, K., & Masyhuri, M. (2025). Pendekatan Konstruktifisme dalam Psikologi Belajar Berbasis Nilai-Nilai Islam. Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 6(1), 20–36. https://doi.org/10.37985/hq.v6i1.469
Mardiyah. (2024). Integrasi Nilai Fikih dalam Pembelajaran IPA : Strategi Membangun Kesadaran Lingkungan pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Integration of Fiqh Values in Science Education : A Strategy to Foster Environmental Awareness in Madrasah Ibtidaiyah Students. Pendidikam Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 172–181.
Maulidiya Nabila, S., Septiani, M., & Pendidikan Dasar, M. (2025). Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran IPA yang Bermakna di Sekolah Dasar. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 2(1), 9–20. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/primera
Nabila, S., Sri Wahyuni, Siti Mu’minah, & Nasharuddin. (2025). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 33–41. https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.295
Nurpan, P. Z. A., Salahudin, S., Syamsulrizal, S., & Prinanda, D. (2024). Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid dari Berbagai Sektor. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 174–187. https://doi.org/10.33059/jseb.v15i1.8199
Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875
Purnawati, A., & Yakin, N. (2025). Implementasi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Action Research Journal, 2(2), 107–120.
Rahim, A. (2023). Strategi Peningkatan Ketrampilan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. JSE: Journal Sains and Education, 1(3), 72–79.
Rahmadani, S. (n.d.). MAHASISWA DAN AKADEMISI Volume 1 Nomor 1 Pemanfaatan Game Edukasi Berbasis IPA Sebagai Strategi Menumukan Minat dan Pemahaman Sains di Sekolah Dasar. 1, 106–115.
Rahmadilla, H. (n.d.). Penggunaan Media Benda Konkret dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN Punggul I.
Rahmawati, D., Fitri, R., & Malaikosa, Y. M. L. (2025). Analisis Pemanfaatan Metode Eksperimental dalam Mengembangkan Keterampilan Sains pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1974–1982. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7002
Sari, G., Sari, N. F., Dimenta, R. H., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Labuhanbatu, U., Sisingamangaraja, J., Km, N. A., Tapa, A., & Utara, S. (2024). Analisis Metode Praktikum Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Swasta Bhayangkari 3 Pendahuluan Pembelajaran IPA yang telah dipelajari di sekolah adalah suatu aktifitas yang mempunyai suatu dampak terhadap rendahnya suatu metode . 12(1), 1349–1358.
Saskia, D., & Margaretha, D. (2025). Penggunaan Eksperimen Sederhana dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar : Tinjauan Pustaka. 1(2), 81–86. https://doi.org/10.55123/didik.v1i2.180
Septiani, S., & Fatonah, S. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 2(3), 194–204.
Subur, S. (1970). Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.24090/insania.v11i2.165
Sudirman, Hardianti, B. D., & Safitri, T. A. (2025). Pengaruh pembelajaran proyek kolaborasi berbasis potensi pokal pada Praktikum IPA untuk meningkatkan sikap ilmiah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 678–688.
Wahyuni, N. P., Anak Agung Gede Agung, & Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2024). KAMI (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 60–74. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73453
Windasari, R., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2024). Strategi Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPS Bagi Guru Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 54–68. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i4.3667
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: