Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motifasi Belajar dan Perilaku Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: This study aims to analyze how the physical school environment influences students’ learning motivation and behavior at elementary schools by using a Systematic Literature Review (SLR) approach. Relevant literature was collected from Google Scholar, Scispace, Elicit, and Consensus databases, focusing on publications between 2015–2025. The results show that a well-managed physical environment including classroom cleanliness, adequate lighting, good ventilation, and proper learning facilities positively affects students’ intrinsic motivation to learn and contributes to the development of positive behaviors such as discipline, responsibility, and social interaction. The synthesis also reveals that while many studies examine these variables separately, there is still a gap in integrated analysis. Therefore, this study highlights the importance of maintaining a supportive physical learning environment as a strategic factor for building a child-friendly school ecosystem that promotes academic success and character building.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana lingkungan fisik sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar dan perilaku siswa di sekolah dasar melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Literatur dikumpulkan dari database Google Scholar, Scispace, Elicit, dan Consensus dengan fokus terbitan tahun 2015–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa lingkungan fisik sekolah yang tertata baik meliputi kebersihan ruang kelas, pencahayaan memadai, ventilasi yang baik, dan fasilitas belajar yang memadai-berdampak positif terhadap motivasi belajar intrinsik siswa dan membentuk perilaku positif seperti disiplin, tanggung jawab, serta interaksi sosial yang baik. Sintesis juga menemukan masih terdapat kesenjangan penelitian pada keterkaitan variabel ini secara terintegrasi. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan fisik sebagai faktor strategis untuk membangun sekolah ramah anak yang mendukung keberhasilan belajar sekaligus pembentukan karakter.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109
Angraini, W., Firdaus, F., Pratiwi, B. A., Oktarianita, O., & Febriawati, H. (2023). Pola Asuh, Pola Makan Dan Kondisi Lingkungan Fisik Dengan Kejadian Stunting. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 500–511. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5186
Farhah, A., Ahiri, J., & Ilham, M. (2020). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Harahap, R. S., & Toni, T. (2023). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah Smks (X) Rantauprapat Ditinjau Dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 TAHUN 2015. Research and Development Journal of Education, 9(1), 357. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15687
Hartoyo Soehari. (2021). Motivasi Dan Pengukurannya. Jurnal Visi Manajemen, 7(1), 43–55. https://doi.org/10.56910/jvm.v7i1.152
Iroth, A., Lengkong, V. ictor P. K., & Dotulong, L. O. H. (2018). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Fisik dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Beberapa Karyawan Restoran di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2098–2107.
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Jufrizen, J. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen, 7(1), 35–54. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2277
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Laia, S., & Zagoto, S. F. L. (2023). Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Onolalu. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(2), 52–64. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i2.695
Muslim, A., Komari, N., & Christiana, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Fisik dan Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Guru Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan sebagai Variabel Mediasi di SMK Muhammadiyah Sintang. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 11(01), 030–042. https://doi.org/10.26418/ejme.v11i01.60370
Natania, O., & Martha, L. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(8), 2122–2136. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.723
Noorainy, F. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran. Journal of Management Review, 1(2), 75. https://doi.org/10.25157/jmr.v1i2.701
Nurida, W., Tetelepta, E. G., & Manakane, S. E. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 1(3), 227–232. https://doi.org/10.30598/jpguvol1iss3pp227-232
Oktaviani, A. N., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2020). Turnover Intention (Niat Berpindah) Karyawan Berdasarkan Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2), 196–204. https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.686
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Rianda, S., & Winarno, A. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt Rajasaland Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 192–203. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.300
Rizqi, H. (2019). Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja Medika, 9(1), 31–34. https://doi.org/10.24929/fik.v9i1.694
Sofian, S. (2021). Pengelolaan Iklim Sekolah dalam Menunjang Kinerja Guru (Studi Kasus SMA Tamansiswa Pematangsiantar). MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 301–309. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4370
Sugara, F., Adji, S., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Karyawan Ud. Sukri Dana Abadi Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 47. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.414
Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. JKEP, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710
Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200
Suratman Hadi. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). PARAMETER, 4(2). https://doi.org/10.37751/parameter.v4i2.41
Suryani, N. L. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bangkit Maju Bersama Di Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(3), 419. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i3.3017
Susmiarti, H., & Kartiwi, A. P. (2021). Manajemen Lingkungan Fisik Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 6 Kota Manna. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(2), 75–80. https://doi.org/10.33369/mapen.v15i2.13742
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: