Strategi Pancasila dalam Menanamkan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Generasi Muda di Tengah Arus Globalisasi

Rozita Warni, Isnaini Isnaini, Hafsah Hafsah, Sri Rejeki, Saddam Saddam, Safran Safran

Abstract


Abstract: The process of globalization has had a broad impact on the social, cultural, and ideological aspects of society, including shaping the mindset and behavior of Indonesian youth. Intensive exposure to foreign cultures has the potential to cause a shift in values, weaken national identity, and reduce the internalization of the fundamental values of Pancasila. In this context, strategic and targeted efforts are required to reintroduce national values to the younger generation so that they remain committed to the nation's identity. This study aims to systematically examine and synthesize various strategies for instilling Pancasila-based national values in the face of globalization challenges. A qualitative approach is employed using the Systematic Literature Review (SLR) method. The literature analyzed was obtained from reputable academic databases such as Google Scholar, DOAJ, and Scopus, with publication years limited to the 2020–2025 range. The findings indicate that relevant strategies include integrating Pancasila values into the formal education system, strengthening character through non-formal activities, utilizing digital media constructively, and encouraging active involvement of family and religious institutions. These strategies not only serve to reinforce national identity but also function as a protective mechanism against the penetration of foreign values that contradict the nation’s character. Therefore, the implementation of strategies for instilling Pancasila values must be adaptive to contemporary dynamics and carried out collaboratively by various societal elements.

Abstrak: Proses globalisasi telah memberikan pengaruh yang luas terhadap aspek sosial, budaya, dan ideologis dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam membentuk pola pikir dan perilaku generasi muda Indonesia. Eksposur terhadap budaya asing yang berlangsung secara intensif berpotensi menyebabkan pergeseran nilai, melemahkan identitas kebangsaan, serta mengurangi internalisasi terhadap nilai-nilai dasar Pancasila. Dalam situasi tersebut, dibutuhkan upaya strategis yang terarah untuk menanamkan kembali nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda agar tetap memiliki komitmen terhadap jati diri bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mensintesis secara sistematis berbagai strategi penanaman nilai-nilai kebangsaan berbasis Pancasila dalam konteks tantangan globalisasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Literatur yang dianalisis diperoleh dari basis data ilmiah terindeks seperti Google Scholar, DOAJ, dan Scopus, dengan batasan tahun terbit antara 2020 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang relevan mencakup pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam sistem pendidikan formal, penguatan karakter melalui kegiatan non-formal, pemanfaatan media digital secara konstruktif, serta keterlibatan aktif institusi keluarga dan agama. Strategi-strategi ini tidak hanya memperkuat identitas nasional, tetapi juga berfungsi sebagai mekanisme perlindungan terhadap penetrasi nilai-nilai asing yang tidak sejalan dengan kepribadian bangsa. Oleh karena itu, implementasi strategi penanaman nilai Pancasila harus disesuaikan dengan dinamika zaman dan dilaksanakan secara sinergis oleh berbagai elemen masyarakat.


Keywords


Pancasila, National Values, Youth, Globalization, Internalization Strategies.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alfiana, H. N., & Najicha, F. U. (2022). Krisis Identitas Nasional sebagai Tantangan Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 45–52. https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p45-52

Andarista, A. D., Pamungkas, A., Maulidia, C., Cania, D., Putria, A., Amira, S., Anjani, M., & Wu, T. L. (2025). Peran Pancasila Dalam Membentuk Karakter Bangsa Yang Kuat Di Era Globalisasi : Meningkatkan Ketangguhan Bangsa Melalui Implementasi Pancasila Di Era Globalisasi . Universitas Esa Unggul Bekasi, 1–10.

Andre Shevcenco Mumu. (2025). Pendekatan Pendidikan Pastoral Terhadap Krisis Identitas Remaja Gereja di Era Digital. PASOLO: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.70420/pasolo.v2i1.91

Arifin, M. Z. (2023). Strategi Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Nilai-Nilai Kebangsaan pada Anak Usia Dini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 42–50. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3007

Dwi Yana Alidia, Firly Fadila Julita, Saskia Azhara Putri, Reni Ramita Sari, & Wismanto Wismanto. (2024). Masjid Menjadi Ruang Sinergi Pendidikan dan Pelatihan Bagi Masyarakat Modern. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 198–204. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.272

Fatah Abidin, N. (2020). Pancasila Sebagai the Living Values Dalam Pengalaman Sejarah Kebangsaan Indonesia. Jurnal Candi, 20(1), 98.

Hambali, I., Wibisono, A., & Widodo, G. H. T. (2022). Kedudukan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Ditinjau Dari Perspektif Filosofi Undang-Undang Ketenagakerjaan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i3.26198

Hardiyanto, L., Irawatie, A., & Saryono, S. (2025). Relevansi Nilai-nilai Pancasila dalam Mengasah Kritisisme Masyarakat Modern. Jurnal Citizenship Virtues, 5(1), 47–61. https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2274

Hartono, D., & Sipayung, M. (2024). Dinamika Identitas Budaya dalam Narasi Kontemporer: Tantangan dan Peluang dalam Era Globalisasi. Mouse Jurnal Humaniora, 1(2), 49–54. https://doi.org/10.69688/mouse.v1i2.152

Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal dan Pancasila. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 333–341. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385

Ibrahim, A., Safitri, A., & Gea, D. Z. (2025). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Siswa SMA: Kajian Pustaka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9.

Jamalullail, S. N., Hadiati, I., Anggaraksa, A. P., Fakhrurrahman, A., Putri, A. A., & Hatami, L. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Konflik Antara Monjok dan Karang Taliwang: Perbedaan Identitas dan Perbedaan Sektor Ekonomi. Indonesian Journal of Peace and Security Studies (IJPSS), 5(2), 1–17. https://doi.org/10.29303/ijpss.v5i2.143

Khas, D., Nainggolan, J. B., Sihotang, P. S., Teologi, S. T., & Utara, S. (2021). Formalisme Agama: Tinjauan Teologi Religionum tentang Formalisme Agama dan Relevansinya dalam Kerukunan Umat Beragama. Prosiding Seminar Nasional STT Sumatera Utara, 1(1), 249–260.

Law, F. O., & Pancasila, N. (2024). LEX OMNIBUS : Jurnal Hukum Tata Negara Dan Administrasi Negara Relevansi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi dan kompleks dalam berbagai aspek kehidupan , mencakup bidang ekonomi , politik , sosial , dan LEX OMNIBUS : Jurnal Hukum Tata Negara Dan Admin. 1(2), 73–83. https://jurnal.dokterlaw.com/index.php/lexomnibus/article/view/188.

Marzuki, M. N. R. I. N. (2021). Pancasila Sebagai Staatsfundsnorm Indonesia dalam Pembentukan Hukum Nasional (Perspektif Undang-Undang Ciipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja). Jurnal Ilmiah Meta Data, 3(2), 541–558.

Maulidin, S., Nawawi, M. L., & Jatmiko, J. (2025). Studi Literatur: Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Merdeka Belajar. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 5(1), 38–48. https://doi.org/10.51878/educator.v5i1.5039

Mochammad Daffa Dzakwan Setiawan, Shafia Zahra, Indra Trinanda Darmawan, Raka Putra, & Herli Antoni. (2025). Peran Pendidikan Pancasila dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Mengatasi Dekadensi Moral di Kalangan Generasi-Z pada Era Digital. Journal of Student Research, 3(1), 233–244. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3610

Nuha, M. U., Fauzia, S. I., Hibatullah, R. H., & Anbiya, B. F. (2024). Memperkokoh Identitas Nasional pada Generasi Muda untuk Membangun Persatuan dan Kesatuan di Tengah Globalisasi. Jisipol, 8(3), 54–67.

Pramartha, I. N. B. (2025). Pemikiran Soekarno Tentang Nasionalisme Dan Multikulturalisme Di Era Revolusi Industri 4.0: Membangun Identitas Nasional Dalam Arus Globalisasi. Jurnal Sangkala, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.62734/js.v4i1.583

Princessa Dinda Oktaviana, Fathurrohman, Sekar Purbarini Kawuryan, & Bambang Saptono. (2023). Implementation of Pancasila Values in Civics Learning in the Digital Era. MIMBAR PGSD Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i3.61880

Raharjo, S. H., Budiastra, K., & Suhardi, U. (2023). Fenomena Generasi Muda Dalam Aktivitas Ritual Keagamaan Hindu di Pura Parahyangan Jagat GuruTangerang Selatan(Studi Hiperealitas Jean Boudrilard). Jayapangus Press, 7(4), 478–493.

Sabila, N., Safitri, D., & Sujarwo. (2025). Pelestarian Nilai Budaya Melalui Pendidikan Di Tengah Arus Globalisasi Preserving Cultural Values Through Education in the Midst of Globalization. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 7641–7651. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Sabina, D., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara dan ImPplementasinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9103–9106.

Sandi, D., Program, S., Ilmu, S., Sekolah, P., Pembangunan, T., Desa, M., Apmd, ", & Yogyakarta, ". (2022). Memaknai Nilai-Nilai Pancasila dari Kehidupan Masyarakat Desa. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 2(2), 1–13.

Septria Sa’duh, & Sasmi Nelwati. (2024). Memperkuat Integrasi Nasional di Tengah Keberagaman Indonesia. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(3), 201–207. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i3.2286

Syakhsiyyah, T., & Safitri, D. (2025). Dampak Globalisasi Terhadap Perubahan Budaya Lokal pada Masyarakat The Impact of Globalization on Local Cultural Change in Society. 12421–12428.

WIDIANTI, F. D. (2022). Dampak Globalisasi Di Negara Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 73–95. https://doi.org/10.38156/jisp.v2i1.122

Wiguna, M. O. C. (2021). Pentingnya Prinsip Kebijaksaanaan berdasarkan Pancasila dalam Kehidupan Hukum dan Demokrasi Indonesia. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(1), 133. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.133-148

Zoya, R. A., Ramadon, R., & Noviarita, H. (2024). PT. Media Akademik Publisher Dampak Globalisasi Terhadap Budaya Lokal Di Indonesia Oleh. Jma), 2(12), 3031–5220.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: