Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Rosmini Rosmini, Haifaturrahman Haifaturrahman, Intan Dwi Hastuti, Inang Irma Rezkillah, Nanang Rahman, Nurul Julaifah

Abstract


Abstract: This study aims to systematically examine the effects of cooperative learning models and the use of Student Worksheets (LKPD) on science learning outcomes at the elementary school level. The research employed a Systematic Literature Review (SLR) method by collecting literature from indexed databases such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar, assisted by platforms like Scispace and Elicit. The literature was limited to publications from 2015 to 2025 and selected based on inclusion criteria such as topic relevance, education level, and completeness of empirical data. The findings reveal that cooperative learning models—such as STAD, Jigsaw, TGT, and TPS—contribute significantly to creating interactive and collaborative learning environments, positively impacting students’ active engagement. Furthermore, strategic use of LKPD supports concept mastery, development of critical thinking skills, and student collaboration. The synergy between both approaches effectively enhances student learning outcomes across cognitive, affective, and psychomotor domains. This study recommends further development of cooperative-based LKPD design and implementation evaluation that considers the socio-pedagogical context of elementary schools.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh model pembelajaran kooperatif dan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber literatur yang diambil dari database terindeks seperti Scopus, DOAJ, Google Scholar, dan dianalisis menggunakan bantuan platform Scispace dan Elicit. Artikel yang dianalisis dibatasi pada terbitan tahun 2015–2025 dan dipilih berdasarkan kriteria inklusi seperti relevansi topik, jenjang pendidikan, serta kelengkapan data empiris. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif - meliputi STAD, Jigsaw, TGT, TPS, dan variasi lainnya - memiliki kontribusi signifikan dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif, yang berdampak positif terhadap keterlibatan aktif siswa. Di samping itu, penggunaan LKPD secara strategis mendukung penguatan pemahaman konsep, pengembangan keterampilan berpikir kritis, serta kolaborasi antar siswa. Sinergi antara kedua pendekatan tersebut terbukti memperkuat hasil belajar baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut terhadap desain LKPD berbasis model kooperatif serta evaluasi implementatif yang mempertimbangkan konteks sosial-pedagogis sekolah dasar.


Keywords


Cooperetion learning, LKPD, Science learning outcome, Elementary students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdullah, G., Arifin, I. N., Sianu, L., Suleman, A. R., & Doe, R. (2025). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Agustina, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) BerbasisContextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas 5 SDN Tanjungrejo 2 Malang. Tyas. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 238–248.

Balestiero da Silva, G., Teodoro, D. L., & Queiroz, S. L. (2019). Cooperative learning in science teaching: A literature review. Investigacoes Em Ensino de Ciencias, 24(3), 1–30. https://doi.org/10.22600/1518-8795.ienci2019v24n3p01

Effendi-Hasibuan, M. H. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Laju Reaksi di Kota Jambi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2).

Fernandez-Rio, J., Rivera-Perez, S., & Iglesias, D. (2022). Cooperative learning interventions and associated outcomes in future teachers: A systematic review:[[es]] Intervenciones de aprendizaje cooperativo y resultados asociados en futuros docentes: Una revision sistemática. Revista de Psicodidáctica (English Ed.), 27(2), 118–131.

Ghani, M. K., Hastini, W., & Pramono, D. (2022). The Application Of The Student Teams Achievement Division (STAD) Cooperative Learning Model To Increase The Activity Of Class 1 Students In Elementary School. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2), 175–182.

Hasanah, U., Purnom, H., & Irfan, A. Z. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif sebagai Strategi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. PeDaPAUD: Jurnal Pendidikan Dasar Dan PAUD, 3(2), 94–104.

Lopo, F. L. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif: Lesson Study dan Model Kooperatif STAD. Feniks Muda Sejahtera.

Novaliyosi, N., Yuhana, Y., & Khaerunnisa, E. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Interaktif Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1640–1655.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding untuk melatih pemahaman konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97.

Primadiati, I. D., & Djukri, D. (2017). Pengaruh model collaborative learning terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7712

Rikmasari, R., & Kamaliah, F. (2021). Model Make A Match sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10.

Rikmasari, R., & Rosesa, S. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 39–46.

Safitri, A., & Amalia, S. (2022). Efektivitas model cooperative learning type jigsaw dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang balok. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 14–26.

Sirait, J. V., & Maulida, R. (2023). Needs Analysis of The Development STEM-PjBL Based LKPD To Train Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Educational Sciences, 7(3), 488–498.

Siwe, N. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Clis (Children Learning In Science) Berbantuan Lkpd Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran Ipas Di Sd N 6 Kelapa Tujuh. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Suradi, S., Prastowo, S. B., & Sutomo, M. (2024). Development of PBL-Based Interactive LKPD to Improve Elementary Students’ Critical Thinking Skills in Science Learning. Jurnal Paedagogy, 11(2), 300–311.

SYAMSIYAH, Y. N. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Inquiri Pada Pembelajaran Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1233

Utami, A. S., Astin, H., Pratiwi, S., Negara, M. C., & Melany, S. D. (2025). Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengajar Ipa Terutama Dalam Keterbatasan Sarana Dan Kompetensi Guru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Windayani, F., & Pertiwi, K. R. (2023). Development of Scientific Inquiry-Based LKPD to Improve Students Critical Thinking Ability and Collaboration Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7203–7209. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4453


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: