Peran dan Implementasi Pancasila dalam Menghadapi Pergaulan Bebas

Lalu Arfa Am Andesa, Isnaini Isnaini, Saddam Saddam, Hafsah Hafsah, Candra Candra, Safran Safran

Abstract


Abstract: Free association among Indonesian adolescents has become an increasingly complex and concerning social issue, particularly in the modern context influenced by globalization and digital culture. This study aims to analyze the most dominant forms of deviant behavior among teenagers, identify the core values of Pancasila as ethical foundations, and formulate strategies for implementing these values in formal education. Using a Systematic Literature Review approach, this research examines academic literature from 2014 to 2024 through scholarly databases such as Google Scholar, Garuda, and SINTA. The findings indicate that premarital sexual behavior is the most dominant form of free association, influenced by peer pressure, lack of parental supervision, and a moral value crisis. The values of Pancasila Divinity, Humanity, Unity, Democracy, and Social Justice serve as the foundation for character building and ethical control. Effective implementation strategies involve curriculum integration, contextual learning approaches, and collaboration between schools, families, and communities. This study highlights the importance of renewing Pancasila education approaches to make them more contextual and applicable in addressing the challenges of adolescent free association in the digital age.

Abstrak: Pergaulan bebas di kalangan remaja Indonesia telah menjadi masalah sosial yang kompleks dan memprihatinkan, terutama dalam konteks modern yang dipengaruhi oleh globalisasi dan arus budaya digital. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dominan pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja, mengidentifikasi nilai-nilai inti dalam Pancasila sebagai dasar etika, serta merumuskan strategi implementasi nilai-nilai tersebut dalam pendidikan formal. Dengan pendekatan Systematic Literature Review, penelitian ini mengkaji literatur akademik dari tahun 2014 hingga 2024 melalui database ilmiah seperti Google Scholar, Garuda, dan SINTA. Hasil kajian menunjukkan bahwa perilaku seksual pranikah merupakan bentuk pergaulan bebas paling dominan, dipengaruhi oleh tekanan teman sebaya, lemahnya pengawasan orang tua, dan krisis nilai moral. Nilai-nilai Pancasila seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial berperan sebagai landasan pembentukan karakter dan kontrol etis. Strategi implementasi yang efektif melibatkan integrasi kurikulum, pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, serta kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Penelitian ini menyoroti pentingnya pembaruan pendekatan pendidikan Pancasila agar lebih kontekstual dan aplikatif dalam menjawab tantangan pergaulan bebas remaja di era digital.


Keywords


Free Association, Pancasila Values, Adolescents, Character Education, Implementation Strategy, Digital Era.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aisy, M. R., Fadia, M. F., Salsabila, M., & Putra, P. (2025). Perubahan Nilai dan Norma Pada Masyarakat: Studi Sosial di Era Globalisasi. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(6), 2219–2202. https://doi.org/10.70182/jca.v1i6.348

Ashfiya Nur Atqiya, Ahmad Muhamad Mustain Nasoha, Resya Pradita Ummu Syuhada, Restiana Urba Natasyah, & Silva Amelia Darrohmah. (2024). Pancasila Sebagai Sistem Etika, Etika Kehidupan Berbangsa, dan Perlunya Pancasila sebagai Sistem Etika. Jembatan Hukum : Kajian Ilmu Hukum, Sosial Dan Administrasi Negara, 1(4), 72–80. https://doi.org/10.62383/jembatan.v1i4.938

Ayuningtyas, Y., Islam, M. A., Seni, F., Dan, R., & Maret, U. S. (2022). Pendidikan Seksualitas Komprehensif Pada Lukisan Karya Citra Sasmita. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(5), 41–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/47848/39961

Bakti, K., Asuhan, P., & Sakeena, I. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila pada Mahasiswa di Era Modern melalui. July.

Dian, H., Gulo, S., Lase, F., Harefa, A., & Hulu, S. K. (2025). Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Etika dan Moral. 8, 7148–7161.

Difia Elfara Alviolita, & Norma Fitria. (2024). Pancasila Dan Etika Profesi: Penerapan Nilai-Nilai Moral Dalam Kehidupan. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 44–55. https://doi.org/10.36456/p.v4i2.9205

Diniah, A., Hanifah, I. N., Fauzi, A., & Maulana, R. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Toleransi Dan Perdamaian Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Uniga, 18, 131–142.

Goleman et al., 2019. (2019). Konsep Cinta Tanah Air Perspektif KH, Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.radenintan.ac.id/7247/1/SKRIPSI.pdf

Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia Dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 5(1), 42. https://doi.org/10.31289/jppuma.v5i1.1134

Khalwati, ulya rakhmah. (2025). hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku kekerasan pada narapidana remaja. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/47848/39961

LAURENSIUS ARLIMAN S, ERNITA ARIF, S. (2022). pendidikan karakter untuk mengatasi degradasi moral komunikasi keluarga. הארץ, 4(8.5.2017), 2003–2005.

M. Mbayang, C. (2024). Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 366–372. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1669

Machfudloh, Fatika Sari, A., & Susiloningtyas, I. (2025). Gambaran perilaku seksual beresiko pada remaja pranikah di SMA Negri 10 Semarang. J. Midwifery Health Sci. Sultan Agung, 4(1), 51–57.

MAHARANI, T. (2020). Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Perempuan Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Serua Indah Ciputat. 53(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Melani, M., Prastita, N. P. G., Putri, R. T. D., & Adnani, Q. E. S. adnani. (2024). promosi kesehatan remaja dengan Pendekatan Kipk.

Muhammad, A. H., Irma, A., Intan, N., Sundari, Putri, A., & hamdi, A. H. (2024). Tantangan dan Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila di Kalangan Gen Z. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mahasiswa, 2(6), 243–258.

Novitasari, T. R., Hartono, A., Noviani, D. F., Pulungan, F. S., Sante, J. A., Ramadhani, N. A., Anggelita, N., Lase, T. A., & Suryani, V. (2024). Dampak Negatif Pergaulan Bebas Terhadap Nilai-Nilai Sosial di Kalangan Remaja Garu II Medan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b SE-Articles), 1523–1533. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/mister/article/view/2701

Nurfadiah, N. S. (2025). Pancasila Sebagai Landasan Etika Birokrasi. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif, 06(1), 394–406. https://semnas.unikama.ac.id/sipendikum/unduhan/publikasi/2017/109473917.pdf

Nurhanifah, D., & Sharil, M. (2024). Increasing adolescents’ awareness of the impact of promiscuity through educational socialization. Jurnal Pengabdian Masyarakat Edukasi Indonesia, 1(3), 107–114. https://doi.org/10.61099/jpmei.v1i3.57

Oktaviana, D., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pancasila Dalam Menangani Krisis Moralitas Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1599–1600.

Permata, A. A., & Handoyo, P. (2023). Krisis Sosio-Cultural Dalam Pergaulan Bebas Pada Masyarakat Perkotaan Di Bandung. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(2), 22. https://doi.org/10.31602/jt.v5i2.11166

Purwanto. (2017). perwujudan keadilan sosial dalam negara hukum Indonesia. FH-Uiversitas Panca Bhakti Pontianak, 1.

Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80–91. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/268/265

Romualdi, K. B., & Kumalasari, D. (2022). Pengaruh Keteladanan Guru Dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Tinjauan Perspektif Peserta Didik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 130. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9151

Rusmiati, D., & Hastono, S. P. (2015). Sikap Remaja terhadap Keperawanan dan Perilaku Seksual dalam BerpacaranSikap Remaja terhadap Keperawanan dan Perilaku Seksual dalam Berpacaran. Kesmas: National Public Health Journal, 10(1), 29. https://doi.org/10.21109/kesmas.v10i1.815

Sintia Dwi Nopitasari, U. H. (2024). Pendidikan Pancasila dalam Era Kurikulum Merdeka: Strategi Penguatan Identitas Kebangsaan. The Elementary Journal, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.56404/tej.v2i2.69

Sulastri. (2024). Hubungan Keterpaparan Media massa dan Perilaku Seksual dengan Menarche Dini Pada remaja Putri Di SMPN 1 Sayung. https://repository.unissula.ac.id/34983/1/Kebidanan_32102000059_fullpdf.pdf

Suwarno, S. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Perilaku Seksual Pra Nikah Remaja. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 13(1), 23. https://doi.org/10.21580/sa.v13i1.2203

TRIATMAJA, A. F. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Table 10, 4–6.

Widodo, J. A., & Pangaribuan, R. (2025). Dari Mimbar ke Layar Media Digital Dalam Penyebaran Nilai-Nilai Keagamaan. 3, 290–307.

Yani, D., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Tantangan di Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 952–961.

Yetti, N., Ramadhani, S., Yuliandarini, R., & Hanoselina, Y. (2025). Peningkatan Pemahaman Bahaya Pergaulan Bebas Pada KalanganRemaja Di SMA Pertiwi 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4), 923–931.

Yunita, S., Fauziah, E., Salsabilah, T., Nura, A., & Denisa, R. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Strategi Pencegahan Pergaulan Bebas Remaja dalam Membangun Generasi Berwawasan Kebangsaan. 4(1), 1447–1460.

Zaharani Julia Putri, Varisha Nistiabillah, & Sherly Putri Bungsu. (2024). Pergaulan Bebas Anak Muda Yang Menyebabkan Hamil Dan Pernikahan Tanpa Rencana Menjadi Penyebab Kemiskinan Terstruktur. Journal of Multidiscipline and Equality, 1(2), 54–61. https://doi.org/10.70656/jme.v1i2.179

Zubaidah, Z., Sabarrudin, S., & Yulianti, Y. (2023). Urgensi Pendidikan Seks pada Remaja. Journal of Education Research, 4(4), 1737–1743. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: