Pengaruh Penggunaan Metode College Ball Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Abstract: This study aimed to see how the college ball method affected eighth-grade students' critical thinking skills and tolerance attitudes at SMPN 1 Bolo during the 2020/2021 academic year. The quasi-experimental design research method was used. In this study, questionnaires, tests, and documentation were used to collect data. The MANOVA test was used to analyze the data. This study concludes that the value of t-count (3.395) > t-table (1.692) indicates that using the college ball method has an effect on the critical thinking skills of grade VIII SMPN 1 Bolo students in the 2020/2021 academic year. The value of t-count (3.237) > t-table (1.692) indicates that using the college ball method has a positive effect on the social attitudes of class VIII students at SMPN 1 Bolo in the 2020/2021 academic year. The F-test results show that the value of the F-count (40.926) is greater than the value of the F-table (4.120), indicating that the hypothesis is accepted. Thus, it can be concluded that using the college ball method has an effect on the critical thinking skills and social attitudes of class VIII students at SMPN 1 Bolo in the 2020/2021 academic year.
Abstrak: Pentingnya suasana belajar yang menyenangkan, maka penerapan metode college ball diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap toleransi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode college ball terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap toleransi siswa kelas VIII SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai thitung (3,395) > ttabel (1,692), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode college ball terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Nilai thitung (3,237) > ttabel (1,692), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode college ball terhadap sikap sosial siswa kelas VIII SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung (40,926) > Ftabel (4,120) maka hipotesis diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode college ball terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa kelas VIII SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFReferences
Admojo, T. (2014). Statistika Terapan/Sumanto.
Alifah, S. N. (2016). Efektifitas Strategi Pembelajaran Aktif" College Ball" Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Katakana Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Hikari, 4(1).
Aprilyani, A. (2020). Pengembangan Media Smart Roll Ball Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran 2 Pada Sdn Lowokwaru 1 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Baker, J. A. (1999). Teacher-student interaction in urban at-risk classrooms: Differential behavior, relationship quality, and student satisfaction with school. The Elementary School Journal, 100(1), 57–70.
Grissom, J. A., Kalogrides, D., & Loeb, S. (2015). The micropolitics of educational inequality: The case of teacher–student assignments. Peabody Journal of Education, 90(5), 601–614.
Lapik, N. Y., & Sari, L. E. (2020). Implementasi Model Cooperative Learning Dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik Dengan Perspektif Kristiani Di Kelas Va Sd Kristen X Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 1(1), 85–96.
Najwa, H., Ahmad, S., & Sari, S. Y. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Nemsih, S., Erviyenni, E., & Azmi, J. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran College Ball Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(2), 66–71.
Nurafiah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode College Ball Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Toleransi Siswa Kelas Viii Smpn 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.
Sumanto. (2014). Statistik Terapan. Penerbit CAPS (Center Of Academiv Publishing Service. Murib, Pidles.
Suryabrata, S. (2008). Metode Penelitian, PT. Bajagrafindo Persada, Jakarta.
Tanudjaja, S. (n.d.). Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran.
Yussil, M. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.2 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: