Manfaat Personal Website sebagai Media Pembelajaran Sejarah
Abstract
Abstrak: Era disrupsi telah mendorong adanya modernisasi dalam berbagai bidang, khususnya dunia Pendidikan. Dosen harus terus berinovasi dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai pendidik di tengah kemajuan digital. Salahsatu bentuk inovasi ini yaitu dosen perlu memiliki sebuah personal website yang digunakan sebagai sarana penyaluran materi agar dapat dipelajari mahasiswa, mengunggah berbagai tulisan pemikirannya maupun sebagai media personal branding dosen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat memiliki personal website bagi dosen dan kelebihan media pembelajaran sejarah berbasis personal website. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Personal website dapat bermanfaat dalam: (1) memberikan fleksibilitas memilih waktu dan tempat untuk mengembangkan mata kuliah; (2) meminimalisir penggunaan kertas sehingga dosen ikut serta dalam gerakan ramah lingkungan; dan (3) memberikan rangsangan berupa kepekaan untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi kepada mahasiswa. Adapun kelebihan media pembelajaran sejarah berbasis personal: (1) memberi kesempatan mahasiswa dalam mempelajari materi dosen dimanapun berada; (2) memberikan motivasi mahasiswa untuk dapat membuat website seperti yang telah dicontohkan dosennya; (3) materi pembelajaran dapat diperbaharui dengan mudah sesuai perkembangan; (4) mendorong kreativitas dosen untuk berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan.
Abstract: The era of disruption has encouraged modernization in various fields, especially the world of education. Lecturers must continue to innovate in improving their professionalism as educators in the midst of digital progress. One form of this innovation is that lecturers need to have a personal website that is used as a means of channeling material so students can study it, uploading various writings of their thoughts as well as the lecturer's own personal branding media. This study aims to determine the benefits of having a personal website for lecturers and the advantages of personal website-based history learning media. The research method used is descriptive analytical method with a qualitative approach. Personal websites can be useful in: (1) providing flexibility in choosing the time and place to develop courses; (2) minimizing the use of paper so that lecturers participate in environmentally friendly movements; and (3) providing stimulation in the form of sensitivity to keep abreast of information technology developments to students. The advantages of personal-based historical learning media: (1) provide opportunities for students to study lecturer material wherever they are; (2) motivating students to be able to create a website as exemplified by their lecturers; (3) learning materials can be updated easily according to developments; (4) encouraging lecturer creativity to innovate in developing fun learning.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abd. Rahman K. Ma’ruf, Hamzah Uno, R. I. H. A. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPS Berbasis Website Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo. 2(1), 1–7. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Agustin, A., & Wiratama, N. S. (2022). Dampak Pembangunan Bendung Gerak Waru Turi Terhadap Sosial-Ekonomi Masyarakat Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun 1988-2019. 454–462.
Aldisa Habib Hariyadi, Sigit Widiatmoko, N. S. W. (2022). Studi Tentang Peran Dan Fungsi Museum Anjuk. 1996(2), 463–471.
Enda, T. N. (2022). Kajian proses islamisasi di nusantara (studi analisis masjid al – mubarok di desa kacangan kecamatan berbek, kabupaten nganjuk). Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 2(1), 69–75.
Guswarni, N., Louis EdwardV, A., & Sistem Informasi -UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, P. (2022). Model Website Personal Branding Dosen Sebagai Ruang Karya Ilmiah Dan Media Pembelajaran Digital. 6(1), 20–25. https://recursive.id/
Iwik, N. (2022). Perkembangan Museum Airlangga Di Kota Kediri Tahun 1991-2019. 958–963.
Presiden RI. (2005). UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Putri, D. R. D., Fahlevi, M. R., & ... (2022). Pengembangan Personal Website Untuk Meningkatkan Digital Profile Sebagai Personal Branding Berbasis Android. Publidimas …, 2(1), 138–143. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PUBLIDIMAS/article/view/1629
Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746
Rangkuti, N. A., Lubis, F., Handayani, T., & Sigalingging, D. L. (2019). Blog Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 2, 155–160. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38971
Rifai, S. M., Rochim, A. F., & Hidayatno, A. (n.d.). Perancangan website pribadi secara kolektif di fakultas teknik universitas diponegoro. 1–10.
Sekarini, D. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–14.
Wiratama, N. S., Afandi, Z., Budiono, H., & Widiatmoko, S. (2023). Pendampingan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Untuk MGMP Sejarah SMA Kabupaten Kediri. 4, 42–54.
Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1–11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5095/3760
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v7i2.17131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram