PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS REENACTMENT

Ega Millenio Fitrianto, Fahruddin Fahruddin

Abstract


Abstrak: Pembelajaran sejarah para siswa di Indonesia mampu menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Yang biasanya pembelajaran dilaksanakan masih bersifat satu arah, dan pembelajaran yang masih menghafal serta tidak menarik bagi siswa. Penelitian ini mencoba untuk mengkaji pemanfaatan metode reenactment pada siswa untuk mengangkat sejarah lokal masyarakat mengingat banyak yang sekali yang masih belum terungkap. Metode reenactment ini untuk mereka ulang kembali sejarah lewat kegiatan pembelajaran diluar kelas dalam hal ini siswa dituntut untuk memahami, mengetahui, dan mengerti akan sejarah lokal melalui reenactment dengan mereka menampilkan kembali sejarah lokal itu dengan menggali berbagai sumber, lalu dipentaskan dalam sebuah kegiatan impresi histori, teatrikal, dan pembuatan video dokumenter atau video pendek. Serta siswa memahami berbagai atribut dan perlengkapan yang relevan pada zamannya atau sezaman pada masa lalu. Sehingga adanya kesadaran dalam sejarah lokal lewat metode reenactment yang menjadi pembelajaran yang asik dan menyenangkan serta menarik.

 

Abstract:  Students in Indonesia's history learning is able to instill nationalist values. Usually learning is carried out in one direction, and learning is still rote and not interesting for students. This research tries to examine the use of the methodre-enactmentfor students to highlight the local history of the community considering that there is so much that has not yet been revealed. This re-enactment method is for them to recreate history through learning activities outside the classroom, in this case students are required to understand, know and understand local history through re-enactment by re-enacting local history by exploring various sources, then performing it in a historical impression activity, theatrical, and making documentary or short videos. And students understand various attributes and equipment that were relevant in their time or contemporaries in the past. So that there is awareness of local history through the re-enactment method which makes learning fun, enjoyable and interesting.


Keywords


Media Learning; Historical Learning; Lokal History; Reenactment

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, R., Jayusman, & Shokheh, M. (2017). Peran Guru Sejarah dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Ambarawa. Indonesian Journal of History Education, 5(2), 44–51. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe

Amboro, K. (2020). Sejarah Publik Dan Pendidikan Sejarah Bagi Masyarakat. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i1.2420

Budi, Y., Santosa, P., & Irawan, H. (2020). Pembelajaran Sejarah dan Kebebasan Berpikir History Learning and Freedom of Thought. Chronologia, 2(2), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/jhe.v2i2.6102

Carretero, M., Wagoner, B., & Perez-manjarrez, E. (2022). Introduction. Approaching Historical Reenactments. Berghahn Books.

González-González, J. M., Franco-Calvo, J. G., & Español-Solana, D. (2022). Educating in History: Thinking Historically through Historical Reenactment. Social Sciences, 11(6). https://doi.org/10.3390/socsci11060256

Hagijanto, A. D. (2022). Museum Reenactor Arek Ngalam: Simulakra Sejarah Perjuangan Menuju Nasionalisme. Nirmana, 22(2), 115–128. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.115-128

Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 160–166. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p160

Jindan, R. (2022). Peran Edukasi Dalam Pementasan Drama Kolosal Karya Komunitas Roode Brug. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.26740/geter.v4n2.p70-77

Jumardi, J. (2022). Sejarah Lokal dan Public history (Sejarah Bagi Masyarakat). Chronologia, 3(3), 100–107. https://doi.org/10.22236/jhe.v3i3.8921

Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan Kajian Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 6(2), 206. https://doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1817

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037/20201

Muntamah, S., & Seprina, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Berbasis Sejarah Lokal Di SMAN 8 Kota Jambi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 124–137. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24293

Nana Rosana, L. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34–44.

Pageh, I. M. (2019). Tantangan dan Model Pendidikan Sejarah di era Milenial. Seminar Nasional Sejarah ke-4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 2, 267–278.

Pradana, R. J. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Reenactment Dalam Komunitas Penggiat Sejarah Roodebrug Soerabaia. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 71–78. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p071

Sari, A. M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Wardani, D. (2016). Reenactment Nilai-nilai Kepahlawanan Melalui Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Metode Histrionik. Susurgalur, 4(1), 65–78. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/susurgalur.v4i1.773

Yogatama, R. D. (2023). Pemanfaatan Reenactment Dalam Sejarah Publik Dan Pendidikan Sejarah. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 7(1), 47–68. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.1.47-68


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram