Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Revolusi Industri

Firli Nur Afdilla Sirait, Jennifer Halim, Irene Anggreny Br. Manik, Theresia Angeline Luluk, Eni Yuniastuti

Abstract


Abstrak: Dalam konteks pengajaran di sekolah, pemilihan model pembelajaran yang sesuai di tingkat sekolah dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran siswa. Namun, sering kali kita menyaksikan kebingungan para pendidik dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk materi pengajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebuah penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dilakukan, menggunakan berbagai teknik analisis data seperti uji validitas, reabilitas, deskripsi data, normalitas, homogenitas, dan uji-t. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil perbandingan antara kelas eksperimen yang menerapkan metode Problem Based Learning, dengan rata-rata nilai sebesar 77,5, dibandingkan dengan kelas kontrol yang memakai model konvensional dan meraih rata-rata nilai sebesar 67,93. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dianggap lebih efektif dalam memfasilitasi penilaian hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pendekatan ceramah konvensional. Dengan temuan ini sebagai dasar, disarankan kepada para pendidik untuk memilih model pembelajaran yang sesuai, sehingga siswa dapat mengalami proses pembelajaran dengan efektif di dalam lingkungan kelas.

Abstract: In the context of school teaching, choosing an appropriate learning model at the school level can have a significant effect on student learning outcomes. However, we often witness educators' confusion in choosing a suitable learning model for teaching materials. To address this issue, a study with a quantitative descriptive approach was conducted, using various data analysis techniques such as validity, reliability, data description, normality, homogeneity, and t-test. In this study, the results showed a comparison between the experimental class that applied the Problem Based Learning method, with an average score of 77.5, compared to the control class that used the conventional model and achieved an average score of 67.93. Thus, it can be concluded that the problem-based learning model is considered more effective in facilitating the assessment of student learning outcomes when compared to the conventional lecture approach. With these findings as a basis, it is suggested to educators to choose an appropriate learning model, so that students can experience the learning process effectively within the classroom environment.


Keywords


Learning Model; Learning Results; Problem Based Learning.

Full Text:

XML

References


Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam perspektif filsafat ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43.

Arends, R. (1997). Classroom Instructional and Management. New York, Mc Grow Hill Companict Inc.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Desy Triana Dewi Harizah, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Sman 5 Pamekasan. J-Pips (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial).

Devi, P. K., Karyana, S., & Nulhakim, L. (2018). Unit Pembelajaran STEM Mata Pelajaran kimia SMA Kelas XII. SEAMEO Regional Center for QITEP in Science.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructiona; module project based learning.

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43-50.

Maulani, G. (2018). Hubungan Persepsi siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X TGB SMK N 2 Payakumbuh. Cived, 5(1).

Lestari N. A. Lestari et, al. (2023). Model-model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0 . Bandung: Nilacakra.

Rahayu, O. A. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning(Pjbl) Dan Problem Based Learning(Pbl) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6-8.

Salhuteruu J, (2023) Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI.

Sasmita, E. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi .

Sudjana, N. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ibrahim (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulhan, Najib.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 6-7.

Vilhena, de M. J., & Castellar, S. M. V. (2010). Scientific Literacy, Problem Based Learning and Citizenship: a Suggestion for Geography Studies Teaching. Problems of Education in the 21st Century, 19, 119–127.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan mutu pendidikan ditinjau dari segi sarana dan prasarana (Sarana dan prasarana PPLP). Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v9i1.20802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram