Implementasi Literatur Sejarah Lokal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Pendekatan CRT di SMA Negeri 2 Palembang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Implementasi Literatur Sejarah Lokal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Pendekatan CRT di SMAN 2 Palembang”. Latar belakang penulisan didasari pada proses pembelajaran sejarah di lingkungan pendidikan yang terasa kering dan kurang menarik, sehingga kurang memberi ruang yang bermakna pada peserta didik dalam memahami proses pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti merumuskan bagaimana meningkatkan hasil belajar sejarah pada kelas XII 6 SMA Negeri 2 Palembang dengan muatan materi upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekan 1945-1949 menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan literatur sejarah lokal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan desain format lesson study yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan refleksi pada pembelajaran. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan dua tahap siklus penelitian. Dari penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar pada 35 peserta didik dikelas XII 6 SMA Negeri 2 Palembang dari sebanyak rata-rata poin soal jawaban benar dari 75.22% meningkat pada rata-rata poin jawaban benar sebanyak 97.22%.
Abstract: This study is entitled "Implementation of Local History Literature in Improving History Learning Outcomes Using the CRT Approach at SMAN 2 Palembang". The background of the writing is based on the history learning process in the educational environment that feels dry and less interesting, so that it does not provide meaningful space for students to understand the learning process. In this study, the researcher formulated how to improve history learning outcomes in class XII 6 of SMA Negeri 2 Palembang with the material content of the Indonesian nation's efforts to maintain independence from 1945-1949 using the Culturally Responsive Teaching approach with local history literature. This study aims to improve learning outcomes by using the classroom action research (CAR) method and lesson study format design consisting of planning, implementation and reflection on learning. This research design was carried out with two stages of the research cycle. From this study, there was an increase in learning outcomes in 35 students in class XII 6 of SMA Negeri 2 Palembang from an average of 75.22% correct answer points to an increase in an average of 97.22% correct answer points.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27.
Sutrisno. (2016). Berbagai pendekatan dalam pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 29-37.
Asmara. (2019). Pembelajaran sejarah menjadi bermakna dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 106.
Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Fitriani, Utari, & Jannah. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1921.
Utami. (2020). Pemanfaatan digital history untuk pembelajaran sejarah lokal. Jurnal JPSI, 3(1), 57.
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi sejarah (Edisi ke-2, No. 156). PT Tiara Wacana Yogya.
Muyanto, et al. (2014). Pengantar pemikiran-pemikiran antropologi Marxis (No. 35). CV Marjin Kiri.
Daliman, A. (2012). Metode penelitian sejarah (No. 12). Penerbit Ombak.
Sudrajat, A. (2008). Lesson study untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Tersedia di http://akhmadsudrajat.wordpress.com
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v9i2.26537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram