PRODUCTIVE READING ACTIVITY DALAM MEMPELAJARAI SOSIOLOGI DAN LINGUISTIK
Abstract
Abstrak: Productive Reading Activity yang di desain dalam Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi merupakan revolusi pembelajaran Bahasa Inggris dengan mengkombinasikan seluruh skill pembelajaran Bahasa Inggris, yakni berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Hal ini merupakan menjawab danmengarahkan tantangan dunia pendidikan, agar dapat menstimul proses berfikir kritis mahasiswa melalui serangkaian proses pembelajaran berdasarkan pada Higher Thinking Order Skill (HOTS). Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) Pengurangan ketidak efektifan membaca buku saintifik yang dilakukan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan mengubah pemikiran mahasiswa bahwa membaca adalah kegiatan produktif, bukan receptif, (2) Stimulus yang diarahkan pada mahasiswa tidak hanya berfikir kritis tetapi juga membuat mahasisiwa lebih aktif dan kreatif, (3) Productive Reading Activity tidak hanya dapat diaplikasikan oleh dosen dalam subjek pembelajaran sosiologi tetapi seluruh cabang linguistik lainnya.
Abstract: Productive Reading Activity designed in Collaborative Class Action Research is a revolution in English learning by combining all English learning skills, namely speaking, listening, reading, and writing. This is to answer and direct the challenges of education, to be able to stimulate the critical thinking process of students through a series of learning processes based on higher thinking order skills (HOTS). The findings resulting from this study are (1) Reducing the ineffectiveness of reading scientific books carried out by students in the learning process, and changing students' thinking that reading is a productive activity, not receptive, (2) Stimulus directed at students not only critical thinking but also making students more active and creative, (3) Productive Reading Activity can not only be applied by lecturers in sociology learning subjects but all other linguistic branches.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asnawi, K. U. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam Untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi Dan Adaptasi Siswa Di Sekolah. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-01
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Daniel, F. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Fu, Q. K., Lin, C. J., Hwang, G. J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005
James H. Stronge. (2018). Qualities of effective teachers - James H. Journal of Engineering Education Research, 13(6), 348 pages.
Khatri, C., Chapman, S. J., Glasbey, J., Kelly, M., Nepogodiev, D., Bhangu, A., & Fitzgerald, J. E. (2015). Social media and internet driven study recruitment: Evaluating a new model for promoting collaborator engagement and participation. PLoS ONE, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0118899
Khoiriyah, R., Latief, M. A., & Astuti, U. P. (2018). Profile of English Successful Students at Junior High School. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(1), 48–60.
Maemunah, M., Sakban, A., & Rejeki, S. (2020). Implementasi PDS di Perkuliahan untuk meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa Civic Education di Universitas Muhammadiyah Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 1. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1676
Ningrum, A. S. B., Latief, M. A., & Sulistyo, G. H. (2016). The Effect of Mind Mapping on EFL Students’ Idea Development in Argumentative Writing across Gender Differences and Learning Styles. Dinamika Ilmu, 16(1), 149. https://doi.org/10.21093/di.v16i1.296
Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1. ISSN 2442-8485), 27–42.
Rehman, A., & Haider, K. (2013). The Impact of Motivation on Learning of Secondary School Students in karachi: An Analytical Study. Educational Research International, 2(2), 139–147.
Rosiana, C. (2018). On-Going Morphosyntax Supplementary Material. Jurnal Dharma Pendidikan, 13(1), 35–47.
Rosiana, C., & Sujono. (2018a). Analyzed The Students Need to Reduce Ineffective Readers Through Scientific Books. In JURNAL DHARMA PENDIDIKAN (Vol. 13).
Rosiana, C., & Sujono. (2018b). Productive Reading Teachnique to Reduce Ineffective Readers. The 4th National Conference on Language and Language Teaching, 4(1), 76–85.
Suyana, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Preview, Question, Read, State, Dan Test (Pqrst). Jipis, 28(2), 18–24. https://doi.org/10.33592/jipis.v28i2.308
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram