TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING

Ika Lenaini

Abstract


Dalam penelitian kualitatif, komponen yang sangat berarti salah satunya merupakan pemilihan dari responden yang hendak digunakan dalam riset. Semacam halnya dalam riset kuantitatif, dalam riset kualitatif butuh terdapatnya tehnik sampling. Biasanya periset kualitatif kerap memakai tehnik sampling purposif buat memastikan responden yang hendak digunakan dalam riset. Meski kita ketahui kalau masih banyak tipe tehnik samping yang bisa digunakan dalam riset kualitatif.

Fokus ulasan pada makalah ini ialah, metode pengembangan sample purposive serta snowball sampling. Dimana, Sampling Purposif( Purposive sampling) ialah tata cara yang di jalani oleh periset dalam memastikan kriteria menimpa responden mana saja yang bisa diseleksi sebagai sampel. Sebaliknya snowball sampling, ialah Metode sampling dicoba dengan metode memakai data ilustrasi awal buat mengenali ilustrasi yang lain yang penuhi kriteria


Keywords


Penelitian Kualitatif, purposive sampling, snowball sampling, peneliti

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Etikan,Ilker. 2016. Comparison of Convenience Sampling and PurposiveSampling. American Journal of Theoritical and Applied Statistics.

Hakim, A.H.R. & Pramukantoro, J.A. 2013. Pengaruh perpaduan metode pembelajaran snowball throwing dengan talking stick terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Elektro. 1(1): 11-20

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Boston: Pearson Education.

Patton, M. (1990). Qualitative evaluation and research methods. California: Sage Publications

Salganik, M. J., Douglas D. H. (2007). Sampling and Estimation in Hidden Populations Using Respondent‐Driven Sampling. Journal Sociological Methodology, 34(1).

Supriyanto. (2006). Pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 3(1)

Widodo, E., Mukhtar (2000). Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avyrouz.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram