A Virtual Etnography of Male K-Drama Fans on the Social Media X Account @kdrama_menfess
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motif-motif laki-laki pecinta K-drama dalam menggunakan media yaitu akun @kdrama_menfess untuk mengikuti tren yang berkembang tentang K-drama dalam perspektif teori Uses and Gratification yang membagi empat indikator kebutuhan menggunakan media, yaitu diversion (pengalihan), personal relationship (kebutuhan integrasi sosial), personality identity (kebutuhan identitas pribadi), dan surveillance (pengawasan). Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Penelitian ini mengambil lima informan laki-laki dengan memiliki rentang usia 19 hingga 25 tahun. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara melalui online. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification yang dikemukakan oleh Elihu Katz didefinisikan bahwa individu secara aktif mencari media dan konten tertentu untuk mencapai kepuasan atau hasil tertentu. Hasil temuan ini secara keseluruhan, dari keempat motif utama yang diidentifikasi berdasarkan teori Uses and Gratification, motif diversion atau pengalihan merupakan motif yang paling dominan di antara kelima informan laki-laki pecinta K-drama. Bagi mereka, K-drama bukan sekadar hiburan, tetapi juga media untuk melepas penat, mengisi waktu luang, dan mengurangi kesepian terutama saat jauh dari rumah. Lebih dari itu, K-drama berperan sebagai sarana psikologis yang membantu mengatasi stres diwaktu penat.
Abstract: This study aims to explore the motives of male K-drama lovers in using media, focusing on the @kdrama_menfess account and the growing trend of K-drama. The research uses the Uses and Gratification theory, which divides media use needs into diversion, personal relationship, personality identity, and surveillance. The method used is qualitative with a virtual ethnographic approach. Five male informants aged 19 to 25 years participated in the study. Data was collected using online observation and interviews. Uses and Gratifications theory, proposed by Elihu Katz, states that individuals actively seek specific media and content to achieve certain satisfaction or outcomes. The findings show that, among the four main motives identified, diversion is the most dominant for the five male informants who enjoy K-dramas. For them, Korean dramas provide entertainment, a way to relax, fill leisure time, and alleviate loneliness, especially when far from home. Additionally, Korean dramas help them cope with stress during difficult times by serving as a psychological tool.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, H. A. (2023). Analisis Fenomena Korean Wave Terhadap Sikap Fanatisme Pada Remaja Indonesia. Jurnal Psimawa, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2611
Amalia, Y. F., & Tranggono, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Remaja Pada Budaya Korean Pop Di Kota Surabaya. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 299–310. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i2.2278
Ana, N., & Dharma, F. A. (2024). Netnography of Gaya Nusantara’s Communication on Instagram. Al-I’lam : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 8(1), 60–71.
Angelia, D. (2022). Demam K-Drama di Indonesia, Seperti Apa? Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/demam-k-drama-di-indonesia-seperti-apa- PwOqc#:~:text=Mayoritas penonton K-Drama merupakan,lebih tinggi pada yang telah
Azizah, L. M., Zainuri, I., Akbar, A., & Kotijah, S. (2023). Peran Self Identity Terhadap Perilaku Meniru Pada Remaja Penggemar KPOP. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9123–9132. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7376
Cahyono, F. D., & Dharma, F. A. (2023). Virtual Ethnography on Instagram Alter Account Users in a Dramaturgical Perspective [ Etnografi Virtual Pada Pengguna Alter Account Instagram Dalam Perspektif Dramaturgi ]. 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21070/ups.1260
Doko, H. W. A. E. T., Andung, P. A., & Leuape, E. S. (2024). Komunikasi Virtual Penggemar BTS Di Akun Twitter @ARMY_Kupang. Deliberatio: Jurnal Mahasiswa Komunikasi, 4(1), 67– 78. https://doi.org/10.59895/deliberatio.v4i1.243
Fatihah, T. H. (2023). Keharmonian Dalam Keberagaman: Akulturasi Budaya Di Indonesia (Analisis Dampak Korean Wave). The Ushuluddin International Student Conference, 1(2), 1039–1050. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/UInScof2022/manageIssues#future
Frismadewi, R., & Darminto, E. (2022). Hubungan Antara status Identitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Imitasi Budaya K-POP Pada Remaja Pelajar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 281–296. https://doi.org/10.26539/teraputik.621184
Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Irham, D. M., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Pembentukan Identitas Diri Pada Kpopers. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5188
Hine, C. (2001). Virtual Ethnography. Sage Publications Ltd.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Reception Studies or Audience Studies: Uses and Gratifications Research. The Public Opinion Quarterly, 509– 523. http://poq.oxfordjournals.org/
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). The Uses of Mass Communication : Current Perspectives on Gratifications Research. Sage Publications.
Kustiawan, W., Efendi, E., Candra, W., & Zein, P. R. (2023). Dampak Korean Wave (Hallyu) Bagi Budaya Indonesia Sebagai Dampak Dari Globalisasi Media. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 561–569. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP%0ADampak
Maulana, M. R., & Dharma, F. A. (2025). The Phenomenon of Weeb Simp in Vtubers in Perspective Teori Uses and Gratifications (Fenomena Simp Wibu terhadap Vtubers dalam Perspektif Teori Uses dan Gratification). 1–12.
Muhaditia, Narawati, P. C., & Lisnawaty, R. Y. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara : Jurnal Pendidikan, Seni, Sains, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 138–153.
Musrin, L. O., Zanynu, M. A., & Kamil, S. U. R. (2022). Dampak Intensitas Menonton Drama Korea Terhadap Perilaku Komunitas Pencinta Korea. Jurnal Online Jurnalistik, 4(1), 28–37.
Al-I’lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam p-ISSN 2598-8883 | Vol. 9, No 1, September 2025, pp. 10-18 e-ISSN 2615-1243
Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056
Putri, Y., Juniarsih, N., & Komalasari, M. A. (2024). Konstruksi dan Dampak “Drama Korea” Dalam Kehidupan Sosial, Kinerja Akademik, dan Motivasi Karir (Studi Mahasiswi di Kota Mataram). Proceeding Seminar Nasional Mahasiswa Sosiologi, 2(2), 289–305.
Qorib, F., & Olievia, F. (2023). Fenomena dan Pandangan Pria dalam Menonton Drama Korea. Indonesian Social Science Review, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.61105/issr.v1i2.52
Ramadhan, R., Hadi, R., & Fajri, G. S. (2022). Pengaruh Drama Korea terhadap Etika dan Gaya Hidup Mahasiswa Semester VI Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14233–14242.
Safitri, J., Atina, V., & Sudibyo, N. A. (2024). Rancang bangun sistem rekomendasi pemilihan drama korea dengan metode content-based filtering. Infotech : Jurnal Informatika & Teknologi, 5(2), 175–189.
Safitri, M. R. (2025). Pengaruh Terpaan Media Sosial Twitter ( X ) Akun @ kdrama_menfess Terhadap Keputusan Menonton Drama Korea Pada Followers. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Shafwa, A. F., & Sudrajat, A. (2023). Analisis Modernisasi Budaya K-Pop Terhadap Kehidupan Sosial Mahasiswa Kota Surabaya. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 184–191. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.5999
Suciati, T. N., & Puspita, R. (2024). Tiktok Stage: Platformisasi Penggemar, Idola Dan Pertujukan Hiburan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(2), 432–445. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.52423/jikuho.v9i2.209
Tarsiah, S. K., Hamda, E. F., Dewi, R., & Saprijal. (2023). Fenomena korean wave (gelombang Korea) pada mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa perguruan tinggi al washliyah dan mahasiswa Universitas Bina bangsa Getsampena Banda Aceh). Jurnal Tanah Pilih, 3(1), 27– 38.
Tumiwa, V., Batubara, M. Z., Stephani, G., Sembiring, L. A., & Novelitina, J. (2024). Gejolak Budaya Korea Melalui K-Pop Dan Drama Korea Terhadap Kehidupan Mahasiswa Universitas Palangka Raya. JISPAR: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(1), 302–311.
Wakas, J. E., & Wulage, M. B. N. (2021). Analisis Teori Uses And Gratification: Motif Menonton Konten Firman Tuhan Influencer Kristen Pada Media Sosial Tiktok. Tepian: Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen, 1(1), 25–44.
Wardani, S. F., & Azwar. (2024). Fenomena Pemanfaatan Media Sosial Makeup Style dalam Mengadopsi Korean Wave. Jurnal Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(2), 554–564. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i2.36583
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v9i1.35281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anisa’ Fadilatus Sa’diah, Ferry Adhi Dharma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: