WORKSHOP PEMBUATAN MODUL AJAR DENGAN CANVA DAN CHATGPT BAGI GURU MTS INSAN CITA MORU

Mukmin Amsidi, Rizal Pasoma Plaikari, Musrifa Peka, Rachadad Najmal Akbar, Dewi Yanti Mauring

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Perkembangan teknologi digital menuntut adanya metode pembelajaran yang inovatif, visual, dan interaktif. Tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru, khususnya di MTs Insan Cita Moru, masih mengalami kesulitan dalam menyusun modul ajar berbasis teknologi. Analisis situasi tersebut menjadi dasar pentingnya kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dari workshop adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat modul ajar digital dengan memanfaatkan dua platform, Canva dan ChatGPT. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka selama satu hari penuh dengan metode ceramah, praktik langsung, dan evaluasi produk. Mitra sasaran adalah delapan guru MTs Insan Cita Moru dengan latar belakang mata pelajaran yang beragam. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi peserta, di mana 88% mampu menggunakan Canva untuk menyusun modul ajar visual, dan 75% mampu menggunakan ChatGPT untuk membuat konten pembelajaran. Setiap guru berhasil menghasilkan satu modul ajar digital sebagai produk akhir. Hasil wawancara juga mengonfirmasi bahwa seluruh peserta menilai kegiatan sangat bermanfaat, relevan dengan kebutuhan mereka, serta membantu implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti mendukung peningkatan kapasitas guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

 

Kata kunci: Canva; ChatGPT; Modul Ajar Digital

 

ABSTRACT

The development of digital technology requires the adoption of innovative, visual, and interactive learning methods. However, the reality shows that many teachers, particularly at MTs Insan Cita Moru, still face difficulties in creating technology-based teaching modules. This situation analysis underlines the urgency of community service activities. The main purpose of this workshop was to improve teachers’ skills in developing digital teaching modules using two platforms, Canva and ChatGPT. The program was conducted face-to-face for one full day through lectures, hands-on practice, and product evaluation. The target partners were eight teachers from MTs Insan Cita Moru with diverse teaching backgrounds. The results indicated a significant improvement in participants’ competencies, where 88% successfully used Canva to design visual teaching modules, and 75% were able to use ChatGPT to generate learning content. Each participant produced one digital teaching module as the final outcome. Interview results also confirmed that all participants found the workshop highly beneficial, relevant to their needs, and supportive of implementing the Merdeka Curriculum. Therefore, this activity effectively enhanced teachers’ capacity to face educational challenges in the digital era.

 

Keywords: Canva; ChatGPT; Digital Teaching Module

Keywords


Canva; ChatGPT; Modul Ajar Digital

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Ramadani, A. F., & Wulandari, A. E. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. 3, 388–401.

Anggrasari, L. A., & Madiun, U. P. (2020). zzzPenerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. 10(September), 248–256. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493

Arsyad, A. (2021). Media pembelajaran (4th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hidayah, R. T., Iskamto, D., & Putri, R. K. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Dengan Canva dan Kahoot! Pada MTs Qirotussab’ah Kudang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i2.609

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Karwanto. (2023). Optimalisasi pemanfaatan teknologi pembelajaran (1st ed.). Tulungagung: Akademia Pustaka.

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2(20), 1121–1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Maulidya, G. P., & Afifah, N. (2021). Perbankan dalam era baru digital: Menuju Bank 4.0. Proceeding Seminar Bisnis Seri V, 278–288.

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Purba, D. P. B. (2025). Pendidikan di era digital: Tantangan bagi generasi Z (1st ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783

Srimuliyani. (2023). EDUCARE : Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 29–35.

Zahroh, N. V. A. S. (2025). All Fields of Science J-LAS All Fields of Science J-LAS. 5(3), 18–26.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.32502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.