Meningkatkan literasi keuangan anak melalui program gemar menabung di SDN 5 Lalang Sembawa

Aling Palinggau, Shena Narqis Almaidah, Arif Kurnia Eriin, Komang Dian Prasna

Abstract


Abstrak

Rendahnya literasi keuangan pada anak usia Sekolah Dasar menjadi tantangan dalam kesadaran pengelolaan keuangan sehat sejak dini. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan menumbuhkan kesadaran dan disiplin keuangan sejak dini pada siswa SDN 5 Sembawa. Peserta pada kegiatan ini sebnayak 50 siswa diLalang Sembawa. Metode pembelajaran yang digunakan mencakup berbagai media menarik, kreatif, interaktif, dan sesuai dengan tahap perkembangan usia anak. Siswa diajak menonton video animasi interaktif yang menyajikan konsep dasar keuangan secara sederhana, dilanjutkan dengan presentasi yang komunikatif, jelas, dan mudah diikuti. Puncak kegiatan adalah sesi pembuatan celengan kreatif yang menggabungkan unsur edukasi dengan keterampilan seni, menjadikan konsep menabung lebih konkret, menyenangkan, dan membekas dalam ingatan anak-anak. Pendekatan ini memungkinkan siswa mempelajari teori sekaligus mempraktikkannya secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peserta memahami manfaat menabung dan menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sebanyak 89% peserta menyatakan siap ingin memulai kebiasaan menabung di rumah dengan celengan yang telah dibuat.

 

Kata kunci: gemar menabung; kreasi celengan; kreativitas; kesadaran menabung; literasi keuangan.

 

Abstract

Low financial literacy among elementary school-aged children presents a challenge in fostering awareness of healthy financial management from an early age. This outreach activity aimed to foster early financial awareness and discipline among students at SDN 5 Sembawa. Fifty students in Lalang Sembawa participated in the activity. The learning method used included a variety of engaging, creative, interactive media, and developmentally appropriate materials. Students were invited to watch an interactive animated video that presented basic financial concepts in a simple manner, followed by a communicative, clear, and easy-to-follow presentation. The activity culminated in a creative piggy bank-making session that combined educational elements with artistic skills, making the concept of saving more concrete, fun, and memorable for the children. This approach allowed students to learn theory while simultaneously practicing it directly. The results showed that participants understood the benefits of saving and fostered a sense of responsibility. 89% of participants stated that they were ready to implement the habit of saving at home with the piggy banks they had created.

 

Keywords: fond of savings; piggy bank creations; creativeness; savings awareness; financial literacy.


Keywords


fond of savings; piggy bank creations; creativeness; savings awareness; financial literacy.

Full Text:

PDF

References


Ardiana, M., & Unesa, P. (2016). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Siswa Smk Se Kota Kediri. Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau, 16(2), 39–55. file:///C:/Users/User/Downloads/KONTROL_DIRI_PENDIDIKAN_PENGELOLAAN_KEUANGAN_KELUA.pdf

Denny et al. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JURNAL DAMARWULAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 508.

Fujiarti at al. (2024). Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Dengan Membuat Celengan Sendiri Guna Menambah Minat Anak Dalam Menabung Di Sd Negeri 07 Gunung Megang Muara Enim. Karya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–45. https://doi.org/10.70656/kjpm.v1i1.21

Khairiyyah, N. (2025). Peta Literasi dan Inklusi Keuangan 2025: Siapa Paling Melek Finansial di Indonesia? Pojoksatu. https://www.pojoksatu.id/nasional/1085966278/peta-literasi-dan-inklusi-keuangan-2025-siapa-paling-melek-finansial-di-indonesia

Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan Menabung Sejak Dini di Rowosari. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 27–32. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/4804

Mocahmad at al. (2024). Meningkatkan Minat Menabung Sejak Dini Kepada Siswa Desa Biru Kecamatan Majalaya.

Mogelea, B., Setyaningsih, D., Sucihati, M., Wakulu, P. R., & Budiarti, E. (2023). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1029 Edukasi Menabung dalam meningkatkan Literasi Finansial Anak Usia Dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(2), 1029–1038. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Muharrom, G. M., Mukaromah, G. N., Dian, H. A., Ulfiah, N. S., Fanhas, E., & Khomaeny, F. (2019). Menanamkan Sikap Bersahaja pada Anak Usia Dini dengan Pembiasaan Menabung. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 3(1), 1–11.

Ramadhan, M., Agustina Putri, S., Fitriani, A., Shalsabilla, Y., Kunci, K., & Sosialisai, K. (2024). Meningkatkan Minat Menabung Sejak Dini Kepada Siswa Desa Biru Kecamatan Majalaya. https://rjuwm.id/index.php/toewijding

Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, & Andila, A. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Hi-Tech, 1(1), 118–131. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech/article/view/4428/pdf

Roisiyatin et al. (2024). Socialization Of The Community ’S Savings Movement From An Early Age With Creativity Training In Making Used Bottle. Qardhul Hasan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 162–171.

Sigit et al. (2024). Sosialisasi Menabung Sejak Dini dan Membuat Celengan dari Botol dan Karton Bekas di SD Inpers Werwaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(1), 82–87. https://doi.org/10.59025/js.v3i1.195

Siska at al. (2024). Pendekatan Interaktif dalam Edukasi Menabung untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa di SB Kampung Bharu Malaysia. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 273–281. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.846

Syaiful, S., Suwarno, S., Perdana, A., & Aris, A. (2020). Gerakan Menabung Sejak Dini Dengan Media Bahan Bekas Sebagai Aplikasi Kreatif Celengan Anak Bersama Siswa Siswi Sdn Wotansari Balongpanggang – Gresik. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(1), 166. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1200




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: