Optimalisai agrowisata guna meningkatkan pemasaran hasil pertanian melalui e-market place Desa Plumbon
Abstract
Abstrak
Desa Plumbon memiliki potensi besar di sektor pertanian, namun masih menghadapi kendala dalam pemasaran produk secara berkelanjutan dan berbasis digital. Kondisi tersebut menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal melalui pengembangan agrowisata pertanian dan penerapan E-Marketplace sebagai sarana pemasaran digital produk hasil tani dan UMKM. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatif meliputi sosialisasi, pelatihan, dan praktik langsung yang melibatkan kelompok tani, karang taruna, pelaku UMKM, dan pemangku kepentingan lainnya. Analisis potensi desa dilakukan untuk merumuskan strategi pengembangan agrowisata yang terintegrasi dengan digitalisasi ekonomi lokal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan sosial positif antara lain peningkatan partisipasi masyarakat, terbentuknya kolaborasi antar kelompok warga serta peningkatan kesadaran terhadap pentingnya inovasi teknologi dalam pengelolaan usaha desa. Selain itu, implementasi website E-Marketplace terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pemasaran produk pertanian dan kuliner khas Desa Plumbon. kegiatan pengabdian ini memberikan sinergi antara pengembangan agrowisata dan penerapan teknologi digital yang memiliki peran dalam menciptakan keberlanjutan ekonomi desa serta memperkuat daya saing produk lokal di era transformasi digital.
Kata kunci: agrowisata; desa plumbon; e-marketplace; pertanian; pariwisata.
Abstract
Plumbon Village has significant potential in the agricultural sector but still faces challenges in achieving sustainable and digitally based product marketing. This condition formed the basis for implementing a communitu service program aimed at enhancing the village’s local economic potential through the development of agricultural agrotiurism and the adoption of an E-Marketplace as a digital marketing platform for agricultural product and local MSMEs. This program employed a participatory approach, which included outreach activities, training, and hands-on practice involving farmer groups, youth organizations, MSME actors, and other stakeholders. A village potential analysis was conducted to formulate strategies for developing agrotourism integrated with the digitalization of the local economy. The results indicate social changes, including increased community participation of technological innovation in managing village enterprises. In addition, the implementation of the E-Marketplace website has proven effective in expanding the market reach of Plumbon Village’s agricultural and culinary products. This community service initiative demonstrates a synergy between agrotourism development and digital technology adoption, contributing to sustainable village economic growth and strengthening the competitiveness of local products in the era of digital transformation.
Keywords: agroturism; agriculture; e-marketplace; plumbon village; tourism.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Airlangga, P., Harianto, & Hammami, R. A. (2020). Pembuatan dan Pelatihan Pengoperasian Website Desa Agrowisata Gondangmanis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–12. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimasif.v1i1.1046
Amelia, L., Susilawati, N., Hendra, M. D., Syafrini, D., Permata, B. D., & Saputri, F. (2025). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial & Sosialisasi Agrowisata di Nagari Batu Bajanjang Solok. 7, 310–315. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1019
Anwar, I. I., Sulistiyono, H., & Salmah, E. (2024). Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana Agrowisata Bale Anggur di Kawasan Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Wicara Desa, 2(September), 371–379. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/wicara.v2i5.5561
Hamid, N., Ningsih, D. Y., & Riyadi, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Agrowisata Salak Wedi. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(3), 247–260. https://doi.org/10.57254/eka.v1i3.9
Imran Ilyas, Masyitah As Sahara, Aulia Dewi Gizta, Framugia Cahyo Laksono, Aldi Kurniawan, Rofi Khotullumah Hersadillah, … Isihati Telaumbanua. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran, Digital Marketing Melalui E-Commerce Dan Marketplace Umkm Toapaya Utara. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 1449–1454. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i7.6947
Mubarak, M. S., Tadulako, U., Satria, W., & Kuala, U. S. (2024). The Role of Human Capital , and Demographic Bonus on The Economic Growth of Jawa Barat Province : a Solow-Swan Theory Approach. Jurnal Ekonomi Pembangunan (JEP), 13(2), 28–41. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jep.v13i2.3522
Mustofa, D., Nurfaizal, Y., Innolda, D., & Al Azhar, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Market Place sebagai Media Pemasaran Online di Paguyuban Tanaman Hias Desa Ciberem untuk Memperluas Pemasaran di Era Pandemi. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–49. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.230
Nihayah, A. N., Prasetyo, P. E., & Nihayah, D. M. (2025). Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Peningkatan Sektor Pertanian melalui Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v5i1.5561
Purwawangsa, H., Susanto, S., Kosmaryadi, N., Nasrulloh, M. W., & Fiki, A. (2025). Inovasi Pengembangan Ekosistem Bisnis Pedesaan Melalui Komoditas Jambu Kristal di Desa Cihideung Udik Kabupaten Bogor ( Development of Rural Business Ecosystem Through Cristal Guava Commodity in Cihideung Udik Village , Bogor Regency ). 11(1), 166–176. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/agrokreatif.11.1.166-176 Maret
Putri Maulida, Muryani Muryani, & Andhita Risko Faristiana. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Pertanian Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Kabupaten Madiun. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 349–365. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1650
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34345
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















