Peningkatan kuantitas, kualitas dan pemasaran produk berbasis teknologi pada kelompok tani Desa Sambik Bangkol
Abstract
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. UMKM di Desa Sambik Bangkol terdiri dari beragam usaha, seperti pembuatan kripik talas, mie berbahan dasar talas, pengolahana biji kopi, biji kakao dan lain-lain. Permasalahan dalam mengembangkan usaha, terutama menyangkut pemasaran produk yang hanya dijual dilingkungan sekitar atau menerima pesanan. Metode yang digunakan berfokus pada aspek-aspek spesifik sesuai dengan permasalahan dan solusi antara lain : (1) Tahapan Kegiatan, (2) Partisipasi Mitra, (3) Evaluasi Pelaksanaan Program, (4) Evaluasi Hasil Penyelesaian Permasalahan Pemasaran. Hasil dalam pengabdian ini antara lain : (1) Peningkatan kuantitas produksi kripik, (2) Peningkatan Kuantitas produksi mie sehat, (3) Kualitas keripik talas dan mie sehat sesuai dengan standar BPOM, (4) Meningkatkan profit Kelompok Wanita Tani Melati Putih. Dari pelaksanaan pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan, pelaku usaha UMKM desa Sambik Bangkol mendapatkan pengetahuan sistem pemasaran dengan digital marketing yaitu memanfaatkan teknologi seperti media sosial facebook, instagram, tiktok, shopee. Kesimpulannya bahwa pemahaman strategi digital marketing, pemasaran media sosial, dapat meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah. Secara keseluruhan, program ini memberikan solusi nyata bagi permasalahan mitra dan berkontribusi pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Sambik Bangkol.
Kata kunci: UMKM; kelompok wanita tani; pemasaran digital; Sambik Bangkol.
Abstract
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are a form of small community business that plays a very important role in reducing the unemployment rate in Indonesia. MSMEs in Sambik Bangkol Village consist of various businesses, such as making taro chips, taro-based noodles, processing coffee beans, cocoa beans and others. Problems in developing businesses, especially regarding marketing products that are only sold in the surrounding environment or receiving orders. The method used focuses on specific aspects according to the problems and solutions, including: (1) Activity Stages, (2) Partner Participation, (3) Evaluation of Program Implementation, (4) Evaluation of Marketing Problem Solving Results. The results of this service include: (1) Increasing the quantity of chip production, (2) Increasing the quantity of healthy noodle production, (3) The quality of taro chips and healthy noodles according to BPOM standards, (4) Increasing the profits of the White Melati Women Farmers Group. Through the training and mentoring provided, MSMEs in Sambik Bangkol Village gained knowledge about digital marketing systems, utilizing technology such as Facebook, Instagram, TikTok, and Shopee. The conclusion is that understanding digital marketing strategies and social media marketing can improve the performance of small and medium enterprises. Overall, this program provides real solutions to partner challenges and contributes to improving the well-being of the community in Sambik Bangkol Village.
Keywords: MSMEs; women’s farmer group; digital marketing; Sambik Bangkol
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2020). Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan. Community Empowerment, 6(1), 64–70. https://doi.org/10.31603/ce.4378
Dr. Marissa Grace Haque-Fawzi, S.H., M.Hum., M.B.A., M.H., M., Dr. Ahmad Syarief Iskandar, SE., M., Dr. Heri Erlangga, S.Sos., M. P., DR. Ir. H. Nurjaya., SE., M., & Denok Sunarsi, S.Pd., M. M. Ch. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In D. A. Putri (Ed.), Pascal Books. Banten: Pascal Books.
Hariyono, D. F., Dyah, I., & Paramitha, D. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Mikro Ud. Al Mubarokah Pare. Senma, 1(1), 1–12.
Imanda, Y. L., Indriani, M., Fatoni, A., & Natasia Rahajeng, V. (2023). UJI EFEK ANTIDIABETES EKSTRAK ETANOL UMBI TALAS (Colocasia esculenta L.) PADA TIKUS PUTIH JANTAN YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Jurnal Ilmiah Bakti Farmasi, 8(2), 71–79. https://doi.org/10.61685/jibf.v8i2.107
Jannah, B. N. (2020). Analisis fiqh muamalah terhadap jual beli material Rumah Tahan Gempa (RTG) antara aplikator dan pokmas di Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Barat. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM MATARAM.
Lisan, F. M., Nyoman Putri Utami, N., Riski Andini, M., Bisri, D., Yauma Putri Fara Diba, A., Aini, W., … Muthahanas, I. (2023). Inovasi produk pengolahan kopi susu gula aren serta strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa Sambik Bangkol Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 179–184.
Muharam, H., Gursida, H., Hasyim, W., Daryono, & Ramdan, M. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Umkm Di Tajur Halang Kab. Bogor. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 3(5), 28–33.
Pratiwi, A. A., Suranto, S., Nurgiyatna, N., Musabbikha, M., & Sofyan, A. (2024). Pendampingan Pelatihan Aplikasi Media Sosial Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Batik Av Production. JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, 5(2), 105–115. https://doi.org/10.47942/jpttg.v5i2.799
Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02), 063–068.
Rahmawati. (2015). Karakterisasi pati talas (Colocasia Esculenta (L.) Schott) sebagai alternatif sumber pati industri di indonesia. Jurnal Teknologi Kimia Dan Industri, 1(1), 348–351.
Rudiawan, H., Kunci, K., & Produksi, M. (2021). Peranan Manajemen Produksi dalam Menyelaraskan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(2), 66.
Sarwindah, S., Laurentinus, L., Rizan, O., & Hamidah, H. (2021). Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 65–69. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.338
Surya, A. (2021). Analisis Faktor Penghambat Umkm Di Kecamatan Cileungsi. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 342–350. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.354
Syamsurrijal, S., Ardian, J., Naufali, M. N., Latif, K. A., Saloko, S., Putra, G. M. D., & Hadi, A. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Mie Sehat Sebagai Pangan Alternatif untuk Mencegah Stunting di Desa Sambik Bangkol. Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 5(3), 173–178. https://doi.org/10.51673/jaltn.v5i3.2301
Tajuddin, M., Anas, A. S., Muhid, A., & ... (2025). Pendampingan Dan Pelatihan Digital Marketing UMKM Desa Batu Asak-Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian …, 6(1), 722–729.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35375
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















