Optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan pembelajaran kreatif, inovatif, dan modern menuju generasi emas indonesia

Ansar CS, Tiffany Shahnaz Rusli, Desy Anita Karolina Sembiring, Nasruddin Nasruddin, Hakim Irwandi Marpaung, Christitia Mia, Vani Tabuni, Supriyanto Supriyanto, Sumitra Sumitra, Miftah Fariz Prima Putra

Abstract


Abstrak

Perkembangan dunia Pendidikan telah memasuki zaman teknologi, sehingga sebagai seorang guru harus bisa menghadapi tantangan dalam tuntutan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dengan metode pembelajara yang inovatif, kreatif, dan modern berbasis teknologi. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah (1) kurangnya pengetahuan dan keterampilann dalam mencari bahan ajar yang efektif; (2) Kesulitan dalam membuat materii ajar yang kreatif; dan (3) minimnya keterampilan dalam membagikan materi pembelajaran secara online. Hal ini menghambat terciptanya pembelajaran yang relevan dengan tuntutan era digital. Tujuan Kegiatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PJOK dengan meningkatkan kapasitas guru dalam menemukan, menciptakan, dan mendistribusikan materi ajar digital yang kreatif dan inovatif. Mitra Sasaran yaitu MGMP PJOK SMP Kabupaten Jayapura sebanyak 23 orang. Metode pelaksanaan terdiri atas 6 tahap yaitu (1) Sosialisasi atau FGD untuk mendalami masalah; (2) Pemaparan Materi untuk membangun fondasi teori; (3) Pelatihan penggunaan tools digital; (4) Praktik langsung membuat media ajar; (5) pendampingan intensif; dan (6) Evaluasi untuk mengukur capaian. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengikuti semua tahapan dengan tingkat partisipasi 100 %. Secara angket pretetst dan posttest bahwa Kemampuan guru meningkat signifikan, baik dalam teori (91%) maupun praktik (96%) membuat dan membagikan materi digital.

 

Kata kunci: pembelajaran; berbasis teknologi; generasi emas

 

Abstract

The development of the world of education has entered the technological era. Therefore, as a teacher, one must be able to face the challenge of meeting the demands to improve children's knowledge and skills through innovative, creative, and modern technology-based learning methods. The main identified problems are: (1) a lack of knowledge and skills in finding effective teaching materials; (2) difficulties in creating creative teaching materials; and (3) limited skills in distributing learning materials online. This hinders the creation of learning relevant to the demands of the digital era. The activity's objective is to optimize the use of technology in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning by enhancing teachers' capacity to discover, create, and distribute creative and innovative digital teaching materials. The target partners are 23 members of the PJOK Subject Teachers' Forum (MGMP) for Junior High Schools in Jayapura Regency. The implementation method consists of 6 stages: (1) Socialization or FGD to delve into the problems; (2) Material Presentation to build a theoretical foundation; (3) Training on using digital tools; (4) Hands-on practice in creating teaching media; (5) Intensive mentoring; and (6) Evaluation to measure achievements. The results show that all participants took part in every stage with a 100% participation rate. Based on pre-test and post-test questionnaires, teacher competency increased significantly, both in theory (91%) and practice (96%), in creating and distributing digital materials.

 

Keywords: learning; technology-based; golden generation


Keywords


learning; technology-based; golden generation

Full Text:

PDF

References


Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Mengajar. 1(2), 94–111. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Awon, robertus adi sarjono; D. (2024). Pengantar ilmu pendidikan (teori dan inovasi peningkatan SDM).

AYUNI PUSPITA SARI. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE DENGAN BANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI IPA SMAN 1 BATIPUH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR, (S 1).

CS, A., & Ade Yuni Sahruni. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184–187. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688

Guntoro, Tri Setyo & CS, A. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT VIDEO PENDUKUNG. Journal of Community Empowerment, 1(2003), 75–81.

Khoiru N., M. I. (2016). Pengaruh penerapan information and communication technology (ICT) sebagai core process dan supporting process dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 dan SMAN 8 Kota Malang.

Larung, E. Y. P., Mandosir, Y. M., Muhammad, J., Hidayat, R. R., Sinaga, E., Putra, M. F. P., … Mia, C. (2024). Pengaruh Intervensi Program Olahraga Terhadap Peningkatan Self-Esteem Pada Siswa Smp Muhammadiyah Kota Jayapura Tahun 2024. Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 3(2), 393–403. https://doi.org/10.31316/ijst.v3i2.7599

Mashudi. (2021). Pembelajaran Modern : Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 93–114.

Novianto, V., & Safitri, A. E. (2019). Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

Paramita, A. (2013). TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM PENELITIAN KUALITATIF ( Focus Group Discussion Tehnique in Qualitative Research ). 16(2), 117–127.

Rusli, T. S. dkk. (2024). STRATEGI PENGABDIAN MASYARAKAT. In Ansar CS (Ed.), metodologi pengabdian kepada masyarakat (pertama, pp. 63–76). Kab. Pidie Provinsi Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suprayogi, S., Samanik, S., & Chaniago, E. P. (2021). Penerapan Teknik Mind Mapping , Impersonating dan Questionning dalam Pembelajaran Pidato di SMAN 1 Semaka. 02(01), 33–39.

Ula, M., Multazam, T., Hatta, M., & Nasution, F. A. (2024). PKM Pendampingan Monitoring Pengukuran Kualitas Air Laut Menggunakan Baumemeter di Kecamatan Dewantara. 3(1), 130–137.

Wahyudin, W., Hasanuddin, H., Syahruddin, S., & CS, A. (2023). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMK Negeri 1 Kabupaten Sinjai. JURNAL OLAHRAGA PAPUA, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.31957/jop.v5i1.3954




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: