Pengenalan Budaya Sulawesi Selatan dalam Kegiatan Modul Nusantara Pada Program PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) Batch 4
Abstract
Abstrak
Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman ras, suku, agama, serta budaya. Generasi muda yang lebih menyukai budaya barat terlihat lebih gaul daripada budaya kita sendiri, merupakan salah satu permasalahan pengenalan budaya. Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mengembangkan kurikulum dan keterampilan non-teknis. Kerja sama antar perguruan tinggi dapat mengurangi disparitas kualitas yang signifikan antar perguruan tinggi di Indonesia. Program MBKM merupakan kebijakan pemerintah bertujuan memiliki pengalaman belajar lintas kampus. Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang memberikan kebijakan perguruan tinggi untuk memberikan kebebasan kepada Mahasiswa/i untuk mencari pengalaman belajar di luar program studinya. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa/i belajar di perguruan tinggi lain untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa/i yang mengikuti program PMM. Subjek atau sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yaitu mahasiswa/i PMM Angkatan 4 sebanyak 16.250 mahasiswa/i. Kegiatan Modul Nusantara terdiri dari kegiatan kebhinekaan, refleksi, inpirasi, dan kontribusi sosial. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan Modul Nusantara, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa/i mengenai pengenalan budaya Sulawesi Selatan dalam Meningkatkan toleransi budaya. Metode pelaksanaan kegiatan Modul Nusantara melalui pendampingan oleh Dosen Modul Nusantara (DMN) dan Liaison Officer (LO). Adapun hasil kegiatan dicapai, sebagai berikut: kunjungan ke tempat obyek wisata sejarah dan peribadatan, pemutaran film khas Kota Makassar, kajian naskah kuno, menelusuri sejarah dan peninggalan Raja-Raja Gowa, kuliner nusantara, dan eksplorasi budaya dan kunjungan ke berbagai obyek wisata.
Kata kunci: kegiatan; budaya; kebhinekaan; mahasiswa/i; dan modul nusantara.
Abstract
Indonesia is known as a country rich in racial, ethnic, religious, and cultural diversity. Cooperation between universities can reduce the significant disparity in quality between universities in Indonesia. The MBKM program is a government policy that provides universities with the freedom to study at universities. The Independent Student Exchange Program (PMM) is a student exchange program for students studying at other universities in Indonesia. The Nusantara Module is one of the compulsory courses for students participating in the PMM program. Nationally, the participants of the PMM Batch 4 Program were 16,250 students. The Nusantara Module activities consisted of diversity activities, reflection, inspiration, and social contribution. This study aims to examine the Nusantara Module Activities, which are expected to increase students' understanding of the Introduction to South Sulawesi Culture. Community Service uses qualitative descriptive research. The Nusantara Module activities were accompanied by the Nusantara Module Lecturer (DMN) and Liaison Officer (LO). The results of the implementation are as follows: visits to historical and religious tourist attractions, screening of films typical of Makassar City, study of ancient manuscripts, exploring the history and heritage of the Kings of Gowa, Indonesian culinary, and cultural exploration and visits to various tourist attractions.
Keywords: activities; culture; diversity; students; and nusantara module.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kasdriyanto, D. Y., & Sriwijayanti, R. P. (2024). Implementasi Modul Nusantara dalam meningkatkan toleransi mahasiswa antar budaya melalui program pertukaran mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(5). Jakarta: Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI).
Lestari, A., & Syafril, M. (n.d.). Modul Nusantara dalam meningkatkan wawasan kebhinekaan mahasiswa: Studi kasus pertukaran mahasiswa dalam negeri di Institut Pertanian Bogor. ABDIKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, 2(1).
Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nursyafitri, A. (2024). Modul Nusantara program pertukaran mahasiswa merdeka: Kontribusi sosial mahasiswa melalui pengenalan budaya dan adat istiadat masyarakat setempat guna melestarikan kebudayaan Indonesia. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM), 1(4).
Pratama, M. A. P., & Dagong, M. I. A. (2025). Kontribusi sosial melalui program pertukaran mahasiswa merdeka angkatan 2 di Desa Babakan, Dramaga, Bogor. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3535–3544. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2568
Purba, F. P., Barus, D. S. B., & Purba, I. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar angkatan 1 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Rafly, M., & Nurcholis, I. A. (2024). Manfaat program pertukaran mahasiswa merdeka 4 (PMM) saat pelaksanaan Modul Nusantara di Universitas Padjadjaran. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 898–907. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1896
Rahma, Abd., Haling, H., & Febriati, F. (2025). Deskripsi pelaksanaan Modul Nusantara untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa teknologi pendidikan setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3).
Royyana, M. D., Putri, R. R. T. K., & WardanaHadari, N. (2003). Metode penelitian bidang sosial. Gadjah Mada University Press.
Royyana, M. D., Putri, R. R. T. K., Wardana, L. A., Yulian, D., Kasdriyanto, & Sriwijayanti, R. P. (n.d.). Implementasi Modul Nusantara dalam meningkatkan toleransi mahasiswa antar budaya melalui program pertukaran mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(5).
Silalahi, J., Munthe, B., Wulan, E. P. S., Napitupulu, K., Tambunan, W. G., & Raja, R. A. L. (2023a). Analisis kegiatan Modul Nusantara dalam meningkatkan rasa toleransi kebudayaan pada mahasiswa PMM inbound UKI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Silalahi, J., Munthe, B., Sihite, T., Sitanggang, T. R., & Tampubolon, S. R. (2023b). Manfaat program pertukaran mahasiswa merdeka melalui Modul Nusantara dan semboyan “Bertukar sementara, bermakna selamanya”. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2).
Simanjuntak, N., Manik, K. B., & Sihombing, P. (2023). Dampak Modul Nusantara terhadap mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(4). Bandung: Universitas Insan Cendekia Mandiri.
Simarmata, B. P., Safna, N. A., Siringo-Ringo, M. B., & Sipayung, K. T. (2023). Peran mata kuliah Modul Nusantara dalam mengenal ritual Kololi Kie pada masyarakat adat Kesultanan Ternate melalui program pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2). Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Wulandari, D., & Yuniarti, N. (2024). Sosialisasi dan pelatihan pembuatan souvenir pada masyarakat di kawasan wisata Geopark Rammangrammang Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(3). Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.36419
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















