Pendampingan bahasa inggris dan konten digital bagi anggota pokdarwis sebagai upaya mendukung promosi pariwisata Pantai Impos

Etika Ariyani, Ilham Ilham

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan pembuatan konten digital bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Impos sebagai upaya mendukung promosi pariwisata berbasis masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2025 di kawasan Pantai Impos, Kota Mataram, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang berusia 25–45 tahun. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif (participatory training method) yang menggabungkan penyampaian materi, simulasi percakapan (role play), praktik pembuatan konten digital, dan evaluasi menggunakan kuesioner skala Likert. Materi pelatihan mencakup bahasa Inggris dasar untuk pelayanan wisata dan teknik fotografi serta penulisan caption promosi sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam menggunakan ungkapan dasar bahasa Inggris untuk melayani wisatawan asing serta meningkatnya keterampilan mereka dalam menghasilkan konten digital yang menarik. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta memberikan respons “sangat setuju” terhadap efektivitas kegiatan. Kegiatan ini terbukti berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata lokal dan memperkuat semangat kolaborasi antaranggota Pokdarwis. Secara keseluruhan, program ini berhasil mendorong pemberdayaan masyarakat pesisir melalui penguasaan bahasa dan literasi digital yang relevan dengan kebutuhan industri pariwisata modern.

 

Kata kunci: Pelatihan bahasa Inggris; konten digital; Pokdarwis; promosi pariwisata; Pantai Impos

 

Abstract

This community service activity aimed to enhance the English communication skills and digital content creation abilities of the members of the Tourism Awareness Group (Pokdarwis) at Impos Beach as part of efforts to strengthen community-based tourism promotion. The activity was conducted on September 20, 2025, at Impos Beach, Mataram City, involving 30 participants aged 25–45 years. The program adopted a participatory training method that combined lectures, role-play simulations, hands-on digital content practice, and evaluation using a Likert-scale questionnaire. The training materials covered basic English for tourism services and simple techniques in photography and caption writing for social media promotion. The results indicated significant improvement in participants’ ability to use basic English expressions to communicate with foreign visitors, as well as in their skills to produce appealing digital promotional content. The evaluation showed that over 70% of participants strongly agreed that the activity was effective and relevant to their needs. This community service successfully contributed to strengthening local tourism human resources, fostering collaboration among Pokdarwis members, and promoting community empowerment through language proficiency and digital literacy aligned with the needs of modern tourism development.

 

Keywords: English training; digital content; Pokdarwis; tourism promotion; Impos Beach


Keywords


english training; digital content; pokdarwis; tourism promotion; Impos Beach

Full Text:

PDF

References


Azmi, A., Hakim, L., & Hidayati, N. (2024). Designing an ESP syllabus for tourism practitioners in Tetebatu village. Journal of English for Specific Purposes Studies, 5(1), 45–58.

Crystal, D. (2021). English as a global language (2nd ed). Cambridge: Cambridge University Press.

Ilham, I., Irwandi, I., Fira, F., Shaqila, C., Rahmaniah, R., Hidayati, H., … Nurmiwati, N. (2025). Pendampingan bahasa inggris berbasis e-learning bagi anggota POKDARWIS Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(4), 2823–2831.

Ilham, Yusuf, S. A. A., Bafadal, M. F., Saputra, I. A., Fira, & Rahmaniah, R. (2025). PELATIHAN INTEGRATED SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI BOARDING SCHOOL MU ’ ALLIMIN MUHAMMADIYAH LOMBOK BARAT. Community Development Journal, 6(3), 4196–4203.

Ilham, Yusuf, S. A. A., Bafadal, M. F., Saputra, I. A., Fira, Rahmaniah, R., … Nurmiwati. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK GURU DI BOARDING SCHOOL MU ’ ALLIMIN MUHAMMADIYAH LOMBOK BARAT. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 997–1010.

Khokhar, S., Pathan, H., Niaz, S., & Mushtaq, F. (2020). Cultivating Inter-cultural Communicative Competence in L2 Teaching in Multicultural Class: A Critical Appraisal. Review of Education, Administration & LAW, 3(3), 535–542. https://doi.org/10.47067/REAL.V3I3.97

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development. Routledge.

Mufliharsi, R., & Candra, E. N. (2018). Pembelajaran Berbicara Interaktif Bahasa Inggris di SMP Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. 2(2), 35–40.

Okazaki, E. (2018). A community-based tourism model: Its conception and use. Journal of Sustainable Tourism, 16(5), 511–529. https://doi.org/10.1080/09669580802159594

Pretty, J. N. (2015). Participatory learning for sustainable agriculture. World Development, 23(8), 1247–1263. https://doi.org/10.1016/0305-750X(95)00046-F

Putra, I. M. A., Darmawan, G. A., & Sudiarta, I. N. (2021). Strategi promosi destinasi wisata berbasis digital marketing. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 15(2), 87–98.

Rahmawati, N., Nugroho, Y., & Sari, D. P. (2020). eningkatan kapasitas Pokdarwis dalam promosi digital pariwisata desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 215–224.

Shahini, G., & Shahamirian, F. (2017). Improving English Speaking Fluency: The Role of Six Factors. Advances in Language and Literary Studies, 8(6), 100. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.8n.6p.100

Susanti, R., Prasetyo, H., & Lestari, E. (2022). Pendampingan digital marketing untuk promosi pariwisata lokal. Jurnal Abdi Masyarakat, 8(1), 34–41.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. (2017). Pengetahuan dasar ilmu pariwisata. Pustaka Larasan.

Widiarini, W., & Arini, F. (2022). Pelatihan Penggunaan Communication Strategies dalam Mengatasi Masalah Berbicara Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(2), 155–162. https://doi.org/10.28926/jppnu.v4i2.134

Xiang, Z., Magnini, V. P., & Fesenmaier, D. R. (2015). Information technology and consumer behavior in travel and tourism: Insights from travel planning using the Internet. Journal of Retailing and Consumer Services, 22(1), 244–249. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.08.005




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.36539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: