PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PKK SEBAGAI KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 mengakibatkan anak terbatas beraktifitas terutama di sekolah, sehingga kesehatan gigi dan mulut tidak dapat dipantau oleh dokter gigi melalui program kunjungan usaha kesehatan gigi sekolah (UKGS). Kesehatan gigi dan mulut (kesgilut) sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga perlu dilakukan upaya promotif dan preventif. Tujuan kegiatan ini adalah membentuk kader kesgilut sehingga dapat mandiri melakukan upaya promotif dan preventif yaitu dengan memotivasi anak untuk memiliki kebiasaan baik serta tidak takut ke dokter gigi. Metode kegiatan ini adalah penyuluhan luring dan pemutaran audio visual dalam rangka membentuk kader kesehatan yang diselenggarakan di Taman Kanak-Kanak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga 22 (TK PKK 22) Jotawang. Peserta berasal dari guru dan pengurus PKK sebanyak 6 orang. Evaluasi dilakukan pada seluruh peserta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengetahuan mengenai kesgilut sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dan pelatihan. Hasil uji post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut yaitu 100% dibandingkan hasil pre test yaitu 65%. Implikasi kegiatan ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru serta pengurus PKK dalam menjaga kesgilut dengan baik dan benar. Kesimpulan kegiatan ini adalah pengetahuan dan keterampilan peserta meningkat setelah dilakukan penyuluhan dan pelatihan sehingga dapat diharapkan menjadi kader kesgilut di masa pandemi Covid-19.
Kata kunci: preventif; promotif; kader kesgilut; PKK
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has resulted in children being limited in activities, especially at school, so dentists cannot monitor dental and oral health through the school dental health business visit program (UKGS). Dental and oral health is essential for the growth and development of children, so it is necessary to make promotive and preventive efforts. This program aims to form dental and oral health cadres so that they can independently carry out promotive and preventive steps by motivating children to have good habits and not be afraid to go to the dentist. The method of this activity is offline counseling and audio-visual screenings to form health cadres held at the Kindergarten for Family Welfare Empowerment 22 (TK PKK 22) Jotawang. Participants came from teachers and PKK administrators, as many as six people. Results were pre and post-test on all participants to determine whether there were differences in knowledge about mental health problems before and after counseling and training. This activity implies increasing teachers' and PKK administrators' knowledge and skills in maintaining excellent and correct dental health problems. The conclusion is that the knowledge and skills of the participants increased after counseling and training were carried out so that they could be expected to become cadres of dental and oral health during the Covid-19 pandemic.
Keywords: preventive; promotive; dental and oral health cadre; PKK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia,Z.R., Edi, I., S., Hadi, S., (2020), Pengetahuan Ibu Tentang Karies Gigi Anak Prasekolah (Studi Pada Anak TK Dharma Wanita Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun 2020), Jurnal Skala Kesehatan, 11 (2): 90- 96. https://doi.org/10.31964/jsk.v11i2.249
Afifah, R.M. (2021). Survey Kebiasaan Gosok Gigi di Masa Pandemi Covid-19, https://www.kemkes.go.id/article/view/21031900002/survey-menunjukkan-kebiasaan-gosok-gigi-menurun-saat-pandemi-covid-19.html
Hamrun, N., Rathi, M., (2009), Perbandingan status gizi dan karies gigi pada murid SD Islam Athirah dan SD Bangkala III Makassar, Dentofasial, 8(1) :27-34
Hasanah, U., (2016), Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, 5 (1): 717-733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Notohartojo, I., T., (2018), Gambaran Status Gizi pada Masyarakat dengan Penyakit Karies Gigi di Indonesia, Buletin Penelitian Kesehatan, 46(2):135 – 140. https://doi.org/10.22435/bpk.v46i2.310
Nugraheni, H., Sunarjo, L., Wiyatini, T., 2018, Peran Guru dalam Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut di Sekolah, Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 2 (2): 13-21. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3857
Kemenkes RI, (2018), Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
Laraswati, N., Mahirawatie, I.C., Marjianto, A., (2021). Peran Ibu Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Anak Prasekolah Dengan Angka Karies di TK Islam Al-Kautsar Surabaya, JIKG, 2 (1): 9-24. https://doi.org/10.37160/jikg.v2i1.602
Sunaryanti, S., S., H., (2016), Hubungan Karies Dengan Status Gizi Pada Anak Pra Sekolah Di TK Pertiwi Kelurahan Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten, Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 6 (1): 33-40. https://doi.org/10.47701/infokes.v6i1.103
Widayati, N., (2014), Faktor Yang Berhubungan Dengan Karies Gigi Pada Anak Usia 4–6 Tahun, Jurnal Berkala Epidemiologi, 2 (2): 196–205
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: